FestivalNews

OTTAWA JAZZ FESTIVAL 2004 MENAMPILKAN PARA LEGENDA JAZZ

Sebuah grup musik super, yang terdiri dari tiga orang legenda jazz dan seorang pemain drum muda berbakat, akan tampil untuk membuka Ottawa International Jazz Festival tahun ini.

Grup tersebut – yang terdiri dari pianis Herbie Hancock, pemain saksofon Wayne Shorter, pemain bass Dave Holland dan drummer Brian Blade – akan tampil di panggung utama Confederation Park pada hari Kamis, 24 Juni 2004.

Acara tersebut adalah jadwal manggung mereka satu-satunya di Amerika Utara. Grup kuartet tersebut langsung menuju ke Eropa untuk sebuah tur di beberapa festival musim panas Eropa.

Catherine O’Grady, produser eksekutif pada Ottawa Jazz Festival, dengan bangga menyatakan bahwa grup tersebut hanya tampil secara ekslusif di festival Ottawa – kota-kota lain, seperti Montreal dan Toronto gagal untuk mendapatkan jadwal dari grup tersebut.

Selama berbulan-bulan, Ottawa Jazz Festival mencari acara pembuka yang memikat untuk festival ke-24 kali ini – semata-mata untuk memperkecil kemungkinan kurangnya minat penonton festival karena seringnya perubahan jadwal acara festival musim panas di Ottawa tersebut.

Selain itu, untuk membantu mengurangi kemungkinan jadwal acara yang padat, festival jazz kali ini sepakat untuk mencoba membuka kegiatan ini di akhir Juni, sekitar tiga minggu lebih awal dari biasanya yaitu pada pertengahan bulan Juli.

“Keinginan kami hanya ingin membuat suatu acara pembuka yang dapat “menggebrak” penonton”, begitu kata O’Grady. Biasanya, acara festival dimulai dengan acara yang santai tapi ada perbedaan untuk tahun ini; berhubung jadwal acara terlalu sering berubah maka kami tidak mau mengambil resiko – kami harus membuat gebrakan di awal festival, lanjut O’Grady

Rencana acara pertunjukan awal ini sepertinya cocok untuk tujuan tersebut. Grup super ini, selain dikenal sebagai figur-figur yang sangat berpengaruh di dunia jazz, mereka berempat juga pernah tampil di antara berbagai jenis musik dan tampil bersama beragam artis, seperti Norah Jones, Carlos Santana, Yehudi Menuin, Joni Mitchell, Antonio Carlos Jobim dan Bob Dylan

Meskipun mereka berempat telah bermain musik bersama di berbagai acara, kesempatan saat ini adalah kali pertama bagi keempat musisi tersebut untuk bermain dalam satu tim untuk suatu acara tertentu. Meski demikian, mereka belum mempunyai rencana untuk membuat rekaman.

Baru-baru ini, kontrak untuk bermain di Ottawa Jazz Festival telah ditandatangani – hal itu terjadi setelah proses negosiasi yang alot selama berbulan-bulan dengan para agen dari keempat musisi tersebut.

O’Grady berkata, sebenarnya proses untuk itu dimulai pada bulan Juni 2002 saat Herbie Hancock telah tampil di National Arts Centre bersama suatu kelompok kuartet musisi lainnya. Saat itu, penonton pertunjukan tersebut terganggu oleh demonstrasi jalanan sehubungan dengan pertemuan G-8 yang berlangsung di Alberta. Sejak itulah O’Grady berusaha untuk memperbaiki suasana yang tidak nyaman tersebut.

Beberapa nama terkenal juga akan tampil di festival musim panas kali ini. Meskipun kontrak resmi belum ditandatangani, O’Grady berkata bahwa penyanyi glamour asal New York, Jane Monheit, hampir pasti tampil di panggung utama tanggal 28 Juni nanti. Kemungkinan besar, gitaris Larry Coryell dan pemain bass masa depan William Parker, juga akan tampil.

Hancock dan Shorter untuk pertama kali bermain musik bersama sebagai anggota sebuah kelompok musik yang sangat berpengaruh dalam sejarah jazz, yaitu kuartet pimpinan Miles Davis di pertengahan tahun 60-an. Tetapi mereka berdua ternyata mempunyai karir bermusik masing-masing yang sama-sama cemerlang

Herbie Hancock, 63 tahun, mempunyai peranan penting dalam hampir setiap perkembangan musik jazz akustik dan elektronik – begitu pula dalam musik funk, rhythm and blues serta trip hop – sejak akhir tahun 60-an sampai saat ini. Pengaruhnya dalam bermusik dapat dijumpai pada setiap pianis jazz selama 30 tahun terakhir ini.

Wayne Shorter, 69 tahun, tidak saja disebut sebagai salah satu pemain saksofon jazz paling orisinil – ia juga terkenal sebagai komposer yang handal; penulis berbagai komposisi seperti Footprints, Sanctuary, JuJu, Nefertiti, fall, Adam’s Apple dan Prince of Darkness. Seperti halnya Herbie Hancock, Shorter tampil dalam berbagai jenis musik, seperti fusion, funk serta musik elektronik dan “musik tropis” Brazil/Brazilian tropicalismo selama bertahun-tahun.

Dave Holland, 57 tahun, selain dikenal sebagai komposer jazz yang produktif, juga dikenal telah bermain bersama Miles Davis pada saat pemain trompet itu pertama kali bereksperimen dengan instrumen elektrik dan musik jazz-rock fusion di akhir tahun 60-an dan awal tahun 70-an. Holland telah bermain dengan semua musisi jazz penting dalam 30 tahun terakhir dan selama hampir satu dekade, ia telah menjadi pemimpin salah satu kelompok kuintet yang paling baik.

Anggota termuda dalam grup super tersebut Brian Blade – yang pada usia 34 tahun telah dianggap sebagai drummer jazz yang paling dicari musisi lain untuk bermain bersama. Blade juga telah merambah dunia musik pop dengan tampil bersama antara lain: Daniel Lanois, Elvis Costello, Joni Mitchell dan Bob Dylan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker