News

AHMAD MANSOUR – MENGGABUNGKAN JAZZ, COUNTRY, ROCK DAN TIMUR TENGAH

foto: Ahmad Mansour.com

Gitaris sekaligus komposer Ahmad Mansour (lahir pada tanggal 7 Juni 1960 di Teheran, Iran) menghabiskan masa kecilnya di Switzerland sebelum pindah ke Amerika Serikat untuk meneruskan sekolah musiknya di Sekolah Musik Berklee di Boston tahun 1980 dan menjadi warga negara Amerika tahun 1990. Sempat les privat dengan Mick Goodrick, John Abercrombie dan Ritchie Beirach.

Diberkati dengan pengetahuan musik yang aktif dan kompetitif, Boston adalah tempat yang sangat ideal dan juga sebagai mitra untuk para performer mengembangkan musiknya untuk jangka panjang. Album rekamannya yang pertama berjudul, “ls Really This it ?” dengan seorang pianis asal Hongaria, Laszlo Gardony, pemain bass asal Norwegia, Terje Gewelt dan seorang pemain drum asal Kanada, Ian Froman yang rilis pada tahun 1985.

Tahun 1986, Ahmad Mansour pindah ke kota New York, sutu perpindahan yang masuk akal untuk seorang musisi Boston mencari wawasan yang lebih luas. Beberapa tahun kemudian dia melakukan rekaman sebanyak 3 buah CD dibawah label dari Belanda, Timeless Records dan dua label lainnya dari Perancis Gorgone Jazz, seluruhnya menampilkan komposisi original dari pada musisi innovative dan berbakat seperti George Mraz, Marc Copland, Donny McCaslin, Ian Froman, termasuk kawan dekatnya Terje Gewelt…

Karena adanya relokasi di Eropa tahun 1999, Ahmad Mansour telah menghasilkan 2 buah CD untuk perusahaan rekaman Norwegia, Resonant Music. “Apples and Oranges” (2001) dan “Nightlight” (2002), menampilkan komposisi yang diambi dari berbagai macam dampak, campuran Middle Eastern, Jazz, Country and Rock menjadi sebuah style yang personal dan menjadi satu.

***

Sejumlah catatan festival yang pernah disambanginya antara lain Jazz Estival, Geneva, Swiss(1987), bersama John Taylor, Jazz Festival Tourcoing, France(1990), bersama Michel Benita, Jazz Festival de Maubeuge, France(1991), Jazz Festival Onze Plus, Lausanne, Swis(1995), Festival de la Cité, Lausanne, Swiss(1998) dan Festival de l’AMR, Geneva, Swiss (2000).

Sudah barang tentu ia juga kerap tampil diberbagai klub jazz diseantero dunia. Sebut saja sejumlah yang beken seperti di New York, Knitting Factory, 55 Bar, Visiones, Cupping Room, Bell, Izzy Bar dan lain-lain.

Lebih dari 10 tahun terakhir ini, Ahmad Mansour merupakan artis yang cukup aktif di blantika musik di New York dan Eropa. Penampilan pada saat tur, festival dan CDnya menghasilkan banyak kritikan yang timbul dari kedua sisi di Atlantik.

Inilah diskografi lengkap Ahmad Mansour hingga saat ini:

  • Nightlight (2002)
  • Apples and Oranges (July 2000)
  • Creatures (1995)
  • Tumbleweed (July 1993)
  • Penumbra (December 1992)
  • Oxiana (November 1989)
  • Conjonction (1998)
  • Episode (1990)
  • New trance for small combos(2000)

(*/Hermawan/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker