News

GUERINO MAZZOLA – HEINZ GEISSER – FOLIA—The UNAM Concert


Silkheart Records SHCD 153

Komposisi:
1. The Man of The Sun 27:12
2. Sacrifice of The Dancer 25:27
3. Fiery Mirror 9:25

Musisi:
Guerino Mazzola: grand piano
Heinz Geisser: perkusi

“Folia: The UNAM Concert” adalah sebuah album musik improvisasi bebas (free improvisation) yang direkam ketika mereka mengadakan konsernya di komplek peninggalan suku Aztec Meksiko. Apa yang akan kita coba untuk didengarkan di sini adalah hasil dari penangkapan mereka atas kondisi, suasana dan lingkungan tertentu dengan sentuhan antara sejarah, mitos dan musik.

Kata “Folia” (kegilaan/trance) diambil dari sebuah tarian untuk memperingati kelahiran bayi di akhir abad ke-15. Di mana para penarinya bergandengan satu sama lain dan berpakaian sebagai seorang perempuan.

Pada umumnya penampilan gaya free improvisation merupakan karya yang dikreasi secara spontan. Energi, intuisi dan imaginasi yang dapat muncul dalam hitungan setiap saatnya, mereka dialogkan satu sama lain untuk membentuk sinergi yang membuka cakrawala cakupan musiknya.
Kedua musisi yang sudah sering bekerja sama sejak 1994 ini, sepakat untuk menggarap album spontanitas ini campuran antara kegilaan bermusik dan kendali. “The Man of The Sun” diisi dengan ektase permainan mereka yang dipertahankan secara berkelanjutan. Dengan dukungan dengan piano Boesendorfer, Mazzola memperlihatkan kemampuan berimprovisasinya secara detil dan presisi. Tidak diragukan pula peran ritmik pada tangan kirinya sangat kuat dan mudah terlacak di tengah-tengah riuhnya improvisasi dan gumpalan nada / cluster pada tangan kanannya yang bagaikan ombak lautan. Sebagai musisi, gaya permainan Mazzola yang erat akarnya di dalam tradisi musik Eropa dan piano jazz. Karya pentingnya muncul dalam albumnya yang berjudul “Akroasis” pada tahun 1980. Album itu bersisi dengan transformasi karya monumental Beethoven yang berjudul ‘Hammerklavier Sonata’ yang dipersembahkan untuk pelopor pianis free jazz legendaris, Cecil Taylor. Tidak diragukan pula, Mazzola sedikit banyak juga terpengaruh dari pianis eksentrik tersebut.

Ditambah lagi dengan permainan drum dari Geisser yang secara spesifik memainkan bass drum 18”, di mana sangat berperan untuk pengendalian semua proses yang berjalan melalui dentuman bass drum yang mantap. Selain itu, Geisser tampil dengan atraktif dan cemerlang. Dalam “Sacrifice of The Dancer” improvisasi yang mereka suguhkan tampil lebih terstruktur dan terkendali. Namun tetap dalam luapan intuisi mereka yang liar dan kreatif.

Tensi permainan mereda ketika dalam “Fiery Mirror”, meskipun tidak mengurangi intensitas dialog musikal mereka. Dengan mengetengahkan gabungan sinkopasi yang ketat antara piano dan drum, dengan beberapa efek-efek suara yang timbul dari keduanya, membuat kesan mereka tampil lebih dramatis. (*/Ceto Mundiarso/Agus/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker