News

KONSER JAZZ ‘DRUMMER CIMAHI’ PETER YPMA +3 DI ERASMUS HUIS

Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis kembali mempersembahkan sebuah konser jazz dengan menghadirkan seorang drummer kelahiran Cimahi, Peter Ypma yang akan tampil bersama Quartet-nya dan akan tergabung dalam Peter Ypma +3.

Konser tanpa dipungut bayaran alias gratis ini akan diselenggarakan pada hari Rabu, 25 Februari 2004 mulai pukul 19.30 WIB di Erasmus Huis, Jl. HR. Rasuna Said Kav S-3 Jakarta Selatan.

***

Peter Ypma, lahir tahun 1942 di Cimahi Jawa Barat. Pria yang mahir berbahasa Indonesia ini selain kerap bermain dengan kelompoknya sendiri PY +11 dan Janlaurens Hartong trio, ia juga tampil bersama penyanyi nomor satu Belanda, Rita Reijs selama kurang lebih 36 tahun. Sejak 20 tahun silam Peter Ypma memutuskan untuk berhenti kerja studio dan menjadi guru Konservatori di Rotterdam.

Marius Beets, memainkan instrumen double-bass, memulai pendidikan musik saat berusia 7 tahun dengan belajar piano. Beberapa tahun kemudian mulai menekuni gitar – awalnya gitar akustik – lalu disusul gitar elektrik dan gitar bas. Marius sering diminta mendampingi penyanyi jazz Rita Reys dan Greetje Kauffeld. Mulai tahun 1999 hingga saat ini, Marius adalah anggota tim pengajar di Konservatori Rotterdam.

Erik van der Luijt, belajar di Konservatori di Den Haag bersama pianis ternama Rob van Krefeld dan Rob van Bavel. Erik juga pernah ikut serta dalam berbagai proyek sebagai pianis, aranser, komposer dan produser.

Ab Schaap, lahir dengan nama Albert, lulus dari Konservatori Rotterdam tahun 1979 dibawah bimbingan Leo van Oostrom. Schaap pernah bermain dalam orkes-orkes top seperti Skymasters, Metropole Orkest dan John Clayton Big Band. Tahun 1992 ia memenangkan penghargaan Komposisi Jazz Eropa. Sejak tahun 1979 Ab Schaap menjadi dosen di Konservatori Rotterdam dengan mengajarkan teori dan ansambel termasuk big band.

***

Peter Ypma memang kerap datang kesini. Terakhir ia tercatat mendampingi Rita Reys dalam konsernya 14 Pebruari 2002 silam. Waktu itu ia tampil bersama Frans van Geest (double bass), dan Joop van Deuren(piano).

Peter Ypma juga menaruh perhatian besar pada dunia pendidikan. Itu sebabnya disela kegiatan konsernya di Indonesia, ia banyak memberikan workshop. Lewat sms, Dwiki Dharmawan sempat menginformasikan bahwa Selasa siang (24/02) berlangsung workshop bersama Peter Ypma +3 di Gedung Nyi Ageng Serang Kuningan.

Namun sayangnya informasi ini agak telat disampaikan, bahkan disitus resmi Erasmus Huis, juga tidak ditemukan keterangan mengenai Konser dan Workshop Peter Ypma di Indonesia. Tapi pastikan anda tidak melewatkan konsernya Rabu malam nanti. Selamat menonton!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker