FestivalNewsRadio / Podcast

INDONESIA OPEN JAZZ 2003, KEMBALI DIGELAR UNTUK YANG KEEMPAT KALINYA

Sebuah ajang musik Jazz yang kali ini memasuki penyelenggaraannya yang keempat kalinya, Indonesia Open Jazz Festival (IOJ) 2003 akan digelar mulai tanggal 16 hingga 22 Agustus 2003 mendatang diberbagai tempat di Jakarta.

IOJ yang diprakarsai oleh seorang pendidik musik yang lama bermukim di Eropa, Tjut Nyak Deviana Daudsjah dibawah naungan Yayasan Daya Bina Budaya yang misi utamanya adalah memperkenalkan musik Jazz melalui sarana pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Tahun lalu, panitia sempat menggelar acara konser terbuka yang mengambil lokasi di Pantai Festival Ancol, Jakarta Utara. Kali ini, pilihan jatuh pada Kafe Taman Semanggi, Jakarta Selatan yang akan menampilkan musik Jazz dari berbagai style.

Sejumlah pendukung acara pada kegiatan Indonesia Open Jazz di Kafe Taman Semanggi pada hari Jumat, 22 Agustus 2003 mulai pukul 18.30 wib akan menampilkan Marching Band Madah Bahana UI, pemenang I & II kompetisi band IOJF, IMD students band, Imel and Friends, Marusya Nainggolan Quintet, Deviana Daudsjah, Aksan Syuman, Daya Big Band & Daya Swara, serta bintang tamu dari Perancis Martial Dubois, serta dari AS Joe Rosenberg, Peter Scherr. Acara ini tidak dipungut biaya.

Selain kegiatan puncak seperti yang sudah diterangkan diatas, juga diselenggarakan berbagai kegiatan pendukung antara lain sebagai berikut :

  • Sabtu, 16 Agustus 2003
    Workshop di IMD untuk kompetisi band
    14.00 – 17.00 WIB
  • Senin, 18 Agustus
    Workshop Jazz Improvisasi di IMD bersama
    Joe Rosenberg (sopran sax) dan Peter Scherr (double bass)
    17.00 – 19.00 WIB
    Rp.50.000.- per orang untuk non IMD student
  • Rabu, 20 Agustus
    Band Competition di Klub 45 Jl. Mahakam Jakarta Selatan
    14.00 – 16.00

Bagi anda yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai Indonesia Open Jazz 2003, dapat menghubungi Yayasan Daya Bina Budaya Jl. Taman Kemang I kav.11 Jakarta Selatan telepon/fax (021) 71792331 dan email dayagroup@cbn.net.id

***

Kegiatan Indonesia Open Jazz 2003 merupakan salah satu kegiatan yang patut didukung dalam rangka memajukan kegiatan bermusik khususnya jazz di tanah air. Terlebih-lebih lagi karena Deviana dkk menitikberatkan kegiatan ini pada unsur pendidikannya.

Ditengah segala hambatan terutama dari sisi finansial dalam menyelenggarakan kegiatan tahunan harapannya tentu acara ini tak hanya sekadar menjadi rutinitas, tapi bisa menumbuhkembangkan kegiatan bermusik dikalangan anak-anak muda, yang kelak ditangan merekalah masa depan perkembangan jazz di Indonesia – jika boleh berandai-andai – dititipkan.

Salut untuk Deviana dan IMD-nya. Semoga acara tahun ini berlangsung dengan sukses!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker