News

ANCIENT FUTURE – DEDIKASI PADA WORLD FUSION


Ancient Future adalah kelompok musik dunia pertama dan terlama yang telah berdedikasi secara eksklusif pada penciptaan world fusion music. Ancient Future telah mengembangkan visi musikalnya melalui kolaborasi-kolaborasi dengan musisi-musisi tradisional dari manca negara yang kini merupakan sebuah bagian terpadu dari apa yang saat ini lebih dari sekedar sebuah kelompok musik. Ancient Future telah tumbuh menjadi sebuah majelis besar ansambel dari para jago musik dunia dengan banyak ansambel-ansambel lebih kecil di dalamnya, memungkinkan Ancient Future mewujudkan tujuan utamanya menciptakan world fusion music. Banyak konfigurasi-konfigurasi yang tersedia, dari sejumlah kecil musisi sampai pada ansambel-ansambel besar.

Prakata.
Video “Planet Jammin’” dipersembahkan untuk peringatan 25 tahun lahirnya World-Fusion, yang ditemukan oleh pendiri Ancient Future, Matthew Montfort, pada tahun 1978. Perhatikan: seperti halnya Sitar, Esraj (lihat atas) adalah juga alat musik gesek asal India. Apabila anda ingin mempelajari lagi alat musik spesifik seperti Esraj ini, klik disini.

Album. “Planet Jammin’” menampilkan intisari dari pertunjukkan Ancient Future yang beraneka macam bergiliran dengan penuturan cerita Matthew mengenai sejarah ansamble dan gaya dari World Fusion. Ancient Future kini adalah sebuah organisasi akbar musisi-musisi yang terdiri dari beberapa ansambel berbeda, meski kebanyakan, walau tak semua, dari mereka menonjolkan composer Matthew Montfort memainkan gitar ‘scalloped fretboard’ buatan tangan-nya yang masyhur itu.

Permainan solo gitar unik yang amat bagus ini berada pada bagian terdepan aransemen-aransemen meskipun pada komposisi-komposisi itu juga menonjolkan pemain-pemain tunggal yang istimewa dan virtuosi seperti Pandit Khabib Khan (pada Sitar) dan Georges Lammam (pada biola Arab). Semua komposisi yang dimainkan oleh trio ajaib ini bersama-sama dengan beberapa musisi lainnya menggambarkan tidak ada lain kecuali sebuah Musik Klasik Antarbangsa yang sangat inovatif. Tepatnya, ini adalah sebuah paduan unik dari Musik Klasik Eropah, India, dan Arab dengan unsur Jazz-Fusion. Terlepas dari Matthew dengan ‘scalloped fretboard gitar’-nya yang tak bisa digantikan itu dan Antoine Lammam pada perkusi, paduan suara Slavic dengan African ‘groove’-nya yang menampilkan Irina Mikhailova, bernyanyi dalam Old Russian, dan beberapa vokalis wanita lainnya yang kebanyakan bekerja pada backing vocal. Semua ini melukiskan secara sederhana sebuah music cocktail yang tak bisa dipercaya. Tarian Saphira dan Estara yang mengiringi Eastern Clasical Music yang dimainkan oleh Arabic Quartet. Dalam hal tarian Saphira, ini adalah jenis dari sebuah ‘eastern ballet’ yang agak lebih baik ketimbang lainnya, dan yang mengagumkan dari permainan gitar solo Matthew disini sangat bagus terrangkai dengan tekstur dasar simphoni yang terjalin oleh biola-biola. Pertunjukkan ‘divisi’ Cina dari Ancient Future, yang terdiri dari flautist Liu Qi-Chao dan seorang pemain harpa wanita, juga sangat istimewa dan mengagumkan. Akhirnya, Matthew telah mempersembahkan bukunya berjudul “ANCIENT traditions – FUTURE possibilities”, yang akan menjadi sebuah bacaan berbobot untuk siapa saja yang tertarik khususnya dalam penciptaan kelompok musik uniknya dan perkembangan gerakan World Fusion pada umumnya.

Ringkasan.
Pertunjukan Ancient Future luar biasa bersemangat, indah sekali, dan hangat penuh ketulusan: Saya benar-benar terpesona olehnya. Kreasi Ancient Future memang tak diragukam lagi merupakan satu dari yang paling orisinil dan menarik saat ini. Ngomong-ngomong, karya sebelumnya dari kelompok ini yakni “Planet Passion”, telah sukses melewati masa uji, dan ini merupakan sebuah kenyataan klasik untuk masa-masa mendatang: Saya masih mendengarkannya dan dengan kenikmatan besar.(*/Purnomo/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker