News

SEBELUM TUR EROPA TIMUR, KRAKATAU TAMPIL DI KLUB BIMASENA JAKARTA

Setelah sukses dengan pementasan Bill Heid Trio dan Adam “Virus” Baldych bulan Juni lalu, kembali Klub Bimasena bekerjasama dengan Jakarta Jazz Society dan didukung WartaJazz.com akan menyelenggarakan sebuah konser menarik untuk bulan Juli 2003 ini dengan mempersembahkan kelompok ternama yang beraliran jazz dan world music Krakatau.

Kelompok yang merilis album terakhirnya ‘Magical Match’ ini akan tampil dengan formasi terakhir yang terdiri dari Dwiki Darmawan (Micro-tuned keyboard dan Synthesizer), Pra Budidharma (Slendro Fretless Bass), Trie Utami (vokal), dan Adhe Rudiana (kendang, perkusi, simbal). Krakatau juga akan menampilkan beberapa additional player seperti Yoyon Darsono (rebab, suling, terompet, kecapi, voice), Zainal Arifin(Bonang, perkusi, voice), dan Edy Syahroni(drum).

Selain Krakatau, turut pula tampil anak-anak berbakat yang berusia dari 10 hingga 23 tahun yaitu Barry Likumahua – yang merupakan putra musisi ternama, Benny Likumahua – beserta The Blue Notes dan The Farabi Trio yang kesemuanya merupakan murid-murid dari Lembaga Pendidikan Musik Farabi yang dipimpin Dwiki Dharmawan.

Acara yang akan mengambil tempat di Klub Bimasena, Jl. Dharmawangsa Raya No. 39 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini akan dilangsungkan pada hari Jumat, 25 Juni 2003 mulai pukul 19.30 WIB. Adapun admission untuk acara ini sebesar Rp. 150.000,- sudah termasuk light refreshment yang telah disediakan oleh panitia.

Bagi anda yang tertarik menonton acara ini, dapat menghubungi Titin atau Deti dinomor telepon (021) 725 8668 atau Fax (021) 723 6193. Tempat terbatas.

***

Penampilan Krakatau di Klub Bimasena merupakan kesempatan yang berharga bagi para pecinta musik khususnya Jazz. Krakatau memang berencana tampil dan ‘mohon doa restu’ sebelum berangkat ke beberapa negara di Eropa Timur seperti Hungaria, Serbia-Montrnegro, Bulgaria, Romania, Czech dan Slovakia dalam rangka Tur Internasionalnya yang akan berlangsung selama bulan Agustus 2003.

Rencananya pada hari yang sama juga akan dilangsungkan press conference yang akan dihadiri Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Bapak I Gde Ardika dan sejumlah duta-duta besar negara yang akan dikunjungi beserta para sponsor.

***

Krakatau direncanakan akan tampil dibeberapa event, antara lain Pepsi Sziget Festival di Hungaria, International Festival for Jazz & Alternatif Music di Cezky Krumlov serta Summer Culture di Bratislava, Slovakia.

Saat ini Krakatau sedang sibuk melakukan latihan persiapan menjelang konser dan keberangkatannya ke negara-negara di Eropa Timur tersebut, demikian yang diungkapkan sang leader Dwiki Dharmawan saat dihubungi per telepon oleh WartaJazz.com, Jumat (19/7) lalu.

Sebelumnya, awal bulan Juli ini mereka tampil memukau di Bumi Sarawak, Malaysia dalam rangka Rainforest World Music Festival 2003. Krakatau saat itu menjadi artis yang tampil pada malam puncak kegiatan musik yang berada dibelantara hutan Kalimantan ini.

Dengan rencana turnya kali ini, semakin membuktikan bahwa sebenarnya kelompok musik dari Indonesia ini memang mulai diperhitungkan diblantika musik jazz dan world music internasional. Sudah barang tentu harapan kita, Krakatau mampu menunjukan pada penonton dinegara yang mereka kunjungi bahwa Indonesia juga memiliki kelompok yang tak kalah menariknya dengan negara-negara lain.

Sementara kedalam negeri, mudah-mudahan berita ini menjadi semacam ‘suplemen’ baru untuk para musisi ditanah air agar terus mengembangkan jazz dan worldmusic dan pada gilirannya juga berbicara diforum-forum internasional. Semoga!

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker