News

KRAKATAU WORLD TOUR 2004: KALI INI KE AMERIKA DAN KANADA

Kelompok jazz-world music Krakatau Band rencananya akan bertolak menuju Washington DC, AS tanggal 1 Juni 2004 mendatang guna memulai rangkaian World Tour 2004 tahap pertama. Mereka akan tampil disejumlah negara bagian di Amerika dan Kanada.

Perjalanan kali ini menjadi bagian dari rencana World Tour 40 negara yang sudah dimulai sejak tahun 2002 silam dengan tampil di Bulgaria dan sejumlah negara Eropa Timur, Venezuela, Sarawak(Malaysia), dan Shangai(Cina) beberapa bulan lalu.

Mengingat begitu panjangnya jadwal tur mereka, Krakatau membagi perjalanan mereka kali ini dalam dua tur. Yang pertama akan tampil di (03/06) Washington DC, (06/06) Bowling Green, (08/06) Urbana Campaign, (14/06) Chicago, (17/06) Madison, (19/06) St. Paul Minneapolis, (02/07) Colorado Spring, (26-29/06) Toronto, dan (04/07) Vancouver Kanada.

Sedangkan yang kedua akan dilaksanakan mulai 5 Agustus 2004, dari San Francisco, Los Angeles, Houston, New Orleans, dan terakhir di New York dalam acara Lincoln Center Out Door Festival.

Adapun personil yang akan berangkat dalam Tur Amerika-Kanada 2004 ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari Dwiki Darmawan (Micro-tuned keyboard dan Synthesizer), Pra Budidharma (Slendro Fretless Bass), Adhe Rudiana (kendang, perkusi, simbal), Yoyon Darsono (rebab, suling, terompet, kecapi, voice), Zainal Arifin(Bonang, perkusi, voice), dan Gerry Herb(drum). Plus Roy Prasudhi Gunawan (Sound Engineer), Wahyu Cahyono (ass. Sound Engineer), dan Nanita Agustiana(Tour Manager). Sementara itu WartaJazz.com – diwakili Agus Setiawan Basuni – juga akan turut berangkat guna melaporkan kegiatan Krakatau selama World Tour USA/Canada 2004 ini.

***

Perjalanan kelompok yang terakhir merilis album bertitel “Magical Match” ini sungguh istimewa. Pertama karena mereka tidak hanya sekadar tampil seperti pada umumnya duta-duta budaya yang dikirim selama ini. Namun tampil di sejumlah festival bergengsi antara lain Toronto Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival dan Hot Summer Jazz Festival. Disejumlah festival ini saja puluhan bahkan ratusan musisi kelas dunia bakal mempertontonkan sajian musik jazz & world music terbaik dari berbagai belahan dunia.

Tidak hanya itu, Krakatau juga akan mengunjungi sejumlah universitas disana, yakni University of Wisconsin, University of Illinois, Colorado Colledge, dan Bowling Green State University – kesemuanya di AS – serta Royal Conservatory Music di Kanada. Ditempat-tempat ini, Krakatau tak hanya tampil, namun juga memberikan ‘master classes’.

Ditengah jadwal yang padat ini, Krakatau masih sempat pula berencana untuk melakukan rekaman yang dijadwalkan di Toronto, salah satu kota di Kanada yang tercatat sebagai salah satu kota dengan kehidupan jazz yang dinamis. Seperti diketahui sebelumnya, usai dari Tur ke Venezuela tahun 2002 silam, Krakatau sempat masuk dapur rekaman untuk album ketiga dengan format musik etnik. Sebagian materi ini rencananya akan direkam di Toronto, “Ya, oleh-oleh dari sana”, demikian ujar Dwiki.

Yang lebih istimewa lagi adalah, kali ini Krakatau membawa misi sebagai Duta Budaya Indonesia (Indonesian Cultural Ambassador) yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, dan Departemen Luar Negeri RI.

Berikut jadwal lengkap Tur pertama Krakatau ke Amerika Serikat dan Kanada.

Tanggal Tempat & Acara Kota
3/6 Concert, University of Distric Columbia Washington DC, USA
6/6 Concert, Bowling Green Bowling Green, Ohio USA
8/6 Concert, Urbana-Champaign Urbana-Champaign, Illnois USA
14/6 Concert, Cultural Center Chicago, Illnois USA
16/6 Workshop Madison, Univ of Wisconsin Madison, Wisconsin USA
17/6 Concert, Madison, Univ of Wisconsin Madison, Wisconsin USA
19/6 Concert, Hot Summer Jazz Festival St. Paul, Minneapolis USA
26/6 Concert, Toronto Jazz Festival Toronto, Kanada
28/6 Workshop, Royal Conservatory of Music Toronto, Kanada
29/6 Concert, Royal Conservatory of Music Toronto, Kanada
01/7 Workshop, Colorado College Colorado Springs, USA
02/7 Concert, Colorado College Colorado Springs, USA
04/7 Concert, Vancouver Jazz Festival Vancouver, Kanada

***

Saat dihubungi WartaJazz.com Rabu lalu di sekolah musik Farabi dibilangan Dharmawangsa Jakarta Selatan, Dwiki Dharmawan yang tengah mempersiapkan sejumlah bahan persentasi menunjukan DVD yang rencananya juga akan diputar dan dibagikan selama Tur mereka.

“Luar Biasa”, itu barangkali yang bisa kami ungkapkan melihat persiapan Krakatau dalam turnya kali ini. Sebuah video klip memang dipersiapkan oleh Dwiki dan kawan-kawan. Tidak tanggung-tanggung, seorang sutradara asal Yunani diminta menggarap video klip yang syutingnya dilakukan di pulau Dewata Bali beberapa waktu lalu.

“Hal ini dilakukan agar pertunjukan Krakatau nanti benar-benar akan memuaskan para penonton di sana”, demikian ungkap Dwiki. “Kami juga menyiapkan sekitar 3000 eks. materi berupa buku program yang dilengkapi dengan Compact Disc, Post Card dan lain-lain” tambahnya lagi.

Melihat persiapan sedemikian matang, tak heran belum juga berangkat untuk World Tour 2004, Krakatau sudah diundang untuk tampil di Montreal Jazz Festival tahun 2005 mendatang. “Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia”, ujar Dwiki seraya menutup obrolan bersama WartaJazz.com

***

Sesungguhnya, seperti yang pernah WartaJazz.com tulis beberapa waktu silam, Krakatau memang memiliki potensi yang luar biasa dipercaturan jazz dunia. Dengan musiknya yang berbasiskan S’lendro yang digali dengan proses kreatif selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini, membuat Krakatau pantas masuk dalam jajaran artis jazz dunia.

Semoga ini menjadi inspirasi dan semangat bagi kelompok musik lain dinegeri ini. Kepada Krakatau kami ucapkan selamat jalan. Semoga sukses!.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker