NewsProfile

FILO MACHADO

Filo Machado saat tampil di Java Jazz Festival 2006 bersama Tetsuo Sakurai Brazillian Connection. Photo © Agus Setiawan B/WartaJazz.com

Filo Machado adalah seorang multi-instrumentalis berasal dari Brasil yang jazzy samba dan teknik vokal pyrotekniknya baru dikenal di Amerika Serikat hanya beberapa tahun lalu ketika albumnya “Cantando Um Samba” direlease oleh Malandro Records. Namun, sebetulnya artis yang mendapat julukan “Milton Nascimento yang jazzy” ini merupakan veteran yang sudah punya pengalaman lebih dari 40 tahun di dunia musik. Ketika berumur sepuluh tahun ia sudah mulai berkreasi di band dansa di tempat kelahirannya Ribeir?o Preto, Sao Paulo, Brasil

Setelah pindah ke ibukota Sao Paulo pada tahun 1971 dan memulai karirnya sebagai pemain gitar, pemain piano, dan pengarang lagu untuk beberapa nama terkenal seperti, Rosinha de Valenca, Simone dan Djavan, di Brasil ia sempat juga tampil dengan penyanyi jazz Amerika Jon Hendricks, dan penyanyi Brasil yang terkenal Flora Purim. Pada tahun 1986 Filo melakukan serangkaian konser di Amerika Serikat, dan pada tahun 1989 bekerjasama dengan konduktor terkenal Perancis Paul Mauriat dan tampil bersama komposer legendaris Michel Legrand yang terkenal dengan ciptaannya “Summer Of ‘42” di Perancis.

Pada tahun 1991, ia juga tampil dalam sebuah festival gitar di Perancis yang juga menampilkan Larry Coryell, John McLaughlin Trio dan Christian Escoude Trio. Di Festival Jazz Cannes tahun 1994, ia tampil di panggung yang juga menampilkan Ray Charles, Nina Simone, Michel Legrand, Al Jarreau, Arturo Sandoval dan Diana Ross. Beberapa CD albumnya kemudian yang dibuatnya dalam kurun waktu tahun 1990an juga berkolaborasi dengan Michel Legrand, dan saxophonist Jane Bunnet dari Kanada.

Pada tahun 2000, albumnya “Cantando Um Samba” yang direlease di Amerika Serikat, Eropa, dan Asia dinominasikan untuk sebuah Grammy Award untuk kategori Latin Jazz. Pada tahun berikutnya ia tampil di Carnegie Hall pada suatu pentas yang juga menampilkan artis-artis Brasil terkenal lainnya seperti Gal Costa, Dori Caymmi, Cesar Camargo Mariano, Romero Lubambo, penyanyi jazz Amerika Jane Monheit, dan virtuoso harmonika Toots Thielemans.

Ia merekam album “Porto Seguro” pada tahun 2002, album “F to G” pada tahun 2003, dan pada tahun 2004 ia merekam album “Jazz de Senzala” bersama gitaris Brasil terkenal yang pernah datang ke Indonesia pada tahun 2004, Toninho Horta.

Kontributor: Iman B. Santoso

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker