News

TIGA ALBUM TERBARU DARI SOFA, MENGKOKOHKAN POSISI DI JALUR IMPROVISED MUSIC

SOFA, sebuah label berbasis di Norwegia bulan November ini merilis tiga buah album yang semakin mengkokohkan perusahaan rekaman ini dijalur musik improvisasi. Tiga buah album tersebut adalah “Wazahugy”, “No Spaghetti Edition — Pasta Variations” dan “TRI-DIM + Jim O’Rourke & Barry Guy – 2 of 2”.

Ketiga album ini sangat menarik baik dari sisi isi maupun tampilan produknya. Cover CD yang dibungkus dengan karton ini dikerjakan oleh Soffer Ganes. Ia membuatnya dengan warna-warna yang memiliki karakter yang kuat. Ada oranye, merah hati dan hijau dan biru muda. Sebelumnya ia juga mengerjakan cover untuk “Nils Henrik Asheim – 16 Pieces for Organ” yang dirilis April lalu. Dua CD lain yang akan datang, dijadwalkan hadir sekitar musim semi tahun 2003 mendatang.

SOFA dikenal juga karena konsistensinya. Musisi yang tampil berasal dari Norwegia dan negara Eropa lainnya. Ada yang sudah mapan, namun ada juga yang masih muda. Satu hal yang sama dari mereka adalah pendekatan yang istimewa terhadap improvised music. Selalu ada yang spesial. Dan seperti halnya induk perusahaan ini, NORCD – yang tahun ini memasuki usianya yang ke-11 – lebih berorientasi pada menyuguhkan musik berkualitas ketimbang aspek penjualan album. Dan jangan salah, meski demikian album-album mereka beredar luas dari Skandinavia hingga Jepang. Bahkan menembus Kanada dan Amerika.

***

“Wazahugy” digarap oleh quartet yang baru dibentuk. Bergabung didalamnya ada violinis asal Inggris Philipp Wachsmann, lalu Charlotte Hug(viola) asal Swiss. Mereka juga memainkan alat-alat elektronis. Sementara gitaris Ivar Grydeland serta perkusionis Ingar Zach merupakan musisi asli Norwegia.

Nama-nama diatas sebenarnya bukanlah orang-orang yang asing dalam dunia ‘improvised music’. Phillip Wachsmann yang kelahiran Uganda ini misalnya, sempat belajar dengan Nadia Boulanger pada tahun 69-70an yang ‘menjerumuskannya’ ke ‘free music’. Album ini merupakan debutnya bersama SOFA.

Ingar Zach mendirikan perusahaan SOFA bersama Ivar Grydeland dan Karl Seglem. Sejumlah rekaman berkualitas telah ditelorkannya. Diantaranya proyek bersama Derek Bailey dalam “llaer”, lalu bersama Ivar Grydeland dalam “Visiting Ants” dan sejumlah album lain dari label yang sama. Disela-sela kesibukannya ia juga melakukan tur bersama Evan Parker, Rhodri Davies dan Johan Berthling.

***

“No Spaghetti Edition – Pasta Variations” digarap oleh Phil Minton(voice), Pat Thomas(keyboards), Håkon Kornstad(reeds), Frode Haltli(accordion), Ivar Grydeland(guitar), Tonny Kluften(bass) dan Ingar Zach(percussion). no spaghetti edition memang sebuah kelompok yang kerap berganti personil. Materi dalam album ini merupakan hasil dari rekaman tur keliling mereka maret 2002 lalu.

Salah satu keistimewaan ‘Pasta Variations’ adalah permainan bass Tonny Kluften yang unik. Sebelumnya ia juga turut bermain dalam “No Spaghetti Edition – listen… and tell me what it was” yang juga dirilis oleh SOFA. Selain itu ia memiliki proyek bersama Tony Oxley dan Ivar Grydeland.

Pendukung lain seperti Pat Thomas, mengaku terinspirasi oleh Oscar Peterson. Saat itu usianya 16 tahun. Salah satu momen berharganya adalah tampil bersama Paul Lovens, John Zorn, Buckethead dan lain-lain tahun 1991. Bersama Phil Minton, Roger Turner, Dave Tucker ia juga mendirikan Quartet SCATTER tahun 1992.

***

Sedangkan “TRI-DIM + Jim O’Rourke & Barry Guy – 2 of 2” digarap trio Håkon Kornstad(reeds), David Stackenäs(guitar) dan Ingar Zach yang memang berasal dari Oslo. Namun demikian masih ada 2 pemain lain yaitu Barry Guy(bass) asal Inggris dan Jim o’Rourke(remix) asal AS. Album ini merupakan sebuah proyek dokumentasi karya-karya mereka dalam dua tahun terakhir.

Track pertama diambil dari rekaman live di Blå April 2002. Sementara yang kedua merupakan remix yang dikerjakan Jim O’Rourke, menggunakan beberapa materi yang belum pernah dirilis sebelumnya. Sedang dua bagian terakhir diambil dari konser mereka di Molde International Jazzfestival 2001, dimana saat itu TRI-DIM tampil bersama bassis Barry Guy.

Berbicara mengenai Håkon Kornstad, pria yang dilahirkan di Oslo tahun 1977 ini sempat mengenyam pendidikan di jazz department pada Conservatory of Music dan lulus tahun 1998. Ia aktif baik sebagai musisi freelance dan memainkan jazz serta musik improvisasi dan lainnya. Selain bersama Ingar Zach, ia juga memiliki proyek trio bersama Paal Nilssen-Love dan Mats Eilertsen.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker