FestivalJazz Goes to CampusNews

JAZZ COMPETITION SIAP DIGELAR DI PLAZA SEMANGGI

Seperti telah kami beritakan sebelumnya pada (26/10) lalu, acara tahunan Jazz Goes to Campus yang tahun ini memasuki penyelenggaraannya yang ke 27 juga akan diisi dengan kegiatan Jazz Competition.

Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari senin-selasa tanggal 13 dan 14 desember 2004, mulai pukul 14.00 wib hingga selesai bertempat di Cosmo Food Plaza, Plaza Semanggi lt.3. Bertindak selaku dewa juri antara lain Gilang Ramadhan, Idang Rasyidi, Ananda Mates.

3 pemenang kegiatan ini akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai, Rp 1.000.000,- (untuk jawara pertama), kemudian juara kedua dan ketiga masing-masing Rp 750.00,- dan Rp 500.00,-.

Adapun Ketentuan Jazz Competition sebagai berikut seperti yang disampaikan Dante – salah seorang panitia kepada redaksi WartaJazz.com :

  1. Peserta adalah mahasiswa / pelajar / umum dengan usia max 30thn
  2. Setiap band membawakan 2 buah lagu yang terdiri dari satu lagu wajib dan satu lagu bebas.
    • Lagu wajib (pilih);
      On the Green Dolphin Street – Ahmad Jamal
      Tenor Madness – Sony Rollins
    • Lagu bebas
      (apabila lagu bebas adalah lagu sendiri, maka peserta diharuskan membuat surat pernyataan dengan dibubuhi materai Rp 6.000,00 dan menyertakan lampiran partitur lagu tersebut)
  3. Waktu yang disediakan adalah 20 menit(plus check sound)
  4. Setiap band beranggotakan max 10 orang (pemain & kru band)
  5. Wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 125.000,00 (akomodasi ditanggung sendiri)
  6. Alat band disediakan panitia terdiri dari seperangkat alat musik (keyboard, bass, guitar, & drum) dan sound system.
  7. Wajib menghadiri Technical Meeting
  8. Aspek penjurian meliputi : Performance, Skill, Harmonisasi
  9. Formulir dikembalikan paling lambat Hari Jumat, 10 Desember 2004

Selain para dewan juri yang sudah dikenal luas, acara ini juga menampikan bintang tamu Proffesor Band, Khayangan yang merupakan mantan jawara kegiatan jazz competition beberapa tahun yang lalu.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Aryo 08129321151, Listya 08128037782 atau Ruang Senat Mahasiswa FEUI, Kampus Baru UI Depok 16424 Phone/Fax : (021) 7863279.

***

Sebelum kegiatan Jazz Competition ini, JGTC 2004 juga mengadakan kegiatan pertama yakni Jazz Workshop dengan sejumlah pengisi acara Margie Segers, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra dan Adi Dharmawan. Acara yang dihadiri sekitar 133 orang ini berlangsung meriah pada hari Kamis tanggal 7 Oktober 2004 kemarin.

Walau sempat molor karena urusan teknis, Dante – salah seorang panitia mengungkapkan bahwa acaranya berlangsung seru dan sukses. Pada sesi pertama para clinicians sharing dari pengalaman mereka, bagaimana saat mulai merintis, suka dukanya, jatuh bangunnya (karir mereka)….yang kemuditan dilanjutkan dengan sejarah Jazz dunia dan di Indonesia.

Selain sesi tanya jawab yang sangat antusias diikuti oleh peserta – dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul, panitia juga berinisiatif menyelenggarakan sejumlah games yang hadiahnya berupa tiket gratis JGTC & voucher dari Yamaha. Dan dipenghujung acara ada sesi terakhir yaitu Jam Session bersama clinicians kemudian NERA band tampil(Gilang Ramadhan dkk).

***

Jazz Goes to Campus 2004 yang mengambil tema Expressing the Inexpressible ini turut di dukung oleh WartaJazz.com, The Ultimate Source for Indonesian Jazz Lovers dan sponsor NOKIA, LEA Jeans, ExxonMobil, Yamaha.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker