News

‘THE JAZZY GIRL’ NUNUNG WARDIMAN TUTUP USIA

Dunia musik Indonesia khususnya di genre Jazz kembali kehilangan salah satu putri terbaiknya. Adalah Nunung Wardiman, The Jazzy Girl yang berpulang keharibaanNYA pada hari Rabu, 27 April 2006 kemarin. Mbak Nunung, demikian ia akrab disapa, menderita kanker payudara stadium 4. yang telah dideritanya selama kurang lebih 1.5 tahun belakangan ini.

Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Wisma Tajur No 28 (depan Kompleks Sekeg Tajur Ciledug) Telepon (021) 73450963. Rencananya akan dimakamkan pada hari ini sebelum pukul 12 di pemakaman TPU Akasia Ciledug.

***

Nunung Wardiman lahir 1 Juli 1960. Karir Nunung Wardiman mencuat bersamaan dengan dirilisnya 2 seri album Nada & Improvisasi di tahun 1981. Nunung melantunkan beberapa lagu di album yang digarap oleh Christ Kayhatu (almarhum), Karim Suweleh, Yopie Item, Joko, Embong Rahardjo (almarhum), Yance Manusama dan juga melibatkan vokalis Jackie ini.

Adalah ‘Rainbow’, lagu dari Lee Ritenour & Dave Grusin yg dilantukan Nunung dalam versi lirik Indonesia, ‘Pelangi’, yang kemudian menjadi salah satu hits dari album tersebut (selain ‘Mungkinkah’-Jackie & ‘Kau’- Christ Kayhatu).

Masih bersama kelompok rhythm terbaik ibukota dekade 80an itu, Nunung merilis sebuah album solo bernuansa light pop jazz. Judul album itu, The Jazzy Girl, kemudian menjadi julukan Nunung di kancah panggung jazz Indonesia.

Warna vokal Nunung yg unik; ia bernyanyi dengan timbre suara yang berat dan tekstur vocal serak nan erotik, dapat juga kita temui terdokumentasi di beberapa album lainnya; antara lain Nunung menginterprestasi ulang lagu-lalgu pop 70-an bersama Maxie Mamirie, album popnya bersama Raidy Noor, Herman Gelly, Uce Hariono & Dorie Kalmas yang menampilkan hit ‘Duniaku Tersenyum’ serta sebuah split album pop jazz bersama Rien Djamain dengan musik ramuan oleh Benny Likumahuwa.

Perjalanan karir Nunung Wardiman akan lebih panjang bila kita menulusurinya dari panggung-panggung dimana almarhum pernah bernyanyi diatasnya.

Rekaman lintas negara vokalis ini adalah saat Nunung berkolaborasi dgn Jeremy Monterio Trio. Bersama Jeremy Monterio, Brian Page Benson & Tamagoh, Ia melantunkan dua lagu standar; Blue Moon & Sentimental Journey di album yg rekamannya dilakukan di Singapura itu.

Daftar itu pastinya akan menunjukan bahwa jazz Indonesia tlh ditinggal oleh seorang pelakon utamanya. Selamat jalan Jazzy Girl.

Related Articles

2 Comments

  1. saya turut berduka cita atas meninggalnya Mbak Nunung Wardiman semoga diterima amal baiknya selama di dunia, Iya sehubungan dengan kecintaan saya dengan warna khas Mbak Nunung saya berharap andai kata ada albun albun Mbak nunung saya mohon diberi informasi atau kalau tidak saya bisa dapatkan CD nya, sehingga saya dapat menikmatinya kembali alunan yang sekian tahun saya cari di Yogya blom pernah ketemu single sound nya mbak Nunung Mohon para penggemar Jazz Nunung saya minta dan andaikata ada billing saya mau trimakasi atas bantuuannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker