News

CARLO ACTIS DATO – SALAH SATU SAKSOFONIS JAZZ TERBAIK ITALIA

Dilihirkan pada tanggal 21 Maret 1952 di Turin, sejak kecil dia tinggal di Italia Selatan. Kakeknya bermain trumpet dengan band beraliran folk di desanya di Piedmont, Italia Utara. Carlo kecil mulai belajar bermain clarinet, kemudian bermain saksofon di berbagai macam band dengan aliran musik mulai dari dance, rhythm ‘n’ blues hingga swing.

Sejak tahun 70-an dia sudah mempersembahkan kegiatan yang bersifat konser dan rekaman album, menampilkan lebih dari 80 buah rekaman, sebagai pimpinan dan assisten pimpinan dari sebagian kegiatannya.

Dia juga salah satu penemu Art Studio di tahun ’74, salah satu grup yang baru pertama kali memainkan jazz di Italia (berbagai konser di Perancis, Jerman, Belanda) dan anggota para musisi yang tergabung dalam perusahaan CMC (dari tahun ’77).

Banyak majalah di Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Turki yang mempublikasikan artikel-artikel dan wawancara tentang Carlo. Dia tampil di berbagai konser hampir di seluruh benua Eropa dan di Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Senegal, Antilles, Maroko, Argentina hingga Ethiopia.

Dia memimpin sebuah grup yang dinamakannya Actis Dato Quartet, tampil di lebih dari 100 festival di Jepang, Maroko, Kanada, Yunani, Belgia, Swiss, Jerman, Perancis, Finlandia, Austria, Slovenia, Kroatia, Ethiopia, Lithuania, Antilles, dan Italia .Juga tampil di berbagai klub manapun di Eropa dan Jepang.

The Quartet, dibentuk pada tahun 1984, telah ikut serta dalam program radio untuk jaringan nasional di Italia, Swedia, Belgia, Finlandia, Jerman, Perancis, Kroatia dan Swiss. Dalam suatu peringatan referendum mengenai kritikan di dalam majalah “Musica Jazz” setahun sekali, termasuk dalam peringkat yang ke tujuh kalinya diantara grup musik ternama Italia dan album rekamannya di “The Penguin Guide to Jazz” dan di Larousse Encyclopaedia.

Dia juga sebagai assisten pimpinan di Atipico Trio (Berlin, Helsinki, Le Mans) dan Brasserie Trio (Nevers, Mulhouse, Moers, Clusone, Pisa, Saalfelden, Roma) selain juga aktif manggung sebagai solois untuk recital (Nimes, Le Mans, Perpignan, Roma, Rive-de-Gier, Vancouver, tujuh buah tur di Jepang, Amerika Serikat, Kanada).

Carlo juga memimpin Actis’ Band, yang memiliki aliran dengan musik perkotaan yang agresif. Ia juga merupakan anggota Italian Instabile Orchestra, enam kali terpilih sebagai grup terbaik di Italia (berbagai festival di Perancis,Jerman,Spanyol,Portugal,Belanda, Austria,Inggris,Tur Kanada tahun 2000, Chicago, Jepang), di Minafra Sud Ensemble (Perancis,Jerman,Portugal,Kanada, Inggris,Bulgaria,Norwegia,Jepang, Belanda, Spanyol), di Fazio Sextet (Argentina, Salzburg), di Occhipinti nonet (Mainz, Liege, Amsterdam, Mulhouse, Portugal), duet dengan E. Rocco (Perancis, Belgia, Lithuania,Jepang, Inggris, Irlandia), Maltese Open Ensemble.

Dia pernah menjadi anggota DOM Orchestra, Mitteleuropa Orchestra (Sevilla, Wien, Munich), E.Christi Quintet (New York, Toronto, Senegal) dan masih banyak lagi lainnya. Pernah pula ikut serta ambil bagian dalam berbagai penampilan dance dan teater. Dalam sebuah polling kritikus di tahun 2000 di suatu majalah Amerika “Down Beat”, dia termasuk dalam peringkat di antara pemain saksofon baritone di seluruh dunia.

Dia sudah pernah bermain dengan David Murray, K. Vandermark, W. Horvitz, B. Phillips, L. Moholo, C. Taylor, R. Garrett, J. Shahid, Enrico Rava, G. Gaslini, M. Dresser, L. Bowie, David Sanborn, G.Sommer, M.Nicols, A.Salis, L.Kont· K.Umezu, M.Satoh, T.Kondo , Satoko Fujii, C. Zingaro, M.Bisio, Joe McPhee. (*/Hermawan/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker