FestivalNews

ASCONA JAZZ FESTIVAL SWISS, TRIBUTE TO BASIE, WALLER & COLEMAN HAWKINS

Festival Jazz Ascona adalah suatu pencetus acara musik yang didedikasikan untuk musik jazz tradisional dan klasik. Setiap tahun pasti akan dipenuhi oleh 10.000 penonton. Di tahun 2003 terhitung ada 80.000 penonton. Kebanyakkan dari kalangan yang sangat antusias akan aliran musik ini, tetapi di lain pihak Festival Ascona menawarkan keceriaan dan suasana yang meriah bagi pecinta musik selama 10 hari. Dengan pemandangan danau Maggiore yang mempesona dimana 5 panggung tertata rapi, dan acara musikal yang kaya akan paduan berbagai jenis musik, mampu memuaskan selera tua dan muda. Sebuah festival yang dikhususkan hanya untuk acara musikal, dan memberikan kesempatan pada para fans untuk berinteraksi dengan para musisi sebelum dan sesudah konser berlangsung. Para musisi tersebut juga merasa senang berada di Ascona dan suatu hal yang umum jika kita menemukan mereka di sepanjang jalan, tinggal di piazza, bergabung dengan para kolega mereka secara spontanitas dan mengasyikkan di panggung dalam jam session. Panorama yang mempesona, suasana meriah dan kualitas musik yang paling bagus, membuat Jazz Ascona suatu event unik, kualitas artistik yang luar biasa dan di saat yang bersamaan meliputi suasana festival yang begitu familiar dan homey.


Piazza penuh dengan Musik

Festival Jazz Ascona selalu memfokuskan pada jazz tradisional dan klasik, jenis-jenis yang beragam antara tahun 1920 hingga 1950 (ragtime, dixieland, hot jazz, swing). Tetapi klasifikasi ini hanyalah suatu alat: kenyataannya, musik jazz saat ini telah mengangkat jenis tradisional, mengadaptasi jenis tersebut ke dalam selera modern dan teknik instrumennya. Jadi pendek kata Festival Musik Ascona bukan hanya sebuah festival musik yang sederhana dan uzur melainkan sebuah pertunjukkan sebagai refleksi usaha memperbaharui sejarah jazz ke selera masa kini (jazz masa kini). Lagipula JazzAscona ini tidak melalaikan jenis musik yang bertautan dengan jazz seperti blues, gospel, R&B dan jenis-jenis ini juga berkaitan dengan tradisi musik Black Amerika. Selama 10 hari festival dan lebih dari 400 jam akan diadakan 20 konser musik dalam sehari. Jadwal tahun ini di kroscek dengan 200 musisi di seluruh dunia. Pertunjukkan akan dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 4 pagi di hari berikutnya. Separuh bagian dari konser tersebut akan diadakan pada siang hari di beberapa bar,hotel, dan restoran yang berada di kota (dan itu artinya bagi para pengunjung akan dikenai biaya), sisa konser berikutnya (pengunjung membayar tiket konser) diadakan pada sore harinya, sepanjang tepi danau, dimana ada ribuan pengunjung yang menyaksikan 10 konser yang tersisa, diadakan di atas 5 panggung yang berbeda, dimulai dari pukul 8 malam hingga pukul 1 dini hari. Setiap malam ada suguhan jam session yang melibatkan beberapa artis festival dan musisi. Bagi para musisi tesebut festival ini merupakan acara yang paling mengasyikkan selama di Ascona. Dan disinilah tempat dimana kita mendapatkan semangat keramahtamahan dan festival jazz itu sendiri.
ASCONA, Lago Maggiore, The New Orleans

Kota kecil Ticino, Ascona, terletak 10 km dari perbatasan Itali, terkenal akan iklim Mediteran, dan juga terkenal akan sejarah budaya yang luar biasa, terhubung dengan Monte Veritá. Di mulai dari sini, antara tahun 1800 dan 1900 awal, para ahli filsuf, penulis dan artis berkumpul bersama. Dan “ Musical Weeks of Ascona” merupakan salah satu festival Swiss yang paling di dengar dan didedikasikan pada musik klasik. Ketertarikan turis asing akn Ascona merupakan gebrakan pertama, diantara hal- hal menarik di Switzerland. Suasana hening dan hijau yang bagus sekali di sisi Lago Maggiore. Ascona merupakan tempat ideal yang indah sekali untuk santai di datarn Eropa – Lago Maggiore, dengan kehebatannya dan keliaran lembah Alpine.


ASCONA merayakan hari jadi ke-20 (Still Swinging!!)

Jazz Ascona tahun 2004 menandakan hari jadi festival yang ke-20. Perayaan penting ini berbarengan dengan pelantikan Direktur Artistik yang baru, Nicolas Gillet, pria muda, yang semasa muda adalah seorang promoter jazz dan pengatur konser. Merupakan suatu kehormatan yang bergengsi, dengan kehadiran figure jazz yang paling disegani di New Orleans, berkat gairah, kemampuan dan kerja kerasnya. Dalam masa 20 tahun ini, Ascona telah mempertahankan pesona artistic di tingkat internasional, dan menjadikan refernsi bagi musisi dan pecinta jazz di seluruh dunia.

***

Berikut ini beberapa acara spesial dalam JAzz Ascona Festival 2004 tahun ini.

“ Tribute to Count Basie, Fats Waller, Coleman Hawkins” & lebih banyak lagi !!
Senin, 28 Juni 2004
Handfull of Keys – Fats Waller

Senyum hangat dan lucu, dengan wajah hampir menyerupai badut, adalah trademark dari profil Fats Waller, ciri perawakan musisi Amerika. Komposer dari beberapa karya – karya besar jazz dan masih di mainkan sampai sekarang, Fats Waller memainkan piano dengan gaya anggun dan ringan. Gaya bahagianya dan suara yang menyenangkan, dan kekayaannya akan komposisi-komposisi asli, menjadikannya sebagai “ Ayah dari musik Jazz”, dan salah satu lambang utama bagi kemajuan gaya berpiano. Ascona berkeinginan untuk memberikan suatu penghormatan bagi Fats Waller dalam acara festival 28 Juni mendatang.

Selasa, 29 Juni 2004
Coleman Hawkins

Sejarah musisi jazz besar yang lain, solonya dalam “Body and Soul” di tahun 1993 adalah suatu karya yang dimainkan oleh “juke boxes” dari waktu ke waktu secara teratur. Karyanya yang paling spesial adalah “melodic theme” . Selain itu Hawk adalah pemain berbakat dan menjadi inspirasi bagi para pemain sax, mereka meneladani Hawk dan hal tersebut mendorong sax menjadi simbol instrument jazz.


Rabu, 30 Juni 2004
Upeti untuk Count Basie

Dibandingkan dengan rivalnya Bestles dan Rolling Stones di tahun 70 – an (diwarnai dengan debat seru dan bantahan – bantahan dari para fans), para pendukung Basie Band dan Ellington Band di tahun 30an dan 40an. Band Basie memberikan pendekatan yang lebih anggun, membuai,dan ritmis. Juga permainan sax-nya, dan tidak ketinggalan juga gaya permainan pianonya yang unik dan tajam. Festival Ascona tahun ini dimungkinkan akan mempersembahkan karya – karya Basie Band yang akan dibawakan oleh Band Buck Clayton yang sekaligus sebagai penulis karya – karya tersebut.

***

Penghargaan Jazz Ascona

Festival ini dimaksudkan untuk memeberi penghormatan bagi Theo Zwicki, sebagai penerima penghargaan pertama “Ascona Jazz Award “ dalam penagkuan kariernya. Penghargaan ini diberikan kepada sosok yang berjasa atas promosi, perkembangan dan popularitas jazz.

Panggung – panggung di sepanjang Lakefront

Ada 5 panggung utama yang tertata rapi di sepanjang Lakefront. Panggung – panggung itu terdiri atas Stage Torre, Stage Piazza, Stage Chiesa, Stage Lago dan Tenda Danneman. Ada hal baru di konser tahun 2004 ini, setiap panggung di tata sesuai karakter musik yang akan dipersembahkan dan menciptakan atmosfir yang berbeda setiap pangung itu. Stage Lago dengna mottonya “ Groovin’ dan Singing “, akan ada group elektrik funky. Ruang yang luas di depan panggung akan memberi keleluasaan bagi para pengunjung untuk berdansa ria.
Di Stage Chiesa, dengna mottonya “ In The Tradition” , group yang akan tampil sudah pasti group yang berhubungan dengan jazz tradisional, atmosfir yang berbeda dapat dirasakan karena piazza ini merupakan piazza yang paling indah, dan berdekatan dengan gereja Ascona.
Stage Piazza, dengan mottonya “ Jazz Club”, akan menjadi sebuah suguhan konser dengan keterbukaan. Tenda Danneman, akan ada suguhan elegan dan intim dari konser tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker