News

NANTIKAN KEHADIRAN PENYANYI JAZZ SOESJA CITROEN DI BULAN JULI

Pusat Kebudayaan Belanda di Jakarta, kembali akan menggelar konser Jazz awal Juli mendatang, tepatnya 1 Juli 2003 mulai pukul 19.30 wib, di Erasmus Huis, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan Jakarta, tanpa dipungut biaya. Artis yang tampil kali ini adalah Soesja Citroen(vocal) yang akan tampil bersama trionya Berend van den Berg (piano), Ruud Ouwehand (bass) dan Joost Kesselaar (drum).

Soesja Citroen memiliki penampilan yang hebat dalam dunia jazz internasional: seorang pelantun jazz dan sama pentingnya seperti seorang komposer penting dan penulis puisi. Ia adalah vokalis jazz ternama di Eropa, sangat terkenal karena interprestasi terhadap musik: suara, melankolis dan dinamis.

Soesja Citroen juga dijadwalkan tampil di Auditorium RRI Semarang (3/7), dan PPBG Jl. Kaliurang Yogyakarta (5/7) dan mengadakan workshop bersama Jogja Jazz Club pada tanggal 4 Juli 2003 di Gajah Wong Cafe.

***

Soesja Citroen memulai karir bernyanyinya tahun 1979. Bersama bandnya ia kemudian menjadi terkenal karena seringnya tampil di berbagai jazz klub dan teater di dan juga di North Sea Jazz Festival – dimana ia tampil pertama kali ditahun 1981. Selanjutnya ia sempat aktif dalam radioshow bersama Metropole Orchestra dan sempat memenangkan second prize di Knokke Songfestival.

Ia telah merekam banyak sekali album. Tahun 1980 “To Build” featuring Willem Breuker, 1981 “Good enough for Jazz” bersama Nico Bunink dan 1982 “Key Largo” bersama Cees Slinger dan Buck Hill. Tahun 1983 “Soesja Citroen sings Thelonious Monk” dirilis, dimana ia mulai mengukuhkan diri sebagai penulis lirik.

Dan ditahun 1985 “Angel Eyes” bersama Metropole Orchestra yang dikonduktori oleh Rogier van Otterloo. Ia kemudian banyak merekam album bersama kelompok-kelompok orchestra ternama. Sebut saja “Soesja sings Fred Astaire” (1987) lalu “Soesja in Silk” (1989), sebuah cd ballad cantik yang dikonduktori Robert Farnon. Dalam masa dua album ini, ia masih sempat merekam sebuah album “Shall we Dance”.

Ditahun 1986 ia bermain di Yatra Jazz Festival di New Delhi dan Bombay – yang menjadi salah satu highlight dalam karirnya. Konser lain yang juga patut dicatat adalah di tahun 1993 di Waldorf Astoria Hotel di pusat jazz saat ini – New York.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker