News

2nd ANNUAL BERKSHIRE JAZZ FESTIVAL

Seminggu yang lalu tepatnya 24-25 Agustus 2002, diadakan sebuah festival bernama Berkshire Jazz Festival yang tahun ini memasuki usianya penyelenggaraan kedua. Banyak bintang yang memeriahkan acara yang dipusatkan di sebuah kota kecil di Great Barrinton – Massachussets, AS.

Kegiatan tahun ini dilakukan di tiga tempat dengan kurang lebih 20 band yang sebagian besar sudah cukup akrab ditelinga pecinta jazz tanah air. Sebut saja Spyrogyra, pemenang Grammy award 2002 Bob Mintzer dengan Big Band-nya, dan Kevin Mahogany. Tak ketinggalan flutis Dave Valentin dan vibraphonis Dave Samuels yang tampil bersama Caribbean Jazz Project.

AllAboutJazz, sebuah situs jazz yang cukup terkenal memberikan pujian untuk festival ini. “…an automatic must-go event for the region”. Hal ini tentu tak lepas dari lokasinya yang berbatasan dengan Connecticut dan New York State. Wilayah Berkshire sendiri terdiri dari Alford, North dan South Egremont, Great Barrington, Monterey, Mount Washington, New Marlborough, Otis, Sandisfield dan Sheffield.

Great Barrington sendiri dikenal sebagai daerah yang memiliki kecantikan alami dan kerap menjadi tempat favorit untuk menghabiskan musik panas setidaknya selama 100 tahun terakhir. Selain desa Housatonic dan sejumlah art galleries serta studio, kota ini juga dikenal dengan pabrik kertas tuanya.

Acara tahun ini memang menarik karena panitia dari Jazz Forum Arts juga mengundang David “Fathead” Newman Quintet, Mose Allison Trio, Chuck Mangione & The Feels So Good Band, Hank Jones Trio, Maynard Ferguson & Big Bop Nouveau Band. Nama-nama besar ini tentu membuat gengsi festival ini menjadi lebih ketimbang festival lain yang juga kerap diselenggarakan. Chico Hamilton bersama Euphoria sebenarnya juga dijadwalkan manggung. Namun entah mengapa, dari informasi yang tertera diwebsitenya ia urung tampil. Sebagai gantinya The Bronx Horns “Salute to Tito Puente” mengisi acara pada sabtu (24/8) pukul 3 sore waktu setempat.

Dari pengalaman tahun lalu – yang mendapat sambutan luas – dengan menampilkan trumpetis Roy Hargrove, pianis Randy Weston, vokalis Cassandra Wilson, Diane Reeves dan lainnya. Jazz Forum Arts tentu banyak mendapat komentar-komentar positif mengenai penyelenggaraan festival ini.

Sebagai bagian dari festival ini juga diselenggarakan Workshop & Klinik. Misalnya Vocal Jazz bersama Kate McGarry & Jay Azzolina, lantas Bob Mintzer Master Class (Saxophone & Arranging), World Music Workshop dengan Nana Simopoulos, atau Jazz History bareng Richie Hart, Rick Petrone & Joe Corsello.

Dukungan penuh dari para sponsor seperti Berkshire Bank, Federal Credit Union, Quality Printing Company, Berkshire Mall dan The Berkshire Eagle memungkinkan acara menarik ini terlaksana. Rasa-rasanya kita pantas ngiri, soalnya ditanah air rasa-rasanya sulit untuk mengundang bank mau mensponsori kegiatan musik jazz.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker