News

MULGREW MILLER – PIANIS DENGAN REKAMAN TERBANYAK



Mulgrew Miller lahir di Greenwood, Mississippi 13 Agustus 1955. Ia mulai memainkan nada-nada pada piano di usia enam tahun, belajar piano pada usia delapan dan mulai bermain musik bersama saudara laki-lakinya saat berusia sepuluh tahun.

Sebagai seorang remaja, ia tumbuh bersama berbagai jenis musik yang ada di kota kelahirannya : blues, musik country dan western, gospel, rhythm and blues serta musik Eropa klasik – meski demikian, Mulgrew baru tertarik untuk fokus pada musik setelah ia mendengar rekaman jazz Oscar Peterson.

“Saya sangat terpukau“, demikian dia mengingatnya. “Peristiwa tersebut benar-benar mengubah hidup saya. Sejak saya mendengar rekaman tersebut, saya tahu bahwa saya akan menjadi seorang pianis jazz“. Mulgrew memilih jalan hidup yang unik untuk menjadi seorang pianis jazz.

Sejak usia 15 tahun, ia mulai belajar dengan berfokus pada kemampuan/skill bermusik dari orang-orang di sekelilingnya ditambah kehidupan sehari-hari yang seimbang seperti rumah tangga yang stabil dan gaya hidup vegetarian. Ia juga bertemu teman sekaligus guru baginya seperti James Williams dan Donald Brown di Universitas Memphis State. Merekalah yang mengajarkannya untuk mendengar permainan musisi besar, seperti pemain saksofon Bill Easley (bersama Bill, Mulgrew membuat debut profesional pertamanya sebagai musisi). Pemain sideman Ray Charles, Rudolph Johnson memperkenalkan Mulgrew pada keyakinan timur. Pengaruh-pengaruh diatas dikombinasikan dengan ajaran-ajaran Martin Luther King Jr. dan ajaran pergerakan hak asasi sipil bersama pengalaman masa kecilnya di Mississippi telah membentuk Mulgrew, baik sebagai pribadi maupun seorang artis/musisi.

Ia memulai karir profesionalnya pada usia dua puluh bersama Duke Ellington Orchestra, yang dipimpin oleh almarhum Mercer Ellington pada akhir tahun 70an. Selama tahun-tahun ia bermain sebagai cadangan/pelengkap di orkestra tersebut, Mulgrew juga bekerja dalam kelompok Art Blakey’s Jazz Messenger (1983-1986), Woody Shaw’s Quintet (1981-1983) dan Betty Carter’s group (1980). Mulgrew juga adalah salah seorang pendiri dari Tony Williams’ Quintet (1986-1994).

Pengalaman bermusik bersama para musisi terkenal membuat Mulgrew segera menjadi matang sebagai seorang pianis yang paling dicari di New York. Tahun 1985, Miller membuat rekaman pertamanya sebagai pemimpin bagi perusahaan label lama Orrin Keepnew, yaitu Landmark. Album bertitel Keys to the City ini mendapatkan pujian dari kritikus jazz Scott Yanow.

Selama tahun sembilan puluhan, Mulgrew membangun karirnya sebagai pemimpin dari kelompok trio atau kuintetnya sendiri. Mereka membuat serangkaian album rekaman untuk RCA/Novus, antara lain Hand in Harnd (1992), With Our Own Eyes (1994) dan Getting To Know You(1995).

Di tahun 1995, Mulgrew melakukan tur ke Eropa dan Amerika Serikat bersama rekannya, pianis Kenny Baron. Mulgrew juga tampil bersama berbagai kelompok musik bintang, seperti The New York Giants, One Hundred Golden Fingers atau dalam edisi tahunan Jam Session-Jazz di Philharmonic Today.

Mulgrew juga membuat rekaman bersama berbagai musisi Jazz terkenal, mulai dari Joe Lovano sampai Nicholas Payton. Kenyataannya, dengan lebih dari 400 rekaman yang telah ia buat, Mulgrew menjadi salah seorang pianis rekaman terbanyak saat ini – ia hanya kalah oleh Kenny Baron. “The Sequel” yang dirilis tahun 2002 – dalam MaxJazz, menampilkan permainan Mulgrew bersama beberapa teman lamanya dalam bermusik, seperti Steve Nelson dan Steve Wilson – mereka memainkan dengan sempurna komposisi-komposisi orisinil dan lagu-lagu standar.

Sejak tahun 1999, Mulgrew bekerja sama bersama pemain bass ternama, Niels-Henning Ørsted Pedersen : bersama-sama mereka telah membuat rekaman CD yang indah untuk Bang & Olufsen dengan menampilkan komposisi-komposisi dari Duke Ellington dan Jimmy Blanton. Duet Mulgrew-Pedersen menjadi sebuah trio di tahun 2000 dengan bergabungnya Alvin Queen, seorang pemain drum yang energik.

Baru-baru ini, ia merilis album berjudul Live at Yoshi’s Volume One dibawah label MaxJazz. Turut membantu album ini Derrick Hodge (Bass) dan Karriem Riggins (drums). Belum jelas kapan Volume Two-nya akan dirilis.

Sebagai seorang komposer, Mulgrew telah tumbuh dari seorang musisi yang banyak dipengaruhi oleh permainan McCoy Tyner dan Wynton Kelly menjadi seorang musisi sejati yang besar, emosional dan kreatif. (*/Lalo Siahaan/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker