News

SIMAKDIALOG AKAN TAMPIL DI KATHMANDU JAZZ FESTIVAL 2004

Indonesia patut berbangga, setelah Krakatau yang sukses tampil diberbagai negara, kali ini simakDialog – sebuah grup yang dipimpin Riza Arshad akan bertolak menuju Nepal untuk tampil di ajang JazzMandu 2004 – Kathmandu Jazz Festival.

Rombongan yang terdiri dari Riza Arshad, Adhitya Pratama (bass), Yaser dan Endang (kendang, perkusi) akan berangkat lusa (11/03) didampingi Oppie Andariesta (dokumentasi & press relations), Bhita (tour manager) dan Denny (sound engineer).

Mungkin jadi pertanyaan kenapa Tohpati (gitar) dan Jalu Pratidina(kendang) tidak turut serta. Seperti dijelaskan Riza Arshad dalam percakapan lewat telepon Selasa (09/3) mengatakan Bontot, demikian Tohpati akrab disapa, tidak dapat turut serta karena sedang sakit. Sedangkan Jalu memang beberapa waktu yang lalu sudah tidak tergabung di simakDialog karena kesibukan pribadi dan telah memutuskan untuk mengundurkan diri.

Nama-nama yang berangkat diatas merupakan formasi terbaru simakDialog yang terdiri dari 7 orang menyusul keluarnya Jalu D. Pratidina. Riza Arshad tidak merinci nama-nama musisi yang lain, namun sempat menyebutkan anggota yang lain juga tidak dapat turut serta. Yaser dan Endang, nama personil yang baru di kelompok ini memiliki latar belakang musik kontemporer namun memainkan instrumen tradisional.

Ketika ditanya sejauh mana persiapan, Ija mengatakan persiapan sudah maksimal dan simakDialog akan berusaha menampilkan yang terbaik. Mengenai materi yang akan disajikan, sebagian akan diambil dari materi album ketiga ‘Trance/Mission’ dan sebagian lagi dari lagu-lagu baru yang rencananya akan segera direkam untuk dirilis sebagai album ke 4 dibulan Juni mendatang.

Rencananya simakDialog akan tampil di Gokarna Jazz Bazaar tanggal (13/3). Tempat ini juga akan menampilkan Max Lolo (Benin, Afrika), Urban Connection (Norwegia), MIK (Nepal) dan sejumlah kelompok lain. Sementara pada tanggal (16/3) juga tampil di Jazz for school students yang mengambil tempat di Budhanilkantha School, Narayanthan seperti yang kami kutip dari situs JazzMandu 2004.

***

simakDialog merupakan sebuah kelompok jazz yang terdiri dari kumpulan musikus muda yang sarat pengalaman di kancah industri musik Indonesia. Awalnya dididirikan atas dealisme dan kecintaan Riza Arshad(piano, synths) dan Arie Ayunir(drum), pendirinya, selain Tohpati Ario(gitar) dan Indro Hardjodikoro(bass) pada musik jazz membuat mereka berkumpul di wadah kreatif ini sejak tahun 1993.

Kini simakDialog telah berganti formasi. Riza Arshad(piano, synths), Tohpati Ario Hutomo (gitar) masih bertahap sementara bergabung Aditya Pratama(bass) dan Jalu D. Pratidina (kendang).

Pengalaman para personilnya di berbagai bentuk aliran musik memberikan warna tersendiri bagi simakDialog. Jazz sendiri pada perkembangannya hingga saat ini dipengaruhi berbagai aliran dan warna baru, sehingga jazz selalu berkembang dan berfusi tanpa kehilangan esensinya. Inilah yang menjadi prinsip dasar jenis adult contemporary progressive jazz yang dianut simakDialog.

Kelompok ini telah merilis tiga album yaitu Lukisan dibawah label Legend Records dan Baur serta ‘Trance/Mission’. Dua yang disebut belakangan dirilis oleh Chico&Ira Productions.

simakDialog juga turut meramaikan berbagai pesta jazz di tanah air, sebut saja Jakarta International Jazz Festival, Ganesha Jazz Festival atau Jazz Goes to Campus yang digagas oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Mereka bahkan sempat tampil di Malaysia awal tahun 2002 silam.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker