News

STEVE TURRE – TROMBONIS

Steve Turre – taken from Telarc.com

Steve Turre tumbuh besar di California. Lahir 12 September 1948 di Omaha, AS. Sejak kecil sudah memainkan trombone dan dalam usia 13 tahun sudah terlibat kontrak secara professional sebagai musisi. Masih dalam usia muda dia tampil bersama James Moody di Texas namun yang menjadi saat istimewa adalah ketika bermain bersama Rahsaan Roland Kirk. Atas ide dari Roland Kirk, Turre mulai mempelajari dan mengkoleksi sesuatu yang sangat unik untuk dijadikan salah satu sumber bunyi yaitu cangkang siput / kerang. Selain bermain trombone kadang-kadang dia memainkan instrumen unik tersebut termasuk berimprovisasi dengannya dalam berbagai gaya.

Moment penting lainnya bagi Turre adalah ketika bergabung dengan band-nya Ray Charles pada tahun 1972 termasuk ikut dalam berbagai konsernya di Eropa maupun tour keliling Amerika Serikat. Dari titik tersebut namanya mulai dikena

l pubilk secara luas. Pada tahun 1973 dia direkrut juga oleh Art Blakey and Jazz Messenger melalui gurunya Woody Shaw.

Trombonis ini terlibat dalam berbagai proyek musisi jazz terkemuka. Antara lain dengan Thad Jones-Mel Lewis Orchestra, Woody Shaw, Elvin Jones’ Jazz Machine, Archie Shepp, Lester Bowie, Tito Puente, Cedar Walton, Slide Hampton, McCoy Tyner’s Big Band, Dizzy Gillespie’s United Nations Orchestra, Mercer Ellington dan Duke Ellington Orchestra, Mingus Big Band, Max Roach, Horace Silver dan masih banyak lagi.

Albumnya dirilis tahun 1987 lewat label Stash bertitel “Viewpoint”. Album bercorak hard bop dan latin jazz ini mendapat 4 1/2 bintang dari kritikus ternama, Scott Yanow. Disini ia didukung pianist Mulgrew Miller, bassist Peter Washington, drummer Idris Muhammad, cellist Akua Dixon, Haywood Henry(percussion dan clarinetis) dan trumpeter Jon Faddis serta pada tuba Bob Stewart. Masih dari label yang sama ia merilisViewpoints and Vibrations ditahun 1987 dan Fire and Ice ditahun 1988 lalu disusul Right There ditahun 1991.

Meskipun banyak membantu musisi lain, Turre tetap mencari kesempatan untuk tampil memimpin kelompoknya sendiri dalam berbagai formasi, qurtet, quintet, sextet, termasuk dengan sebuah kelompok yang bernama Exploration. Kelompok ini adalah sebuah ensemble kerang. Pada tahun 1993, Turre merekam sebuah album yang berjudul “Sanctified Shells” (Verve). “Steve Turre” album yang sama dengan namanya menjadi salah satu unggulan dari Steve Turre. Tahun 1999, keluar albumnya dari Verve yang berjudul “Lotus Flower” yang dibantu oleh Regina Carter, Akua Dixon, Mulgrew Miller, Buster Williams dan Lewis Nash. Bersama group ini pernah tampil di Kuba pada tahun 1998.

Tahun 2000 Turre menandatangani kontrak barunya dengan label Telarc di mana sampai sekarang telah menghasilkan album “In The Spur Of The Moment” (2000), TNT (2001) dan yang terakhir adalah sebuah album persembahan untuk trombonis legendaris J J Johnson yang berjudul “One 4 J: Paying Homage To J J Johnson” (2003).

Berbagai penghargaan pernah diraihnya. Beberapa di antaranya adalah menjadi langganan tetap namanya muncul di polling yang diadakan oleh majalah jazz DownBeat dan JazzTimes baik penilaian dari kritikus jazz maupun para pembaca dalam kategori trombone dan aneka rupa instrumen.

Steve Turre masuk menjadi salah seorang jazz renaisans pada dekade 1980an dari para trombonis yang berkarakter dan mempunyai style yang menonjol. Dengan brilian dia melanjutan dan mengartikulasikan alur ritmis yang dibawa dari gaya permainan J J Johnson. Gaya permainannya juga mengungkapkan bahwa sedikit banyak Turre juga dipengaruhi oleh Charlie Parker, John Coltrane, Miles Davis dan Woody Shaw, meski mereka semua bukan pemain trombone. Selain itu, dia juga seorang aranser yang handal. Salah satu kemampuannya yang hebat adalah dia dapat menggunakan nada dasar pentatonic di mana hal ini bisa menjadi sangat sulit dalam memainkan trombone. (*/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker