News

DAN KOZAR



Dilahirkan dan dibesarkan di Welland, Ontario dan pada umur 12 dia sudah terinspirasi oleh salah satu dari idolanya yaitu George Harrison (Beatles) dan ayahnya seorang pemain mandolin. Dan Kozar memulai perjalanan musiknya dengan penuh keyakinan dan ingin menjadi yang terbaik sebagai gitaris yang professional. Dia ingat kata-kata yang diungkapkan oleh sang ayah, bahwa dia harus banyak belajar bermain dan juga membaca tentang musik agar tercapai tujuannya. Bertahun-tahun dalam mempelajari dan penampilan disertai dengan pengalaman mengajar, Dan memperoleh berbagai macam teknik dan pengalaman musik dan kemampuan lainnya dalam membuat lagu, penampilan di panggung dan mengajar.

Perjalanan yang lama serta pengalaman dalam belajar yang dialami oleh Dan menimbulkan dampak yang sangat besar dalam mengkreasikan sendiri gayanya. Sebagai tambahan, dia belajar di sekolah musik Eastman, Summer Jazz, selain juga belajar dengan artis kenamaan seperti Lloyd Garber, Reg Schwager dan Ed Bickert, di sekolah seni di Banff.

Dia ingat secara khusus terhadap permainan solo gitar dari Johnny Smith di radio. Seolah-olah seseorang sedang menanam benih, tapi itu tidak lama hingga ia bertemu dengan Gene Bertoncini, dimana Dan mengatakan, “ini bisa menjadi kenyataan”. Dari semua gurunya, Gene, seorang pemain gitar yang lincah dengan jari-jarinya di sekolah musik Eastman, adalah salah satu yang menginspirasikan dia dalam teori musik dan penulisan komposisi lagu

Sebagai gitaris, Dan memainkan jazz, blues, country, swing, klasik dan gospel. Walaupun Dan pernah bermain solo, duet, trio, kwartet dan kuintet, dia juga pernah melakukan pertunjukan dengan swing band James Marando terdiri dari 18 orang, Solid Brass, Lifeline, dan Gino Rossi band. Dia juga pernah menyumbangkan talentanya dalam permainan gitar dan bass dalam acara produksi Garden City, Jesus Christ Super Star dan Never Let Go.

Banyak pekerjaan yang diselesaikan oleh Dan termasuk mengajar gitar part time di Milwheel Performing Arts Centre, Niagara South Board bidang Pendidikan (selanjutnya dinamakan Departemen Pendidikan) dan mengajar full time di dalam studio gitarnya sendiri antara tahun 1978 dan 1991.

Dan saat ini bermain solo Jazz/Blues dengan gitarnya. Gayanya yang unik adalah secara serempak memainkan jalur bass, kord, dan melodi yang menghasilkan paduan dalam msuik jazz. Judul-judul lagunya dimasukkan dalam jenis musik jazz dan blues standard, sama halnya dengan musik klasik dengan perasaan smooth jazz di dalamnya.

Hasilnya adalah musik yang mudah didengar dalam album CD jazz/blues yang pertama, “I Remember You”. CD Dan yang berikutnya akan memasukkan permainan jari-jarinya dengan gayanya yang unik dalam komposisi gitarnya dimana merupakan jenis musik fusion dengan berbagai style yang berbeda dan cenderung menghasilkan beat.

Saat ini, dia sedang menikmati permainan solo gitarnya dengan gaya permainan jari-jarinya yang unik di konser, bar, resepsi pernikahan atau pesta. Saat menyenangkan hati penontonnya, dia mengungkapkan ceritanya lewat suara dan perasaan bukan kata-kata.

Hari ini, pengaruh besar dan ajaran yang masih melekat yang dialami oleh Dan adalah dari pemain gitar terkenal, Joe Pass dan Gene Bertoncini. (*/Hermawan/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker