FestivalNews

CITRUS SUN – ANOTHER TIME ANOTHER SPACE


Heads Up 3058

Komposisi:
1. Make Me Smile [3:42] 2. Tanya’s Song [4:25] 3. Budapest [6:19] 4. Another Time, Another Space [5:03] (Real Audio)
5. Where The Wind Blows [4:50]6
6. So What Can I Do? [3:43] 7. Blue Orhid [4:53] 8. Somewhere, Nowhere [3:39] 9. What It Is [5:09] 10. Full Circle [4:54] 11. Mellowed [8:38]

Musisi :
Ed Jones
: Saxophone
Richard Bailey
: Drums
Dave Baldwin
: Synthesizer
Matt Coleman
: Trombone
Simon Cotsworth :
Drum Programming
Julian Crampton
– Bass
Graham Harvey
– Piano, Keyboards, Drum & Percussion Programming
Jean-Paul “Bluey” Maunick –
Guitar
Jim Mullen –
Guitar
Chris Robinson –
Guitar
Andy Ross –
Flute, Saxophone
Gary Sanctuary
– Keyboards,Vibraphone
Tim Vine
– Synthesizer, Piano, Wurlitzer
Fayyaz Virji
– Trombone
Thomas Dyani
– Percussion
Karl Van Den Bossche
– Percussion, Conga, Whistle (Human)
Gary Crockett
– Bass
Neil Robinson
– Drums
Dominic Glover
– Trumpet, Flugelhorn, Keyboards

Musik yang dibawakan oleh Citrus Sun boleh dikatakan adalah campuran antara fusion, acid jazz dan funk yang secara sangat baik dibawakan oleh para mantan personil kelompok asal Inggris, Incognito. Ide awal dari pembentukan Citrus Sun berasal dari pembentuk Incognito, gitaris Jean Paul “Bluey” Munick sewaktu tur keliling Amerika dan melihat perkembangan dari musik smooth jazz. Ia pun lalu berkumpul dengan mantan veteran gitaris Inggris lainnya, Jim Mullen untuk membuat album “Another Time Another Space” yang juga merupakan keinginan dari Munick untuk membawa pendengar ke alam retro-soul sebelum jaman Incognito didirikan.

Munick pertama kali bertemu dengan Mullen di tahun 70an sewaktu Mullen masih di Average White Band yang lalu mengawali persahabatan mereka. Munick mengatakan bahwa ia merasa bahwa Mullen akan menjadi katalis yang sangat baik untuk memadukan unsur-unsur funk, jazz dan latin. Citrus Sun juga didukung oleh banyak veteran dari band Incognito sendiri seperti drummer Richard Bailey yang bergabung dengan Incognito sejak tahun 1991, bassis Julian Crampton sejak 1995, di kelompok terompet, Ed Jones (sax), Fayazz Virgi (trombone), Dominic Glover (trumpet), dan juga pianist Tim Vine (dari Simply Red) di Wurlitzer piano.

Dalam rekaman pertama Citrus Sun ini, Munick mengatakan bahwa caranya memproduksi sangat berbeda dari Incognito. Di Incognito, Munick menginginkan segalanya menurut yang ia harapkan dan sangat akurat untuk semua unsurnya. Tetapi di sini ia mengatakan bahwa ia mengambil posisi [seperti] Quincy Jones dimana dia membentuk dan mendorong, tetapi memberi kebebasan kepada para musisi untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Di permulaan album, Munick memberi sentilan-sentilan akustiknya dengan lagu “Make Me Smile” diiringi dengan tambahan flugelhorn dari Glover. Walaupun banyak unsur dari Incognito yang ketinggalan seperti suara Maysa, tetapi saksofonis Ed Jones memberi suara jazz yang sangat menarik dan memberi kehangatan dalam tembang “Budapest” dan “Blue Orchid” yang adalah juga sebuah lagu balada. “Another Time Another Space” adalah kolaborasi yang sangat baik antara suara dari gitar listrik yang dikombinasikan dengan terompet dilanjuti dengan suara yang bersahut-sahutan. “Tanya Song”, dengan iringan bassnya, akan membuat orang merasa hidup dan bergairah untuk mengikuti alunannya.

Munick yang mengawali hidupnya di Pulau Mauritius dekat Madagaskar mengungkapkan karir musiknya yang diawali dengan keinginannya pergi berkeliling dunia membawa musiknya itu. Ia sering mendengar betapa para pelaut bercerita tentang perjalananya ke Amazon, Bali dan tempat-tempat lainnya. Ia pindah ke London dengan ibunya di usia 10 tahun dan setelah melihat perkembangan musik di kota itu, ia membentuk kelompok “Light of the World” yang merupakan cikal bakal dari Incognito.

Dalam perjalanan karir musiknya, Munick pun banyak bereksperimen seperti juga dengan Citrus Sun. Nama Citrus Sun sendiri dikatakan berasal setelah rekaman lagu pertama album mereka dimana Munick merasakan kehangatan dan kebahagiaan seperti hari yang tidak terlalu pagi dan tidak terlalu sore. Ia pun menginginkan para pendengar untuk merasakan itu.

Saya rasa, saya pun tidak sabar untuk dapat mendengarkan rekaman album kedua dari Citrus Sun. (Michael Dharmawan/*/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker