FestivalNews

19th ANNUAL TD CANADA TRUST VANCOUVER INTERNATIONAL JAZZ FESTIVAL

“Salah satu pertunjukkan musik internasional terbaik didunia. Selama 10 hari, Vancouver International Jazz Festival menawarkan penampilan dan suara dari musik pinggiran, musik aliran utama, dan duta besar internasional pada pemandangan sebuah kota yang tetap befokus pada musik dan kekuatan dari pesisir barat Canada yang berkebudayaan Mecca” demikian tulis Bill Smith dari jazzreview.com, sementara Vancuver SUN memuji “Ten Days of heaven”.

Ya, mulai tanggal 25 juni hingga dengan 4 juli, Vancouver menjadi tuan rumah untuk peringatan musik terbesar dan paling beragam di dunia. Setiap hari, dimulai dari siang hari sampai larut malam, segala jenis jazz, blues, funk, latin, fusion, electronica dan world music tampil pada tempat besar dan kecil di beberapa kota.

Dari Water Street di Gastown yang bersejarah sampai pada konser-konser artis besar Western Front; dari cafe kecil seperti Studio 16 sampai pada aula konser besar seperti Orpheum Theatre dan Commodore; dari radio ringan dan segar CBC/Radio-Canada Studio One sampai pada penampilan langsung pada Granville Island; dari lukisan indah Capilano Suspension Bridge sampai dengan panggung outdoor yang besar pada David Lam Park – Vancouver muncul bersama dengan jiwa dan energi yang sering dirasakan sepanjang tahun.

Festival tahun ini menampilkan kurang lebih 1700 musisi dari Canada dan seluruh dunia, dan ditampilkan pada sekitar 40 tempat termasuk teater utama, klub-klub malam dan panggung-panggung outdoor. Terdapat banyak acara-acara bebas seperti festival jalan selama 2 hari di Gastown pada awal minggu (26-27 Juni) dan pertunjukkan musik spektakuler bebas selama 2 hari didalam/luar ruangan di Roundhouse/David Lam Park pada akhir minggu (3-4Juli).

Tahun lalu, sekitar 440.000 orang menghadiri Vancouver Jazz Festival, mencatatkan nama Vancouver sebagai salah satu kota dengan acara kebudayaan terbesar tahun ini.

***

Kelompok musik jazz asal negeri sendiri, Krakatau juga rencananya akan tampil di Vancouver Jazz Festival pada tanggal (04/07). Kelompok yang dipimpin Dwiki Dharmawan ini menempatkan Vancouver dalam jadwal terakhir Tur Amerika mereka tahap pertama.

Krakatau akan tampil di David Lam Park, dimana ditempat ini tampil pula kelompok Incognito – ini bukanlah kelompok yang dikenal ditanah air, melainkan sebuah band beraliran blues.

Artis lain yang akan tampil ditempat ini antara lain Primal Orbit, Gary Comeau & the Voodoo All Stars, Monterey County Honor Band, Grupo Jazz Tumbao, Bomba, Dave Robbins Electric Band, Rumba Calzada, Soulstream dan Sonny Rhodes.

Krakatau akan tampil pukul 8:15 waktu setempat, yang sekaligus merupakan acara penutupan konser Vancouver Jazz Festival di tempat ini.

***

Sejumlah artis ternama dalam dunia jazz mencatatkan diri untuk hadir dalam acara ini. Mereka antara lain Saksofonis Joe Lovano, penyanyi Stacey Kent, Kurt Elling, pianis Oscar Peterson, Brad Mehldau dengan trionya, The Bad Plus, Carlo Actis Dato Quartet, Evan Parker Trio dan lain-lain.

Festival ini sendiri seperti halnya Toronto dan Ottawa Jazz Festival disponsori oleh TD Trust Canada, sebuah perusahaan perbankan. Andai bank-bank di Indonesia mau mensponsori kegiatan jazz bukan tak mustahil kita juga bisa membuat festival jazz seperti halnya di Vancouver ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker