News

YUK, IKUTAN KLINIK MUSIK BARENG DAVE WECKL

Rupanya Jakarta lagi heboh-hebohnya dengan kedatangan sejumlah tamu dari manca negara. Setelah Diana Krall yang cukup sukses manggung beberapa hari lalu dan beberapa profesor musik dari Jerman dalam rangka IOJ 2002, rencananya Jumat (9/8) mendatang mulai pukul 18.30 WIB, drummer jazz Dave Weckl (42), dari AS akan mempertontonkan kebolehannya dalam sebuah acara Klinik Musik ‘He knows the better’.

Bertempat di Cengkeh Ballroom, Hotel Menara Peninsula (Jakbar), Dave Weckl akan membagi pengetahuan dan pengalamannya bermain drum menggunakan Sabian HHX Evolution, sebuah produk yang akan dipromosikan kali ini. Kehadirannya di Jakarta merupakan bagian dari tur klinik musiknya di Asia Pasifik, demikian keterangan Cahyo, salah seorang staf PT Bahana Nada Gemilang (BNG), distributor alat-alat musik yang menjadi organizer acara ini.

Dave sendiri sebelumnya telah dan akan menyambangi Bangkok (Thailand, 6/8), Kuala Lumpur (Malaysia, 7/8), Singapura (8/8) dan Auckland, Selandia Baru (11/8) sebelum kembali bergabung dengan Chico Corea and Elektric Band (28/8).

Untuk anda yang tertarik mendapatkan undangan gratis, silakan menghubungi Planet Musik – Kelapa Gading Telp. 45844035 dan Pondok Indah 72797837 serta Sumber Irama 6246246. Atau bisa juga menghubungi PT Bahanna Nada Gemilang, Ruko Hotel Dusit Mangga Dua No. 17, Jakarta 10730, Telp. (62-21) 6125368, Fax. (62-21) 6125370 E-mail : bngsales@bahanna.co.id atau klik aja websitenya www.bahanna.co.id.

Oh ya, panitia juga menyediakan door prize berupa 1 set Cymbal B8 Pro, 1 set Cymbal Solar, 1 Cymbal Effeck Solar Pack, sampai kaos Sabian.

***

Untuk urusan menggebuk drum, Dave Weckl bukan anak kemarin sore. Dengan lebih dari 20 tahun pengalamannya, pria kelahiran St Louis, Missouri (AS), 8 Januari 1960 ini diyakini sebagai salah satu drummer fusion yang disegani.

Besar dalam lingkungan yang kerap mendengarkan musik jazz dan soul, Dave Weckl mulai belajar main drum saat usianya masih delapan tahun dengan mendengarkan drummer legendaris Buddy Rich. Saat masih di SMU, ia sudah menerima penghargaan dari NAJE (National Association of Jazz Educators, karena permainannya yang cemerlang dalam grup yang memenangi kompetisi band jazz di sekolahnya. Selain juga belajar dari guru-guru musik lokal dan ngejam bareng grup tersebut.

Ia sempat duduk dibangku kuliah University of Bridgeport sebelum akhirnya memutuskan keluar dua tahun kemudian dan lalu mulai bergabung dengan musisi lain di New York. Dikota inilah kemudian ia bergabung dengan sebuah kelompok fusion Nitesprite, sebelum akhirnya ditemukan oleh Peter Erskine, juga seorang drummer. Lewat Erskine, ia lantas mendapatkan kesempatan untuk main bersama grup French Toast yang juga menghadirkan pianis Michel Camilo dan bassis Anthony Jackson.

Dari sinilah lantas ia mulai tampil dalam berbagai sesi bersama Bill Connors (Return to Forever), Brecker Brothers, Tania Maria, Paquito D’Rivera, Eliane Elias, dan George Benson, hingga artis pop dan soul macam Diana Ross, Madonna, dan Robert Plant.

Weckl yang juga anggota kelompok Chick Corea’s Elektric Band ini telah merilis sejumlah album. Yaitu Master Plan – GRP(1990), Heads Up – GRP(1992), J.K. Special – Lipstick(1993), Hard-Wired – GRP(1994) , dan sisanya lewat label Stretch, Rhythm of The Soul (1998), Synergy(1999), Transition (2000), dan Zone (2001). Direncanakan, album baru berjudul Perpetual Motion akan dirilis pada September 2002.

Usai album Chick Corea Elektric Band – Beneath The Mask, ia lantas lebih banyak melakukan rekaman dan tour bareng Mike Stern selain juga bekerja sebagai side-man. Diantaranya untuk Michel Camilo, Frank Gambale, Dave Grusin, Jim Hall, Eric Marienthal, John Patitucci, Special EFX dan lain-lain.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker