News

MILES DAVIS: KABAR TERAKHIR DARI COLUMBIA/LEGACY

Miles DavisDari perayaan ulang tahun 75 tahun Miles Davis pada tahun lalu (meskipun Miles Davis sendiri sudah meninggal 11 tahun silam), telah menghasilkan berbagai proyek reissue maupun new release yang menambah ataupun memperbaiki katalog yang berkaitan dengan si trumpetis legendaris ini.

Box set yang terdiri 3 CD “The Complete In A Silent Way Sessions”, maupun edisi yang diperbarui seperti album “Filles De Kilimanjaro”, “Water Babies” dan kabar terakhir dari Colombia/Legacy malahan mengeluarkan satu paket yang terdiri dari 20 CD yang berisikan kumpulan dokumentasi Miles Davis ketika tampil di Montreux Jazz Festival dari tahun 1973 – 1991 dan masih banyak lagi.

Disamping tentunya hal ini merupakan strategi bisnis dari Colombia Records, memang banyak orang yang ingin lebih memperhatikan lagi masa-masa transisi Miles Davis antara tahun 1967 sampai 1969. Di mana album “Filles De Kilimanjaro” (FDK), “Water Babies” (WB) dan “In A Silent Way” (IASW) menyisakan banyak dokumen yang berharga yang sebelumnya belum pernah dikeluarkan sehingga sekarang ini dicoba untuk dimunculkan kembali.

Ketiga album tersebut di-remastering oleh sound engineer pemenang Grammy Mark Wilder di Sony Music Studio, New York dan dico-produseri juga oleh para pemenang Grammy Michael Cuscuna dan Bob Belden. Semuanya dengan penampilan kemasan CD yang lebih keren serta liner note baru.

Dalam FDK ditulis oleh penulis buku “Jazz In Search Of Itself: A New Art’s Second Century”, kontributor A Miles Davis Reader, Lawrence Kart sementara tidak lupa dicantumkan pula liner note aslinya oleh Ralph J Gleason.

Sesi awalnya dilakukan pada bulan Juni 1968 di mana Miles Davis didukung oleh Wayne Shorter (saxophone), Herbie Hancock (piano), Ron Carter (bass) dan Tony Williams (drum). Mereka tampil dalam komposisi ‘Tout De Suite’, ‘Petits Machins (Little Stuff)’ dan ‘Filles De Kilimanjaro’.

Sedangkan pada bulan November 1968 posisi Herbie Hancock dan Ron Carter diganti oleh Chick Corea (piano listrik) dan Dave Holland (bass). Mereka bermain dalam ‘Frelon Brun’ dan ‘Mademoiselle Mabry’. Termasuk beberapa alternate take dipakai ulang. Dalam IASW edisi awalnya ditulis oleh Frank Gleen sedangkan yang baru oleh John Ephland mantan editor DownBeat. Album ini membawa perubahan besar dalam konsep dan para musisi pendukungnya.

Pada akhir November 1968 Miles Davis merekrut Joe Zawinul (piano & organ) termasuk masuknya Jack DeJohnnette (drum) pada bulan Maret 1969. Sesi pertamanya dimulai pada bulan Februari 1969 dengan menampilkan Miles Davis, Shorter, Corea, Hancock, Zawinul, Holland, Williams dan bintang tamu gitaris John McLaughlin. Komposisinya terdiri dari ‘Shhh/Peaceful’ dan ‘In A Silent Way/It’s About That Time’.

Secara kronologis, Colombia me-release FDK pada akhir Januari 1969 dan IASW sebulan kemudian. Davis bermain di Newport Jazz Festival pada tanggal 4 Juli 1969, sementara album revolusioner “The Bitches Brew” digarap di New York pada tanggal 19 – 21 Agustus 1969 dan baru dikeluarkan pada bulan April 1970.

Album inilah satu-satunya kepunyaan Miles Davis yang masuk Billboard top 40 sepanjang karier bermusiknya. Untuk WB ditulis oleh James Isaacs, seorang jurnalis kebudayaan dan kritikus musik jazz dan musik populer. Album ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1976 tanpa liner note sebagai arsip tambahan untuk para kolektor dan pecinta Miles Davis. Sesi rekamannya dilakukan pada bulan Juni 1967 dan November 1968. Konsepnya adalah hibrida dari album FDK. ‘Water Babies’, ‘Capricorn’ dan ‘Sweet Pie’ (dipersembahkan untuk Billy Strayhorn) merupakan komposisi Wayne Shorter dimainkan oleh formasi quintet klasiknya (Davis, Shorter, Hancock, Carter dan Williams).

Menariknya, ketiga komposisi tersebut belum pernah dikeluarkan oleh Colombia sejak quintet klasiknya bubar pada tahun 1967. Komposisi-komposisi tersebut masuk juga dalam album Shorter pada tahun 1969 yang berjudul “Super Nova” di mana album ini kemungkinan sebagai embrio lahirnya kelompok fusion legendaris Weather Report.

Sisa komposisi lainnya adalah ‘Two Faced’, ‘Dual Mr. Anthony Tillmon Williams Process’ dan komposisi bonus ‘Splash’ (sebenarnya komposisi ini merupakan bagian dalam album “Circle In Round” dan masuk juga dalam “The Complete In A Silent Way Sessions” secara lengkap) dengan perubahan formasi Carter diganti oleh Holland dan ditambah Chick Corea. Meskipun album WB merupakan kumpulan arsip dan baru dikeluarkan sepuluh tahun kemudian dari pembuatannya, para pecinta Miles Davis tetap bernafsu saja untuk mendapatkannya. Pada tahun 1976, Miles Davis sedang dalam masa menikmati “cuti”-nya.

Masih dari Colombia/Legacy yang tetap gencar memperkenalkan karya-karya Miles Davis yang sudah pernah dikenal sebelumnya maupun yang belum, belum lama ini mengeluarkan paket langka dan monumentalnya yang terdiri dari 20 CD. Koleksi langka (yang memang 19 diantaranya belum pernah dikeluarkan) ini berjudul “The Complete Miles Davis At Montreux 1973 – 1991”. Dari judulnya dapat diperkirakan merupakan dokumetasi penampilan Miles Davis yang dikumpulan oleh pendiri/pelopor dari Montreux Jazz Festival Claude Nobs (dia juga selaku produser album ini) pada tahun 1973, 1984 – 1986 dan 1988 – 1991. Paket ini juga memberikan gambaran dari berbagai variasi komposisi dan formasi band fusionnya Miles Davis sepanjang pertengahan dekade 1970an, 1980an dan awal 1990an.

Satu-satunya dari kumpulan penampilannya yang pernah dikeluarkan sebelumnya adalah ketika Davis tampil berkolaborasi dengan Quincy Jones dan Gil Evans Orchestra dalam album “Miles & Quincy Live At Montreux” keluaran Warner Bros. Dalam kesempatan tersebut mereka menggarap ulang karya-karya Miles Davis pada masa lalu seperti cuplikan beberapa komposisi dari album “Birth of the Cool”, “Miles Ahead”, “Sketches of Spain” dan “Porgy and Bess”. Dalam paket ini selain penampilan Miles Davis di Montreux Jazz Festival sebagai bonusnya adalah penampilannya di Nice Perancis tahun 1991.

“Benar-benar murni sebuah rekaman, tidak ada edit maupun remixes dan anda akan mendengarkan tepat seperti apa yang mereka mainkan di atas panggung”, ungkap Nobs ketika menyakinkan temannya mengenai proyek ini. Claude Nobs rupanya kebingungan pilihan yang mana yang akan dikeluarkan sampai pada akhirnya keputusannya adalah mengeluarkan semua dokumentasi miliknya. Bagi Miles Davis, garapan dalam studio harus lain dengan penampilan di atas panggung. Biasanya dia menggunakan studio sebagai laboratorium untuk mencari ide-ide baru dan mengembangkan materi tersebut ketika dia tampil dalam konser. Bahkan dalam setiap pertunjukannya akan terasa perbedaannya. Dan satu lagi kebiasaan unik Miles Davis khususnya ketika dia sedang di atas panggung. Dia jarang sekali menghadap ke penonton. Waktunya lebih banyak dihabiskan untuk berhadapan dengan para musisi pendukungnya. Hal ini dapat sebagai indikasi bahwa Miles Davis ketika konser serius dalam menggarap musiknya dan selalu mencari dimensi yang baru sekalipun dalam memainkan komposisi yang sama judulnya.

Montreux bukanlah tempat yang ekstra besar, sehingga para penonton dapat lebih dekat lagi dan merasakan setiap nafas yang keluar dari corong terumpet Miles Davis. Dari festival yang diselenggarakan di tepi danau Geneva ini Miles Davis tampil pertama kali pada tanggal 8 Juli 1973 yang diabadikan dalam CD 1 dan CD 2. Para pendukungnya pada waktu itu adalah Dave Liebman (saxophone & flute), Reggie Lucas & Pete Cosey (gitar), Micheal Henderson (bass), Al Foster (drum) dan J Mtume (perkusi). Komposisi-komposisi yang dimainkan antara lain ‘Miles in Montreux ’73, #1 & #2’, ‘Ife’, ‘Calypso Frelimo’ dan ‘Miles in Montreux ’73, #3’.

Setelah itu Miles Davis menghilang dari Montreux selama 11 tahun dan kembali tampil di festival jazz yang sekarang sudah berusia 35 tahun itu pada tahun 1984 dengan formasi dan corak musik yang berbeda. Pada waktu itu dia dibantu oleh Bob Berg (saxophone), Robert Irving III (keyboard), John Scofield (gitar), Darryl Jones (bass), Al Foster (drum) dan Steve Thornton (perkusi) yang semua muncul dalam CD 3 dan CD 4. Komposisi yang mereka bawakan adalah ‘Speak: That’s What Happened’, ‘Star People’, ‘What It Is’, ‘It Gets Better’, ‘Something’s on Your Mind’, ‘Time After Time’, ‘Hopscotch: Star on Cicely’. ‘Bass Solo’, ‘Jean-Pierre’, ‘Lake Geneva’ dan ‘Something’s on Your Mind (reprise)’. CD 5 dan CD 6 masih sama materi dan musisi pendukungnya namun dengan satu komposisi tambahan ‘Code MD’.

Pada tahun 1985 Miles Davis tampil kembali bersama band yang sama dengan pengecualian Vincent Wilburn menggantikan posisi Al Foster. Mereka tampil memainkan ‘Theme from Jack Johnson’, ‘One Phone Call/Street Scenes’, ‘That’s What Happened’, ‘Star People’, ‘Maze’, Human Nature’, ‘MD 1’, ‘Something’s on Your Mind’, ‘MD 2’, ‘Time After Time’ dan ‘Ms. Morrisine’ pada CD 7. ‘Code M.D.’, ‘Pacific Express’, ‘Katia’, ‘Hopscotch’, ‘You’re Under Arrest’, ‘,Jean-Pierre’, ‘You’re Under Arrest’, ‘Then There Were None’ dan ‘Decoy’ dalam CD 8. CD 9 dn CD 10 tampil pada malam harinya dengan materi yang sama.

Pada tahun 1986 di mana Miles Davis telah mulai kontrak barunya dengan Warner Bros, datang bersama band dengan formasi yang hampir sama dengan penampilannya pada tahun sebelumnya. Perubahan pemain itu antara lain dengan tambahan Adam Holzman (keyboard), Robben Ford menggantikan John Scofield dan Felton Crews mengganti Darryl Jones.

Kesempatan tersebut direkam dalam CD 11 dan CD 12. Mereka membawakan komposisi dari album barunya “Tutu” dan beberapa komposisi lamanya seperti ‘Theme from Jack Johnson; One Phone Call/Street Scenes; That’s What Happened’, ‘New Blues’, ‘Maze’, ‘Human Nature’, ‘Wrinkle’, ‘Tutu’, ‘Splatch’, ‘Time After Time’, ‘Al Jarreau’, ‘Carnival Time’, Burn’, ‘Portia’, dan ‘Jean-Pierre’. George Duke (keyboard) tampil dalam ‘Splatch’ dan ‘Tutu’ sementara ikut juga David Sanborn (saxophone) dalam ‘Burn’, ‘Portia’ dan ‘Jean-Pierre’.

Dalam CD 13 dan CD 14, yang merekam konsernya Miles Davis pada tahun 1988 menampilkan formasi yang sama sekali baru yaitu Kenny Garrett (alto saxophone), Foley (lead bass), Benny Rietveld (bass), Ricky Wellman (drum) dan Marilyn Mazur (perkusi). Mereka tampil dengan ‘In a Silent Way’, ‘Intruder’, ‘New Blues’, ‘Perfect Way’, ‘The Senate; Me & U’, ‘Human Nature’, ‘Wrinkle’, ‘Tutu’, ‘Time After Time’ ‘Movie Star’ (ditulis oleh Price), ‘Splatch’, ‘Heavy Metal Prelude’, ‘Heavy Metal’, ‘Don’t Stop Me Now’, ‘Carnival Time’, ‘Jean-Pierre’ dan ‘Tomaas’.

Pada tahun 1989 masih dengan Holzman, Foley, Rietveld dan Wellman serta tambahan Rick Magitza (tenor saxophone), Kei Akagi (keyboard) dan Munyungo Jackson (perkusi), Miles Davis tampil dalam rangka mempromosikan album barunya “Amandla”. Mereka memainkan Intruder’, ‘New Blues’, ‘Perfect Way’, ‘Hannibal’, ‘,Human Nature’ (Chaka Khan ikut bergabung dalam lagu ini), ‘Mr. Pastorius’, ‘Tutu’, ‘Jilli’, ‘Time After Time’, ‘JoJo’, ‘Amandla’, ‘The Senate; Me & U’, ‘Wrinkle’ dan ‘Portia’. Malam itu terdokumentasi dalam CD 15 dan CD 16.

Sedangkan CD 17 dan CD 18 menangkap penampilan Miles Davis pada tahun 1990 dengan formasi Kenny Garret bergabung lagi di samping Akagi, Foley, Wellman dan pendatang barunya adalah Richard Patterson (bass) dan anak Miles Davis sendiri Erin Davis (perkusi). ‘Perfect Way’, ‘New Blues’, ‘Hannibal’, ‘The Senate; Me & U’, ‘In the Night’, ‘Human Nature’, ‘Time After Time’, ‘Wrinkle’, ‘Tutu’, ‘Don’t Stop Me Now’ dan ‘Carnival Time’. ‘Wrinkle’ dan ‘Tutu’ yang sudah diedit sebelumnya sudah muncul dalam album Miles Davis “Live Around the World” yang dikeluarkan oleh Warner Bros setelah lima tahun Miles Davis meninggal dunia.

CD 19 mempersembahkan peristiwa bersejarah dalam keriernya ketika Miles Davis memainkan ulang gaya lamanya. Seperti yang sering diungkapkan oleh Miles Davis sendiri bahwa dia enggan memainkan musik yang sudah menjadi masa lalu, namun malam tersebut dia sudah lupa dengan pernyataan tersebut dan bahkan dia sampai menitikkan air matanya karena begitu terkesan dengan apa yang pernah dia lakukan pada masa lalunya.

Miles DavisKesempatan tersebut juga pernah dikeluarkan dengan judul “Miles & Quincy Live at Montreux”. Di bawah arahan Quincy Jones, konser bersejarah ini direkaman pada tanggal 8 July 1991 tepat beberapa bulan sebelum Miles Davis Meninggal. Dengan tampil sebagai solois, Miles Davis dibantu oleh Kenny Garrett, Wallace Roney (trumpet) dan orkestra yang terdiri dari 50 orang yang merupakan gabungan dari Gil Evans Orchestra dan George Gruntz Concert Jazz Band.

Dan CD 20 merupakan rekaman konsernya di Nice, Perancis pada 17 Juli 1991. Dalam kesempatan tersebut dia dibantu oleh Garrett, Foley, Patterson, Wellman dan Deron Johnson (keyboard) memainkan ‘Perfect Way’, ‘New Blues’, ‘Hannibal’, ‘Human Nature’, ‘Time After Time’ dan ‘Wrinkle’.

Sepertinya sebagian besar kritikus maupun para fanatik setuju bahwa banyak saat-saat yang berarti sepanjang karier dan petualangan Miles Davis. Ada juga yang menuduhnya sebagai “pengkhianat” dan masih banyak opini yang berkembang dikalangan pecinta musik jazz sampai saat ini.

Sebagai salah satu peninggalan Miles Davis yang terekam dalam “The Complete Miles Davis At Montreux 1973 – 1991” diharapkan dapat menawarkan pandangan tentang musik jazz yang bernilai untuk generasi-generasi mendatang yang mencari petunjuk bagaimana mengembangkan musik lebih jauh lagi. Dalam kontek era elektronis Miles Davis, Claude Nobs berkometar mengenai karya ini sebagai “the ultimate set of live performances”. Tentunya juga kita diharuskan merogoh kocek lebih dalam lagi kalau ingin memilikinya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker