News

FRODE BERG, SATU YANG TERBAIK DARI NORWEGIA



Lahir di Oslo, Oktober 1971. Ayahnya seorang bahariawan. Frode Berg terbiasa dengan kehidupan berpindah – pindah mulai dari Australia, Belgia, Perancis dan Inggris sebelum kembali ke Norwegia saat berusia 11 tahun.

Setelah beberapa tahun tinggal di Norwegia, keluarga Frode pindah ke Lier, tempat dengan komunitas kecil sebelah barat Oslo. Setelah 6 – 7 tahun belajar piano klasik dan beberapa tahun belajar terompet, Frode bergabung dengan teman-teman sekolahnya untuk memainkan alat musik rock.

Frode dan teman-temannya berlatih setiap akhir pekan, dan bila ada waktu luang mereka berlatih di sekolah. Mereka berlangganan majalah pemain Gitar di era 80-an ( era cabikan gitar ) dan kemudian kami mengikuti kontes bagi pemain yang paling praktis menggunakan waktu selama akhir pekan.

Kontes tersebut dimenangkan oleh salah satu dari pemain gitar yang ikut berpartisipasi, ia telah berlatih selama 13 jam…pada saat itulah gebrakan pertama saya. Minat masa muda yang muncul tanpa ada visi musik …dan hal tersebut datang kemudian, ujarnya.

Pada akhirnya teman-teman Frode pindah aliran dari heavy metal ke fusion. Bagi Frode hal itu merupakan suatu keanehan, tetapi kemudian ia memberikan kesempatan pada teman-temannya, mereka tekun mendengarkan album dari Mahavishnu Orchestra yang menampilkan Jonas Hellborg pada bass, Danny Gottlieb pada drums dan perkusi sekitar tahun 1984. Setelah memaksakan diri untuk mendengarkan album tersebut akhirnya Frode belia terkesan akan jazz dan fusion.

Hal ini terkesan lucu ketika ia menggarap dua album dan mengadakan 3 tour bersama Danny Gottlieb 12 tahun kemudian. “Itu merupakan perasaan yang mengagumkan!!! “.

Di akademi Norwegia Frode belajar double bass klasik di bawah arahan Prof. Knut dari tahun 90-94. Ia belajar tekun, pada suatu saat ia diterima sebagai musisi pengganti di seluruh konser yang diadakan di Norwegia termasuk Philharmonic Oslo.

Di tahun 93’ Frode mendapat tawaran untuk menjadi musisi pengganti group terkenal Donna Summer. Direktur Donna Summer berkewarganegaraan Norwegia sehingga ia menginginkan musisi yang berasal dari Norwegia dengan alasan untuk menekan pengeluaran dan memudahkan pembuatan MD. Frode merasa mendapat kehormatan dan momen tersebut merupakan debut pertamanya di Oslo.

Dengan mendapat tawaran tersebut otomatis Frode harus mengikuti tour Donna Summer ke Monaco selama satu minggu. “Wow fantastic rasanya !!. Saya bisa merasakan terbang dengan fasilitas VVip, mengendarai limo, pelayanan hotel yang lux, sungguh pengalaman yang luar biasa“.

Nama Frode disambut hangat oleh musisi jazz senior, ia juga sering bermain di klub – klub jazz di seluruh bagian timur Norwegia. Pengalaman tersebut merupakan hal yang sangat berharga bagi Frode, karena hal tersebut dapat membentuk irama permainan Frode. Ia juga pernah mengajar bass di Akademi Jazz Oslo selama 5 tahun, dan kemudian ia memutuskan untuk konsentrasi pada album solonya.

Frode merekam albumnya Dig it ! pada bulan Mei 2003, dengan biaya sendiri.Setelah dengan usaha yang pantang menyerah bernego dengan beberapa perusahaan rekaman, Frode akhirnya memutuskan untuk bekerjasama dengan Nagel- Heyer, Hamburg, Jerman. Beberapa komentar mengenai album ini antara lain …“Dig it!” has become an extremely listenable documentation of creative contemporary jazz! (Stein Kagge “Aftenposten” 5 stars), Buy, spin, and listen, because this is food for the soul! (Trond Erikson “Smaalenene”)

***

Frode telah tampil diberbagai konser sejak tahun 93’. Ia juga ikut berpartisipasi di berbagai pertunjukkan orkestra di Norwegia, ia juga pernah bermain solo di Oslo Philharmonic dibawah pimpinan Andre Previn. Sebagai pengajar di akademi, sebagai guru tamu di Trondheim Jazzlinja, Kristiansand Konservatory, dan studio Institute di Oslo. Ia pernah pula join dengan acara TV.

Dan saat ini Frode memimpin group Dig It – nya dengan musisi jazz terbaik di Norwegia. Ia dibantu Petter Wettre (saxophone), Roy Powell (piano) dan Andreas Bye (drums). Bertindak selaku sound engineer Mr Anders Svinndal. Ia telah meluncurkan album tersebut dan akan mengadakan tour guna mempromosikan albumnya.

Frode sempat dinominasikan di acara Grammy Norwegia “Helge Lien Trio”, selain itu ia juga telah meluncurkan 3 album yang 2 diantaranya dibawah payung perusahaan rekaman DIW.

Frode dikenal sebagai bassist rhythm yang pertama yang terpilih untuk tampil bersama orkestra ngetop macam Norwegian broadcasting orchestra. Hal ini lantas menjadi jembatan baginya untuk dapat manggung bareng dengan Sir Paul McCartney, Victoria Tolstoj, Peter King, Eddie Daniels, Phil Woods, dan lain-lain.(*/Retno/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker