News

HEINRICH VON KALNEIN – BLACKBIRD – THE LENNON/McCARTNEY SONGBOOK

HEINRICH VON KALNEIN – BLACKBIRD – THE LENNON/McCARTNEY SONGBOOK
Peregrina Muisc, PM50302

Komposisi:
1. White – Blackbird 4:28
2. Brown – Glass Onion 6:03
3. Dark Blue – Because 5:43
4. Grey – The Word 5:23
5. Dark Red – Norwegian Wood 4:36
6. Pink – Get Back 2:33
7. Light Blue 3:03
8. Lady madonna 3:37
9. Light Red – From me To You 7:12
10. Silver – The Fool On The Hill 6:10

Musisi :
Heinrich von Kalnein : saxophone & flue
Ed neumeister : Trombone
Uli Rennert : Syntheziser
Fritz Pauer : Piano
Wayne Darling : Bass
John Hollenbeck : Drums, percussions
Luis Ribeiro : Percussions

Lagu-lagu dari kelompok legendaris The Beatles sudah banyak dibawakan lagi dalam berbagai versi dan diaransemen dalam berbagai corak musik, satu lagi album yang mengusung karya-karya John Lennon dan Paul McCarthy semasa di The Beatles adalah album dari pemain saxophone dan flute asal Austria Heinrich von Kalnein dalam album terbarunya “Blackbird -The Lennon/McCartney Songbook” yang menginterpretasi kembali dalam warna modern jazz.

Heinrich von Kalnein merupakan musisi jazz yang cukup aktif dan ternama terutama di Eropa, selain solo album dengan grupnya dia juga terlibat di beberapa grup ternama seperti Vienna Art Orchestra, Jazz Big Band Graz dan kelompok ethnic jazz Free Winds.

Dalam albumnya ini dia juga didukung oleh musisi-musisi jazz ternama yang berkelas internasional seperti John Hollenbeck (nominator Jazz Journalist Awards 2003), Uli Rennert dan Ed Neumeister. Yang unik dari album ini adalah dalam setiap lagu yang dibawakan Heinrich selalu memakai kombinasi instrumen yang berlainan dan bervariasi, pemilihan ini sepertinya didasarkan pada interpretasi dari lagu yang dibawakan. Dalam interpretasi atau aransemen ulang dari lagu-lagu The Beatles dia selalu berusaha mendekati dari apa yang dimaksud dengan thema dan judul lagu tersebut, baik itu ditunjukkan melalu penekanan pada sound, melodi, harmoni, beat maupun ritmenya, pemilihan instrumen flute misalnya pada lagu “Blackbird” melodi yang dimainkan sangat tepat memberi kesan pada kita tentang kicauan burung. Pada “Glass Onion” Heinrich lebih menekankan pada ritme dan harmoni yang diakhiri dengan suara string. Kombinasi komposisi pemain juga merupakan hal yang unik, “Because” dibawakan dengan kombinasi altosax, trombone dan piano yang memainkan melodi bergantian, duet alto flute dan bass pada “Norwegian Wood” juga menampilkan kepiawaian dua musisinya untuk saling mengisi ritme dan melodi, John Hollenbeck tampil sangat memukau pada lagu “Get Back” yang beduet dengan Heinrich yang memainkan sopran saxophone, begitu juga duet flute dan trombone dengan beat ke arah rock & roll tapi dengan improvisasi jazz . Dari semua komposisi yang dimainkan masing-masing mempunyai keunikan dan keistimewaan dari variasi yang dibuat oleh Heinrich von Kalnein, meskipun begitu dia selalu bisa memeberikan arah yang tepat pada musisi yang terlibat untuk bermain sesuai dengan thema lagu yang dimaksudkan tapi dengan memberikan kebebasan dalam berimprovisasi, kombinasi dengan instrument yang minimalis juga tidak membikin komposisi yang dimainkan menjadi “sepi” tapi justru dapat saling mengisi.

Album ini kiranya dapat menjadi referensi yang bagus bagi para penikmat musik jazz apalagi jika sekaligus mengagumi karya-karya The Beatles, dalam album ini dapat ditemukan sekaligus dua keistemewaan, yaitu keistemewaan improvisasi musik jazz dan keistimewaan karya-karya The Beatles yang keduanya tidak lekang oleh jaman. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:
Website Heinrich von Kalnein
Website Peregrina Music

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker