News

GINI WILSON

Dari vokalis serba bisa Tony Bennett, pernah menyenandungkan tembang ‘I Left My Heart In Sanfransisco’. Kita bayangkan bahwa ada sebuah kesan yang mendalam bagi Bennett mengenai kota di mana jembatan Golden Gate berada itu. Banyak musisi jazz terkenal lahir atau tumbuh besar dari kota tersebut. Namun juga ternyata disamping melahirkan para musisi terkenal, di sisi lain banyak juga musisi yang sekiranya hanya terkenal di wilayah itu meskipun penampilannya juga tidak kalah menarik. Salah satunya adalah pianis jazz perempuan Gini Wilson.

Gini Wilson adalah seorang pianis musik jazz dan penghibur terkenal serta unggulan di wilayah San Fransisco dan Bay Area. Wilayah garapannya pun dari pertunjukan Cabaret barunya yang memainkan karya-karya J.S. Bach sampai ke bebop. Acara yang diberi judul An Evening of Jazz and Wisecracks tersebut mendapat banyak sambutan dan pujian dari para penonton dan kritikus musik. Dia juga dikenal sebagai artis panggung di mana dia pernah tampil dalam acara festival jazz Jazz by the Bay; Jazz in Jackson Hole, Wyoming dan the San Miguel de Allende International Festival di Meksiko.

Beberapa album pernah dihasilkannya. Di antaranya adalah album “Left Coast Local Time” di mana album ini menampilkan duet Wilson dengan pemain bass Paul Breslin. Konsep album ini dia menyebutkan sebagai Chamber Jazz. Sedangkan album terbarunya adalah “The Crossing Point” yang dibantu para musisi jazz pilihan dari San Fransisco yang lain. Corak permain pianonya lebih mirip merupakan gabungan antara George Shearing, Lennie Tristano dan Bill Evans.

Selain itu, dia juga sering terdengar di radio NPR sebagai pianis tuan rumah dalam acara “West Cost Live” yang sering melontarkan humor-humor yang kasar. Beberapa posisi jabatan sebagai musik direktor dipegangnya. Antara lain di klab-klab musik seperti STARS, Moose’s dan One Market. Termasuk juga dalam posisi yang sama dia terlibat dalam proyek penggarapan film dokumenter “Encore for Ruby” yang diproduksi oleh Margot Jones dan sekarang sedang diputar oleh televisi PBS.

Berbicara mengenai album terbarunya, “The Crossing Point” Wilson dibantu oleh Steve Heckman (saxophone), Paul Breslin (bass), John Witala (bass) dan Ron Marabuto (drums). Kalau kita mendengar nama-nama para pemain pendukung ini rasanya juga masih asing. Namun setelah itu baru diketahui bahwa mereka semua sepertinya mempunyai pengalaman bermain dengan para musisi jazz terkemuka.

Kita lihat saja Steve Heckman, yang mulai kariernya sejak usia 17 tahun dengan bermain bersama pemain trumpet gaya be bop terkenal dari pantai barat Howard McGee. Para musisi yang pernah bekerja sama dengan saxophonis ini pun tidak main-main seperti Roswell Rudd, Tom Harrell Andrew Hill, Bennie Green dan lain-lain. Albumnya yang berjudul “John In My Mind” sukses, dan mendapat pujian dari musisi sekaliber Stan Getz, Charles Lloyd dan Pharoah Sanders. Pemain bass Breslin juga pernah tampil bersama Carmen McRae, Eddie Jefferson, Cleanhead Vinson, George Benson, T-Bone Walker, Anita O’Day dan Bobby Hutcherson.

Sementara Marabuto juga pernah membantu musisi sekelas Pepper Adams, Roland Hanna, Tommy Flanagan, Rufus Reid, Steve Grossman dan banyak tampil bersama musisi dari San Fransisco sendiri. Kemudian John Witala yang bermain bass pernah belajar bass ke Mark Levine, Don Haas, Gary Peacock dan Chuck Israels. Karier musiknya tampil bersama Jessica Williams, Shorty Rogers, Bud Shank, Charlie Rouse dan masih banyak lagi. (*/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker