News

SAKSOFONIS DAVE PIETRO “BANYAK DISUKAI PENDENGARNYA”



Dia adalah seorang penduduk asli dari Southboro, Massachusetts, tempat dimana dia mulai bermain jazz pada umur 11 tahun. Ketika dia menjadi seorang mahasiswa di Universitas New Hampshire, Dave sudah melakukan rekaman dengan band kampusnya dengan bantuan dari seorang pemain flugelhorn, Clark Terry sebelum pindah ke Universitas North Texas State tahun 1984, melakukan tur dan rekaman dengan One O’Clock Lab Band dimana empat album telah dirilisnya bersama kelompok dari kampus ini.

Gelar sarjana dalam bidang pendidikan musik diraihnya tatkala belajar di dari Universitas North Texas State. Dia juga memiliki gelar master dalam bidang komposisi jazz dari Universitas New York. Sementara sebagai sebagai musisi pendukung ia pernah berkolaborasi dengan Dallas Jazz Orchestra dan Collection Jazz Orchestra.

Setelah lulus sejak tahun 1987, Dave Pietro mulai masuk ke dalam lingkungan jazz di New York. Dia merupakan pemain utama alto saksofon di dalam Toshiko Akiyosi Jazz Orchestra dari tahun 1994 – 2003, melakukan rekaman sebanyak 6 buah CD dengan bandnya pada waktu itu. Dia juga melakukan perjalanan tur dan rekaman dengan band Woody Herman, Lionel Hampton, Maynard Ferguson, Maria Schneider, The Village Vanguard Jazz Orchestra, John Fedchock, Jim Widner dan masih banyak lagi ensemble lainnya. Dave telah bergabung dengan banyak orchestra dengan musik Broadway yang berbeda satu dengan lainnya dan juga bermain di klub- klub jazz, festival-festival jazz dan di dalam konser di lebih dari 30 negara Asia, Australia, Eropa, Amerika Utara dan Selatan.

Pietro juga pernah tampil dengan band-band terkemuka dan juga para musisi terkenal termasuk : Paul Anka, Louis Bellson, Blood Sweat & Tears, Bobby Caldwell, Ray Charles, Rosemary Clooney, Harry Connick Jr., Michael Feinstein, Liza Minnelli dan John Pizzarelli. Selain itu ia juga belajar musik India Timur dan tampil dengan artis grup tabla Sandip Burman “East Meets Jazz”. Dave terpilih sebagai semi-finalis pertama dalam dua kali kompetisi jazz saksofon internasional Institut Thelonius Monk (1991 & 1996) dan sebagai finalis Majalah JAZZIZ dengan judul penelitiannya “Woodwinds on Fire” tahun 1995. Pada tahun 1996 dia merupakan penerima bantuan dari National Endowment for the Arts dan tahun 2002 dia terpilih sebagai runner-up di dalam kompetisi jazz internasional tahunan kedua yang diadakan oleh Jazzconnect.com.

Dua album pertama dari Dave “Forgotten Dreams” (A-Records 1996) dan “Wind Dance” (A-Records 1998) dimana keduanya menampilkan Dave Holland pada bass, Kenny Werner pada piano, dan Bill Stewart pada drum, mendapatkan masukan yang sangat bagus dan cukup banyak pula kritikan yang muncul. Album CD-nya yang ke tiga “Now Becoming Then” (A-Records 1999) bersama drummer Brian Blade, pemain bass Scott Colley dan pemain trumpet Scott Wendholt diantara yang lainnya adalah “banyak disukai oleh pendengarnya” menurut kritikus Bill Bennett dari majalah Jazz Times.

Album CD Dave yang ke empat berjudul “Standard Wonder-The Music of Stevie Wonder” terpilih sebagai salah satu dalam 10 terbesar CD Jazz tahun 2001 oleh Bob Blumenthal dari the Boston Globe dan menerima 4 bintang dari majalah jazz Downbeat. Bill Milkowski dari Jazz Times mengatakan “berhadapan dengan bintang saksofon …Pietro telah menginsipirasikan dan menulis ulang buku tentang Stevie dengan mengunakan kepandaiannya, kreativitas yang tinggi dan mengaransir rasa untuk memiliki pengetahuan yang luas.”

Album CD Pietro yang ke lima berjudul “Embrace,” adalah suatu album yang bernuansa Latin dimana menampilkan banyak sekali pemain jazz Brasil terbaik yang ada di kota New York yang akan dirilis di bulan Maret tahun 2004

Sekarang ini dia adalah anggota di fakultasnya di City College of New York, Universitas Hofstra, Universitas New York dan Universitas Long (CW Post Campus). Dave juga disponsori oleh perusahaan instrument Selmer dan telah mengadakan ratusan workshop-workshop dan konser di kampus di seluruh negara.(*/Hermawan/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker