News

VANDOORN – UNCOVERED


Timeless Records CDSJP 458 (2002)

Komposisi:
1. Mundo Sem Fim 6:21
2. But Not For Me 4:08
3. First Time 4:27
4. Nature Boy 5:01
5. Something So Right 5:28
6. Octhend (Dawn) 4:05
7. Dansen (Dancing In The Wind) 6:34
8. Vis, Man, Zee (Fish, Man, Sea) 7:33
9. Visions 5:00
10. The Unspoken Way 4:29

Musisi :
Musisi :
Ineke van Doorn :
Voice
Marc van Vaught :
Guitar
Paul van Kemenede :
Alto Saxophone


Beli album ini

Mendengarkan Ineke van Doorn mengolah suaranya dalam menyanyikan lagu kita akan mendengarkan alunan vokal yang kadang penuh kejutan dalam berimprovisasi. Dalam album “Uncovered” kita dapat menikmati bagaimana Ineke yang diringi oleh permainan gitar dari Marc van Vaught dan alunan saxophone dari Paul van kemenede melantunkan lagu-lagu dalam berbagai warna dari jazz, klasikal, folk yang digabung dan kadang juga dengan sentuhan pop.

Selain menyanyikan beberapa lagu standard jazz juga beberapa lagu ciptaannya sendiri yang sangat kental dengan sentuhan folk dan klasik bahkan dengan lirik-lirik yang puitis tapi dibawakan dengan improvisasi dan olah vokal yang sangat bagus dan satu lagi keistemewaan dari Ineke adalah dia dapat menjiwai setiap lagu walaupun dinyanyikan dengan bahasa dan gaya yang berbeda-beda.

Album ini dibuka dengan lagu balad berjudul ‘Mundo Sem Fim’ yang sangat kental warna folk dan dibawakan sangat impresive dengan petikan gitar dan alunan saxophone yang lembut, lagu ke dua yang merupakan lagu jazz standard bertitel ‘But Not For Me’ dibuka dengan dialog dari Ineke dan Marc yang dilatarbelakangi improvisasi saxophone dari Paul, kebalikan dari lagu pertama lagu ini dibawakan dengan sangat expresive dengan vokal yang kadang berimprovisasi dengan scat singing-nya dan hal serupa juga terdengar pada lagu ‘Nature Boy’. Sedangkan sebuah lagu pop dari Paul Simon berjudul ‘Something So Right’ diaransemen dalam warna jazz.

‘Dansen’ atau atau dalam bahasa Ingrisnya Dancing In The Wind karya dari Marc dan Ineke yang sangat kental warna jazznya dibawakan dalam irama hardbop dan modern jazz. Pada lagu ini improvisasi dan dialog dari ketiga musisi ini menghasilkan suatu harmonisasi yang sangat bagus. Sebuah lagu yang berkesan klasikal, folk dan lirik yang puitis bertitel Vis, Man, Zee (Fish, Man, Sea) menjadi lagu yang sangat diunggulkan dalam album ini.

Sepertinya dialog antar musisi yang mengalir dan saling mengisi menjadi kunci keberhasilan album ini disamping tentu saja improvisasi vokla yang bagus dari Ineke, misalnya dalam lagu The Unpoken Way dia melakukan scat singing yang lain dari biasanya. Selain itu dukungan dari gitaris Marc van Vaught dan Saxophonist Paul van Kemenade yang bisa mengerti karakter vokal dari Ineke sehingga mereka bermain dengan penuh harmonisasi.

Ineke sendiri bisa dibilang mempunyai gaya bernyanyi gabungan antara penyanyi Hellen Merrill dan Norma Winston, sebuah album yang patut disimak dan menambah apresiasi kita dalam musik jazz.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker