News

THOMAS BARTH – BEYOND BLACK & WHITE

THOMAS BARTH – BEYOND BLACK & WHITE
Diversity Recordings 044-003, 2003

Komposisi:
Disc 1
1. Reveris D’Elfs 3:38
2. Nocturne In D Minor OP. 139 6:05
3. Shaman 3:10
4. Isis 4:26
5. October 5:25
6. Salamande Une 0:54
7. The Inner self 3:44
8. What Draws Me To You 1:55
9. Sleeping Beauty 6:18
10. Salamande Deux 1:58
11. Those Who Are Brave 4:01

Disc 2
1. Father To Son 6:27
2. Shelter 5:22
3. Borea – Temple Dance From Atlantis 4:15
4. Senhora Do Monte 3:53
5. Friends And Places 7:25
6. Jeg Râde Vil Alle 2:45
7. Salamande Trois 1:22
8. Lanikeha 3:15
9. Where I Come From 3:03
10. Vertrautheit 2:45

Musisi:
Thomas Barth : Piano

“Beyond Black & White” merupakan album terbaru pianis kelahiran Austria, Thomas Barth dimana dalam album ini di menampilkan kebolehannya bersolo piano dan membuat komposisi maupun menginterpretasikan sebuah karya musik. Dalam albumnya ini juga bisa disimak berbagai gaya musik yang selama ini mepengaruhi musikalitas dari Thomas Barth seperti jazz, new age, klasik, gospel, kontemporer dan folk bahkan kadang ditemukan nuansa pop. Dengan gaya yang beraneka ragam tersebut kadang permainanya mengingatkan pada musisi-musisi seperti George Winston, Keith Jarrett bahkan David Foster.

Sepertinya album ini merupakan refleksi dari apa yang memberikan inspirasi pada perjalan musikal Thomas Barth, album yang terdiri dari dua disc ini sepertinya dibagi adalam dua bagian, disc pertama yang disebut oleh Thomas Barth sebagai Beyond Left merefleksikan apa yang menjadi input atau pengaruh-pengaruh dari luar bagi musiknya karena dalam bagian ini setiap lagu yang dimainkan mempunyai gaya dan nuansa yang spesifik sendiri-sendiri, misalnya lagu “Riverside D’Elfs” yang bernuansa new age, Nocturne In D Minor OP. 139 yang bernuansa klasik, Shaman yang dimainkan dengan penuh improvisasi dan spiritual dimana lagu ini terispirasi dari dewi-dewi negeri Mesir, Salamade Deux yang kontemporer, penuh energi dan improvisasi, What Draws Me To You yang agak bernuansa pop, Sleping Beauty yang terinspirasi dari Bethoven, Those Who Are Brave kelihatan unsur jazz dan gospelnya.

Sedangkan di disc kedua yang disebut sebagai beyond right dapat dikatakan karya-karya yang merupakan output dari Thomas Barth, komposisi-komposisi di bagian ini didekasikan pada apa dan siapa yang berjasa memberikan inspirasi bagi perjalanan musikalitasnya dan karya-karya ini banyak menggambarkan sisi personality dari Thomas Barth, menceritakan hubungan ayah dan anak (Father To Son), tentang philosophynya (Lanikeha), lingkungan atau tempat yang pernah dia kunjungi (Borer – Temple Dance of Atlantis, Senhora De Monte) dan dimasing-masing komposisi dia bisa menggambarkan kesan sesuai yang diinginkan.

Dalam album ini permainan solo piano dari Thomas Barth secara keseluruhan dapat menampilkan permainan yang penuh nuansa, atmosferik, spiritualitas sekaligus penuh energi dan menunjukkan dedikasinya pada apa yang ditekuni secara musikalitas dan tanpa batasan, alunan pianonya mengajak kita ikut dalam perjalanan musikalitas dan spiritual dari Thomas Barth. Dan sebagai tambahan di CD case-nya yang di kemas dalam kemasan digipack dia mencantumkan kutipan dari sastrawan dan filsuf Khalil Gibran yang merupakan salah satu inspiratornya. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:

Website Thomas Barth
Beli CD Thomas Barth

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker