News

PENTAS JAZZ DESEMBER 2004: SPANYOL DAN ITALIA DI GEDUNG KESENIAN JAKARTA

Kelompok Caponata Argamacho Trio dari Spanyol dan Duo vocal-accordeon dengan menampilkan Anna Maria Castelli – Gianni Coscia dari Italia akan tampil dalam konser mereka di Gedung Kesenian Jakarta, tanggal 1 dan 9 Desember 2004 mendatang.

Kelompok pertama, Caponata Argamacho Trio dibentuk tahun 2000, sebuah grup dengan visi musikal yang sangat personal dan berbeda dengan lainnya, mengusung gaya kontemporer karena kekaguman personil pada jenis musik jazz, rock dan musik (etnik) dunia. Luasnya pengetahuan dan pengalaman bermusik para personil hingga menghasilkan warna suara yang menarik dan inovatif.

Mereka melakukan debut pada serangkaian seri konser di “IX Festival of Classical Music of
Seville” dan mendapat respon positif dari publik dan kritikus musik. Selanjutnya melakukan kolaborasi dengan beragam artis ternama Iberia, pianis flamenco David Pena Dorantes, basis Manolo Rosa dan gitaris Juan Antonio Suarez “Canito”. Kolaborasinya dengan gitaris flamenco melahirkan jenis musik yang disebut “Flamenco Chamber Music”. Selain itu, Caponata Argamacho bergabung dengan kelompok teater Titirimundi di Sevilla dan melakukan pertunjukan lebih dari 20 kali di seluruh negeri.

Yang menarik mereka tidak berpura-pura menciptakan sebuah fusi, tapi benar-benar menginfluence musiknya tersebut. Caponata Argamacho Trio berencana merilis album tahun 2005 mendatang dengan menyuguhkan komposis yang khususnya ditulis oleh beberapa nama tenar seperti Hermeto Pascoal dan Jovino Santos Neto.

Hermeto Pascoal malah sempat mengomentari kelompok ini dalam sebuah kesempatan, ” Your music is of great beauty and this one very well executed and there is very interesting the idea of mixing the music of Spanish roots with the classic and contemporary music, to mas ingredients reach to the music, more richness will contain, it is what I am called a universal music “.

Trio yang terdiri dari Nacho Gil (saxophone), Rafael F. Viedma (viola) dan Mangu Diaz (electric bass) ini akan menghibur publik jazz Indonesia pada hari Rabu 1 Desember 2004 mulai pukul 20.00 WIB dengan Harga tanda masuk sebesar Rp. Rp 50.000,- & Rp 40.000,

Acara ini merupakan kerjasama Gedung Kesenian Jakarta dengan Kedutaan Besar Spanyol di Jakarta.

***

Sementara pada hari Kamis tanggal 9 Desember 2004 akan tampil adalah duet Vocal-Accordion menampilkan Anna Maria Castelli (vokal) dan Gianni Coscia (accordeon) dalam sebuah konser bertajuk “Free Athmosphere”.

Anna Maria lahir di Milan dan pernah menetap lama di Swiss bersama orangtuanya. Karirnya sebagai penyanyi dimulai dari jazz dan beberapa tahun belakangan ini, ia telah berhasil menjadi salah satu penyanyi bersuara jazz terbaik di dunia. Anna Maria merupakan penyanyi jazz Italia satu-satunya yang pernah diundang pada Festival Montreux Jazz (Swiss). Saat ini, sangat sulit suaranya diklasifikasikan ke dalam suatu gaya tertentu karena Anna Maria memiliki repertoar sangat luas yang meliputi musik teater dan musik pop, dan ia dapat melakukan semua itu berkat bakat interpretatifnya serta kemampuan menyanyi dalam enam bahasa. Ia diberi kehormatan sebagai salah satu penyanyi musik kabaret terbaik di Eropa, pewaris penyanyi terkenal seperti Teresa Stratas, Ute Lemper dan Milva, sang primadona dari Italia. Bersama pianis Renato Sellani dan akordion Gianni Coscia tampil dalam beragam festival jazz di seluruh dunia.

Gianni Coscia memilih karir sebagai pemusik sejati. Cinta terhadap musik jazz membawanya
tampil bersama pemusik terkenal dari Italia dan Amerika. Perjalanannya sebagai pemusik jazz telah tampil dalam beragam festival dan rekaman dengan berbagai musisi.

Pertunjukan duet merupakan hasil kerjasama dengan Istituto Italiano di Cultura Jakarta – Kedutaan Besar Italia di Jakarta. Tiket pertunjukan sebesar Rp. Rp 50.000,- & Rp 40.000 dapat dibeli pada hari H atau memesan dengan menghubungi Gedung Kesenian Jakarta, Jalan Gedung Kesenian No.1, Jakarta 10710. Telp. (021) 3808283, 3441892 atau Fax. (021) 3810924 dan email gkj@pacific.net.id

Selain tampil di GKJ, duo ini juga akan tampil di Istituto Italiano di Cultura Jakarta tanggal 10 Desember 2004. Pertunjukan ditempat ini tidak dipungut biaya. Hubungi (021) 392-7531/32
Fax: (021) 310-1661 untuk informasi lebih lanjut.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker