News

HEINZ GEISSER & GUERINO MAZZOLA



Formasi duet Geisser dan Mazzola ini cukup unik, karena mereka bermain piano dan drum. Tidak ada bass, gitar, saxophone atau instrumen yang lain. Formasi duet tersebut sudah merupakan team work antara Geisser-Mazzola ini dan mereka berusaha memaksimalkan peran masing-masing dalam berimprovisasi pada tingkatan yang paling menantang. Ada sebuah hal yang menarik yaitu tekanan kreativitas antara teknik musik seni Eropa pada abad lalu dan spirit yang dibawa oleh saxophonis free jazz terkemuka Albert Ayler terutama dalam formasi quartetnya sehingga menghasilkan kompleksitas yang indah.

Dari sisi penampilan mereka sendiri sangat sensitive, cepat, urban, akurat, cerdas, dinamis namun juga masih menjaga keseimbangan. Mereka bisa beralih dengan lembut dari ektase permainan mereka yang longgar ke dalam format yang lebih terbatas. Majalah musik improvisasi Cadence Magazine menyebutnya seperti goresan lukisan Jackson Pollock.

Selain proyek duetnya, sejak 10 tahun yang lalu mereka telah banyak menghasilkan album free improvisasi dalam berbagai formasi. Antara lain mereka tampil bersama para pemain free jazz Amerika yang sedang naik daun Rob Brown, Mat Maneri, Scott Fields & Matt Turner. Keberlangsungan tersebut mereka kembangkan dan dapat didengar dalam album-album yang direkam di bawah label Silkheart Records, Music&Arts, Black Saint, Cadence Jazz Records, Creative Works dan Quixotic Records.

Kesemuanya ini mereka persembahkan demi improvisasi. Duo Geisser-Mazzola ini membuat dalam setiap penampilannya menjadi ajang petualangan musikal yang unik. Mereka mencoba untuk menemukan dan mendifinisikan kembali karya mereka dalam waktu yang bersamaan ketika mereka tampil. Sebagian besar komposisi karya mereka digubah dengan dasar spontanitas yang terletak pada kebebasan berekspresi dan keterkaitan musikal tingkat tinggi. “Hal tersebut untuk membuktikan bahwa musik mempunyai sebuah hubungan eksistensial terhadap waktu dan keabadian, sedangkan dengan berimprovisasi membuktikan dirinya sendiri menjadi sebuah desain model dalam berkreasi”, ujar Geisser.

***

Guerino Mazzola dilahirkan pada tahun 1947. Mulai belajar musik klasik sejak usia 6 tahun dan antara tahun 1961 dan 1964 dia masuk ke Zurich Jazz School. Cukup mengherankan juga pada waktu selanjutnya dia sempat mengambil Diploma dalam bidang matematika, teori fisika dan crystallography di Zurich University dan bahkan kemudian dia mengejar penelitian paska-doktoral di Universities of Paris dan Roma. Baru mulai dekade 1970an dia bermain piano musik jazz dan improvisasi. Dari pengalamannya tersebut dia mencoba untuk menemukan teori hubungan antara musik dan matematika. Dalam karya unggulannya “Akroasis – Beethoven’s Hammerklavier-Sonate in Drehung (fur Cecil Taylor)” telah menghubungkan dua puncak tradisi yang sepertinya tidak cocok. Selain berkarya dalam bidang musik, dia menulis 13 buku dalam bidang matematika, Topologi, brain-research dan musik komputer.

***

Heinz Geisser lahir 1961. pada awalnya dia belajar gitar klasik bersama Ermano Maggini dan perkusi klasik dengan Horst Hofmaan di Zurich Music Conservatory. Dalam usia 20an tahun dia berhasil mendapat penghargaan Diploma solois dalam gitar klasik. Bermain musik jazz ketika usia 16 tahun dan pertama kali terlibat dalam rekaman bersama saxophonis Urs Blochlinger pada tahun 1988. Namun sejak 1992 dia lebih berkonsentrasi bermain perkusi. Pernah tampil bersama Collective 4tet yang terdiri dari Mark Hennen, Jeff Hoyer dan William Parker ketika kunjungannya ke New York. Mereka sudah menghasilkan album “The Ropedancer”, “Orca” dan “Live at Crescent” di bawah label Leo. Kelompok tersebut berhasil mendapatkan banyak pujian dari para kritikus musik internasional. Geisser telah bermain dan rekaman bersama banyak musisi terkemuka dari Amerika, Asia dan Eropa termasuk sesi untuk Swiss National Radio dan BBC.

***

Adapun discography mereka:

  • ORBIT
    Rob Brown winds
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Music & Arts CD-1015
    1997

  • TONI‘S DELIGHT
    Live in Seoul
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Cadence Jazz Records CJR 1090
    1998

  • MAZE
    Matt Turner violoncello
    Scott Fields electric guitar
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion & valiha

    Quixotic Records 5002
    1999

  • HELIOPOLIS
    Mat Maneri violin, viola
    Scott Fields electric guitar
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Cadence Jazz Records CJR 1122
    2000

  • THE KNIT CONCERT
    Mat Maneri violin, viola
    Scott Fields electric guitar
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Liquid Audio Download
    October 1999

  • FOLIA—The UNAM Concert
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Silkheart Records SHCD 153
    2001

  • SOMEDAY
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    Silkheart Records SHCD 154
    2004

  • CHRONOTOMY
    Mat Maneri violin, viola
    Scott Fields electric guitar
    Guerino Mazzola grand piano
    Heinz Geisser percussion

    BlackSaint 120173-2
    2004

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker