NewsReview

PAT METHENY JADI ‘ARTIS TUAN RUMAH’ DI BEBERAPA FESTIVAL DI EROPA

Gitaris jazz terkemuka yang pernah menyabet piala Grammy 15 kali Pat Metheny, pada tahun ini dijadikan “Artis Tuan Rumah” di beberapa festival musik jazz di benua Eropa. Seperti ungkapan Metheny sendiri, “Saya begitu beruntung untuk dapat berkeliling dunia secara ekstensif selama hidup saya sebagai seorang musisi. Selama bertahun-tahun saya dapat bertemu dan mendengarkan berbagai musisi yang hanya dikenal di negaranya namun kemungkinan tidak terkenal secara internasional yang mempunyai kemampuan bermusik tingkat tinggi. Saya ingin meluangkan waktu di beberapa tempat untuk mengembangkan beberapa hubungan musical yang pernah say lakukan selama ini dan memulai sesuatu yang baru dengan beberapa musisi dunia yang benar-benar saya kagumi”.

Hal tersebut telah dimulai dengan kerja samanya bersama penyanyi jazz dan folk dari Polandia Anna Maria Jopek dan mengambil para pemain ensemble terbaik dari negeri itu. Sebagai hasilnya, album yang berjudul “Upojenie” tidak hanya mendapat perhatian para kritikus musik sebaai karya masterpiece, lebih dari itu album tersebut menjadi salah satu album penjualan terbesar di sepanjang sejarah musik jazz di Polandia. Baru beberapa bulan sejak dikeluarkannya sudah laku 100.000 kopi. Polandia memang menjadi salah satu negara di Eropa yang bagi Metheny begitu berarti.

Di luar itu, pada musim panas tahun ini Pat Metheny melakukan tur yang melelahkan di Eropa dan tampil di lima festival musik jazz yang paling prestisius di sana. Dia dipanggil untuk menjadi “Artist in Residence” oleh North Jazz Fesival di Den Hague Belanda, Vienne Jazz Festival di Wina Austria, Ravenna Jazz Days di Ravenna Itali, Vitoria Jazz Festival Victoria Spanyol dan Jazz Baltica di Kiel Jerman.

Di sepanjang kurang lebih tiga minggu dia bermain dengan lebih dari 100 musisi pilihan termasuk Esbjorn Svensson Trio, Enrico Rava Quartet, Kepa Junkera and Txalaparta, Han Bennick, Andy Sheppard, Daniel Humair, The French National Jazz Orchestra, The Metropole Orchestra of Holland, Carlos Benavent, Jesse Van Ruller, Mike Brecker, Christian McBride, Rita Marcotulli, Till Bronner dan masih banyak lagi.

Selain itu, dia tampil juga dalam berbagai acara workshop atas dukungan IAJE (International Association of Jazz Educators). Di bulan September mendatang dia juga mempunyai jadwal tour di Nowegia bersama Trondheim Jazz Orchestra yang memainkan komposisi-komposisi Metheny oleh aranser terkenal Norwegia Erlend Skommsvoll.

Metheny pertama bertemu dengannya adalah ketika di Molde Jazz Festival di Norwegia pada tahun 2001 yang lalu. Alasan tampil dengan orkes tersebut adalah orkes ini telah bekerja keras untuk mengembangkan sesuatu yang sangat personal dan dialek yang unik dalam bahasa jazz menurut mereka sendiri. Bagi Metheny hal ini merupakan usaha untuk mengetengahkan masa depan jazz.

Sementara itu beberapa kegiatannya yang telah dilakukan adalah mengeluarkan album solo gitarnya dengan menggunakan gitar bariton yang berjudul “One Quiet Night”. Album ini sempat menduduki tangga pertama dalam Billboard Jazz Charts. Serta sedang dalam rangkaian tournya dengan kelompok trio bersama Christian McBride (bass) dan Antonio Sanchez (drum) di Amerika. Selain itu dia sedang melakukan proses persiapan album untuk Pat Meheny Group yang rencananya akan dikeluarkan pada tahun 2004 mendatang. Informasi lengkapnya ada di websitenya..

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker