News

RICO GARCIA – THE BEGINNING

Komposisi:
1. The Duke
2. Fallen Angel
3. Avatar
4. The Beginning
5. Above and Beyond
6. Manana
7. Winged warriors
8. Voodoo Highway
9. The sleeping Wonder
10. Awakening

Musisi :
Rico Garcia: perkusi, conga, timbale


Album dari seorang gitaris, pianis atau pemain saxophone sepertinya sudah lazim baik di genre musik apapun tapi, seberapa banyak album yang ditelurkan oleh seorang pemain perkusi?

Adalah Rico Garcia yang mempunyai bakat besar dalam musik, memainkan perkusi/conga/ timbale juga seorang penulis lagu yang handal. Semua lagu yang terekam dalam album “The Beginning” ini adalah karangan dari Rico sendiri dibantu oleh Phil Apponi dan diaransemen sendiri bahkan diproduksi sendiri. Elemen musik yang unik kental ada di dalam setiap lagunya.

Dimulai dari “The Duke” satu lagu yang dilead oleh gitar elektrik, permainan drum yang perkusif tak luput juga iringan perkusi, conga dan timbale Rico memberikan nuansa Latin. Fusion sudah tentu menjadi gayanya dengan dipengaruhi musik etnik latin.

“Fallen Angel” yang merupakan lagu selanjutnya lebih santai dan tempo lebih pelan, permainan Rico pada perkusi hampir tidak ketara karena tersamar oleh petikan gitar elektrik Allen Hinds tapi tetap indah karena melody tegas menetapkan lagu dalam jalurnya.

“The Beginning”, lagu yang sama dengan judul album seolah menggambarkan penciptaan dunia oleh Yang Kuasa, alunan gitar dan piano yang silih berganti sepertinya menyiratkan satu gambaran awal dunia yang mempu membawa imajinasi ke masa awal penciptaan.

Beat kembali terasa pada lagu “Voodoo Highway”, tempo yang lebih cepat dan permainan perkusi Rico sangat terasa, serasa mendengarkan Batuan Gamelan-nya Balawan yang dimainkan satu orang. Sebuah lagu yang agak berbeda adalah “The Sleeping Wonder” dengan durasi yang sangat singkat untuk sebuah lagu Jazz, hanya 1:58 menit saja, sepertinya memang diciptakan untuk menyambung dua lagu sebelum dan sesudahnya selayaknya sebuah intermezzo atau medley. Suasana New Age menghiasi sepanjang lagu, melankoli dan downbeat.

Suasana rock dapat didengarkan di lagu “Manana”, petikan gitar dengan sedikit gaya Hard Rock mengiringi lagu ini. Yang membuat tampilan lagu ini berubah adalah perkusi/timbale Rico yang memutar gaya rock kembali ke fusion.

Album ini bisa menjadi satu penghilang dahaga bagi penggemar Fusion dan Latin Jazz. Tidak hanya gaya permainan yang unik ditampilkan tapi melody dari gitar dan piano yang senantiasa menghiasi setiap lagunya meghantarkan satu alunan dan kenikmatan dalam meresapi satu karya Rico Garcia. <*/L3X/WartaJazz.com>

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker