FestivalNews

FESTIVAL JAZZ YATRA DI KOTA DELHI, 7 HINGGA 9 NOVEMBER 2003

FESTIVAL JAZZ YATRA DI KOTA DELHI, 7 HINGGA 9 NOVEMBER 2003

Kota Delhi minggu ini akan dipenuhi para jazz mania dimana sebuah peristiwa megah selama tiga hari akan digelar dengan menghadirkan rombongan musisi dari India dan mancanegara. “The Jazz Yatra, yang dimulai sejak 7 November kemarin akan akan memamerkan sembilan band termasuk Madhav Chari dan M Menezes/Frank Dubier dari India”, demikian ungkap Soli Sorabjee, Presiden Jazz India Delhi, yang mengatur kegiatan ini. Kebangkitan kembali kegiatan festival – yang tahun ini mengambil setting di FICCI Auditorium, Tansen Marg – sesudah lebih dari sedasawarsa lalu dimaksudkan untuk mempopulerkan musik jazz dan memikat para pecinta jazz, kata organisator lebih lanjut. Kami senang mengembalikan Jazz Yatra pada Delhi. Peristiwa ini akan menghadirkan beberapa seniman terbaik selain menyediakan pula kesempatan kepada jazz enthusias untuk menikmati musik yang sangat hebat ini. Kami percaya peristiwa ini akan bertindak sebagai katalisator sebagai langkah lebih lanjut untuk mempopulerkan musik jazz di negara ini, kata Sorabjee. Selain band dari India, rombongan musisi asing yang hadir termasuk diantaranya kelompok Gabor Bolla (Hongaria), Bugge Wesseltoft (Norwegia), Ola Kvernberg (Norwegia), Urban Connection (Norwegia), Michael Occhipinti(Kanada), Antoine Hevre (Perancis), Manfred Leuchter (Jerman) dan Sunny Jain (AS) akan mengambil bagian di konser musik jazz ini.

***

Diantara para penampil pada Jazz Yatra kali ini muncul nama Sunny Jain, pria kelahiran Rochester, NY yang memiliki latar belakang dengan tanah hindustan ini. Diusia 5 tahun ia sudah belajar rhythm.

Tumbuh dan berkembang dilingkungan yang kerap mendengarkan musik Bhajans (Lagu-lagu religius India) dan musik Hindustani seperti North Indian Classical. Jain yang belajar di Mason Gross School of the Arts at Rutgers University di New Jersey ini tampil dan belajar bersama sejumlah master seperti Kenny Barron, Ralph Bowen, Ted Dunbar, Larry Ridley, dan Bobby Thomas.

Pendiri kelompok Positive Rhythmic Force, telah merilis sebuah album bertitel Sunny Jain Collective “As Is” (NCM East Records 2002). Diakhir tahun 2003 ini ia masih dijadwalkan tampil di Kedutaan Amerika di New Delhi, lantas kembali bermain di New York bersama salah seorang gitaris muslim asal Pakistan, Rez Abbasi

***

Kegiatan musik di Kota Delhi ini tentu akan membawa pertanyaan buat kita ditanah air. Kapan kira-kira Jak Jazz akan kembali hadir setelah vakum beberapa tahun terakhir ini.(*/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker