FestivalNews

KONSER THE GEISSER-MAZZOLA DUO (BALI, JAKARTA, YOGYAKARTA)

International New Jazz from Switzerland – Live at the Temple 2004
KONSER THE GEISSER-MAZZOLA DUO

Bali – Jakarta – Yogyakarta (1 hingga 8 Oktober 2004)
Awal bulan Oktober 2004 mendatang, 3 kota di Indonesia kembali akan kedatangan musisi jazz internasional yang kali ini datang dari negeri penghasil Coklat, Swiss yaitu Heinz Geisser (drum/perkusi) dan Guerino Mazzola (piano).

Duo ini akan manggung di 3 kota yakni Denpasar Bali, (02/10) kemudian Jakarta (05/10) dan Prambanan Yogyakarta (8/10) yang kesemuanya tidak dipungut biaya alias GRATIS. Selain itu dalam lawatan tur mereka ke Indonesia ini, juga akan melakukan sejumlah workshop di kota-kota yang disebutkan diatas.

Selain Duo asal swiss, akan tampil dua kelompok Sono Seni Ensemble pimpinan I Wayan Sadra dari Solo dan Anane dari Yogyakarta. Kedua kelompok ini dipilih oleh Duo asal Swiss setelah mereka mendengarkan CD kedua kelompok ini. Duo juga merencanakan merekam penampilan mereka di Candi Prambanan ini.

PT. Berdikari Sari Utama Flour Mills (BSU) yang menjadi sponsor acara ini menggandeng WartaJazz.com, Kedutaan Swiss di Jakarta dan sejumlah partner lain seperti Zoom Resto & Lounge, Bali Jazz Forum, Majalah Gong, Koran Bernas dan Solopos, Farabi Music & ISI Yogya, Radio Trijaya, Cosmopolitan dan ER Radio FM Jakarta, Super Radio Bali, MTV Sky, Swaragama, Trijaya dan Geronimo Yogyakarta dalam penyelenggaraan konser di tiga kota ini.

***

Formasi duet Geisser dan Mazzola itu cukup unik, karena mereka bermain piano dan drum. Tidak ada bass, gitar, saxophone atau instrumen yang lain. Formasi duet tersebut sudah merupakan team work antara Geisser-Mazzola ini dan mereka berusaha memaksimalkan peran masing-masing dalam berimprovisasi pada tingkatan yang paling menantang. Ada sebuah hal yang menarik yaitu tekanan kreativitas antara teknik musik seni Eropa pada abad lalu dan spirit yang dibawa oleh saxophonis free jazz terkemuka Albert Ayler terutama dalam formasi quartetnya sehingga menghasilkan kompleksitas yang indah.

Dari sisi penampilan mereka sendiri sangat sensitive, cepat, urban, akurat, cerdas, dinamis namun juga masih menjaga keseimbangan. Mereka bisa beralih dengan lembut dari ektase permainan mereka yang longgar ke dalam format yang lebih terbatas. Majalah musik improvisasi Cadence Magazine menyebutnya seperti goresan lukisan Jackson Pollock.

Duo Geisser-Mazzola ini membuat dalam setiap penampilannya menjadi ajang petualangan musikal yang unik. Mereka mencoba untuk menemukan dan mendifinisikan kembali karya mereka dalam waktu yang bersamaan ketika mereka tampil. Sebagian besar komposisi karya mereka digubah dengan dasar spontanitas yang terletak pada kebebasan berekspresi dan keterkaitan musikal tingkat tinggi. “Hal tersebut untuk membuktikan bahwa musik mempunyai sebuah hubungan eksistensial terhadap waktu dan keabadian, sedangkan dengan berimprovisasi membuktikan dirinya sendiri menjadi sebuah desain model dalam berkreasi”, ujar Geisser.

***

Untuk anda yang tertarik menonton acara ini, silakan mengisi form berikut dan mengirimkannya ke agus@wartajazz.net

Nama Lengkap:
Nomor HP:
Jumlah tiket yang diinginkan *:
Konser di **:
[  ] 2 Oktober 2004, Bali
[  ] 5 Oktober 2004, Jakarta
[  ] 8 Oktober 2004, Prambanan Yogyakarta

* masing-masing pendaftar maksimum 2 orang
** beri tanda X

atau dapat pula menghubungi alamat-alamat berikut ini :

HARI, TANGGAL PERTUNJUKAN PUKUL TEMPAT & RESERVASI
Sabtu,
2 Oktober 2004
SWISS FREE JAZZ DUO CONCERT 21.30 WITA Kafe Wayang
Komplek Pertokoan Sanur Raya No. 12
Denpasar – Bali

Free Admission, Undangan dan informasi hubungi Bali Jazz Forum dg Ayip
Jl. Imam Bonjol 467 Denpasar Bali 80119
Tel: 0361 481906

Selasa,
5 Oktober 2004
SWISS FREE JAZZ DUO CONCERT 20.30 WIB Zoom Resto & Lounge
Lt 28 Wisma Nusantara
Jl. MH. Thamrin – Jakarta Pusat
Free Admission, Undangan dan informasi hubungi WartaJazz.com
(021) 8310769 dg Andi/Darto
Jumat,
8 Oktober 2004
SWISS FREE JAZZ DUO LIVE AT THE TEMPLE 2004

featuring;
Sono Seni Ensemble (SOLO)
Anane (YOGYAKARTA)

19.00 WIB Ramayana Open Theatre
Prambanan Temple Yogyakarta
Free Admission, Undangan dan informasi hubungi WartaJazz.com
(0274) 512561 dg Niken/Ceto/Ajie


Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker