NewsProfile

BILL MOLENHOF

Bill Molenhof
Bill Molenhof

Bill Molenhof dilahirkan di St. Louis, Missouri 2 Januari 1954. Saat berusia 2 tahun, ia dan keluarganya pindah ke Shiloh, Illinois, yang digambarkannya sebagai desa yang ideal dari abad ke 7.

Semasa bersekolah menengah, merupakan tahun penting bagi Bill yang berkesempatan belajar perkusi dengan William Clark, anggota kelompok St. Louis Symphony. Yang lantas diikuti sekolah formal di Indiana University selama dua tahun dan setahun di Berklee College of Music di Boston. Bill meyakini bahwa inilah masa pelajaran yang ‘nyata’ dimulai.

Bill memulai karir profesionalnya dengan melakukan tour ke Pasifik Barat dan Alaska bersama gitaris Wayne Johnson, drummer Danny Gottlieb, bassist Dewey Dellay dan penyanyi Oleta Adams di tahun 1974.

Saat usianya menginjak 21 tahun, vibraphonist Gary Burton mengundangnya untuk mengajar di Berklee. Pada saat itu ia juga tampil bersama pianis James Williams dan gitaris Pat Metheny, dan merekam koleksi lagu-lagu solo pertamanya untuk vibraphone bertitel “Music of the Day” yang dipublikasikanoleh Kendor Music. Koleksi ini termasuk laris, hingga produksi ulangnya telah dilakukan 10 kali dan termasuk yang sukses dalam kategori ini.

Kepindahannya ke New York City pada 1976 merupakan kesempatannya bekerjasama dengan penyanyi pemenang Grammy Award dan Down Beat Magazine Poll Jackie Cain dan Roy Kral. Saat bersama “Jackie dan Roy”, ia memperoleh kesempatan berharga untuk mendapatkan ekspos disejumlah jaringan televisi dan radio di Amerika Utara antara lain, NBC, CBS, NPR. Selain tentu saja tampil di berbagai festival dan klub jazz.

Molenhof juga berkolaborasi dengan cornetist Ruby Braff, bassis Jay Leonhart, cellist David Darling dan Hank Roberts, saxophonis Tim Berne dan Zbigniew Namyslowski, serta drummer Alan Dawson dan Keith Copeland.

Pada 1983 Bill membuat debut Eropanya dengan tampil memimpin ensembel bersama Ed Thigpen di Tuebingen Germany International Festival.

Sejak itulah ia mulai tampil dipelbagai negara. Mulai dari Jerman, Perancis, Austria, Belanda, Inggris, Norwegia, Denmark, Polandia, Republik Czechnya , bekas negara anggota Uni Soviet (Ukraine), Brazil, Uruguay, hingga benua kangguru Australia. Reputasi internasionalnya inilah yang membuat posisinya menarik bagi radio dan tv local maupun nasional dinegara-negara yang tadi disebutkan.

Bill telah merekam tiga album sebagai leader yakni “Beach Street Years”, “All Pass By, dan ‘Do You Speak Vibe? (Yes, I Marimba)”.

Diantara kesibukannya mengajar di Berklee seperti sudah disinggung pada bagian awal tulisan ini, Bill juga kerap memberikan workshops dan klinik. Ia juga merupakan anggota fakultas di Manhattan School of Music, Ithaca College, Temple University, dan saat ini juga di Hochschule für Musik, Nürnberg, Jerman.

Proses kreatif dan artistik dari Bill Molenhof cukup terdokumentasikan dengan baik dan substansial terutama dalam dunia perkusi. Kontribusinya pada vibraphone, marimba, dan mallet synthesizer merepresentasikan perkembangan, pertumbuhan dan evolusi yang tinggi.

Belakangan ini ia disibukan dalam berbagai proyek. Termasuk ‘mainan’ barunya yaitu quintet Illinois Boy. Kelompok ini terdiri dari Annette Frank, Tobias Kalisch, Bill Molenhof, Markus Rießbeck, dan Werner Treiber.

Jika tak ada aral, akhir tahun ini ia akan mampir ke Australia dan Singapura. Namun belum ada kepastian apakah ia juga akan singgah ke Jakarta atau Bali misalnya. Kita tunggu saja!.

Untuk informasi dan mendengarkan potongan karya-karya Bill Molenhof lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di http://www.molenhof.com

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker