News

C.TWOSIX JAZZ COMMUNITY DUKUNG JAZZ TO CAMPUS

Pertunjukan musik jazz di Surabaya memang sangat jarang sekali, namun aroma jazz masih ada. Ini terbukti dengan adanya kelompok-kelompok musik jazz lokal yang main di kafe-kafe secara reguler. Bahkan beberapa waktu lalu C.TwoSix Jazz Community yang didukung salah satu produk rokok terkenal mengelar pagelaran jazz dikampus-kampus. Acara semacam tour kecil ini memang sengaja diadakan agar musik jazz dimata masyarakat atau kaum muda tidak menjadi seperti barang yang mewah. “Selama ini banyak yang mengatakan kalau musik jazz adalah musiknya kaum berduit, image seperti itu seharusnya kita rubah”, jelas Cak Rudi pentolan dari C.TwoSix.

Di acara Groove music on campus (yang merupakan rangkaian Jazz to Campus)  kemarin banyak para jazzer mudah yang unjuk gigi. Mulai dari aliran mainstream, acid sampai  clasic jazz bisa dimainkan. Yang luar biasa diacara Groove music on Campus kemarin adalah penampilan Bagus pemain keyboard, salah satu personil dari home band C.TwoSix. Anak didik dari maestro jazz Indonesia Boby Chen ini tidak jauh beda permainannya dari sang-guru. Selain permainan keyboard yang sangat luar biasa dia juga bisa memainkan saksofon. Musisi muda yang baru berusia 20-an ini memang luar biasa,meskipun (maaf) penglihatannya tidak sempurna ini merupakan aset jazz sekaligus musisi jazz masa depan yang muncul dari kota Surabaya. Acara yang diadakan di Lima kampus terkenal di surabaya itu mendapat respon yang luar biasa dari anak muda, itu menandakan bahwa musik jazz bisa dinikmati oleh semua kalangan.“Mahasiswa-mahasiswa ternyata sangat antusias. Dan kita usahakan agar mereka tetap mencintai jazz. Jangan sampai mereka lepas “tambah cak Rusdi .Antusiasme anggota komunitas, ditambah kalangan ‘peninjau’ seperti mahasiswa jelas sebuah fenomena yang layak dirawat. Tidak mudah memang untuk membuat mereka bisa bermain musik jazz, paling tidak mereka bisa sebagai penikmat dulu, dari situ mungkin mereka ada ketertarikan untuk  belajar”jelas Cak Rudi.

Kegiatan C.TwoSix sendiri selain mengadakan acara  seperti Groove music on campus juga aktif tampil di café-café di Surabaya. Sosialisasi dengan bermain di café-café bagi C.TwoSix bertujuan untuk memunculkan jazzer-jazzer baru. Pemain jazz akan mengalami regenerasi dan tumbuh, berkembang sesuai waktu. Rencananya C.TwoSix and partner akan mengadakan acara “Surabaya Jazz Party”, tapi itu masih dalam penggodokan. “Kita masih mencari tempat dan masih mengkonsep acaranya” Jelas cak Rudi”. Yang jelas acara Surabaya Jazz Party ini tidak sama seperti Java Jazz Fesival, atau Bali Jazz Festival. “Kita bermain yang lokal dulu lah tetapi itu tidak menutup kemungkinan, nanti akan mendatngkan musisi jazz bintang”. Surabaya tidak akan kehabisan pemain jazz kalau sosialisasi acara-acara semacam ini terus diadakan.

Related Articles

3 Comments

  1. Ironi memang surabaya banyak melahirkan musisi jazz berkelas, tapi geliatnya masih kala jauh dari bandung & jakarta. 20 tahunan yang lalu surabaya pernah punya ajang “Filtra Sunday” & “Sunday Jazz Festival”, pertunjukan musik jazz yang murah tapi tidak meninggalkan kualitas, bahkan musisi sekelas Buby Chen & Indra Lesmana pernah hadir saat itu. Saya akan sangat-sangat senang dan berterima kasih jika “Surabaya Jazz Party” benar-benar bisa diwujudkan, mungkin untuk permulaan cukup hadirkan musisi-musisi Indonesia, dari berbagai aliran, Fusion, Acid sampai Bebop kalau bisa. Kalau saya boleh usul namakan aja “SURABAYA JAZZ CARNIVAL”. Terima kasih. BE ON TIME LISTEN TO JAZZ

  2. aq suka banget yang namanya musik jazz tapi sayang kenapa ya jarang sekali diadakan di surabaya? padahal anak muda di surabaya banyak banget yang suka dengan musik ini
    tahun kemarin misalnya Vista Sidewalk cafe mengadakan pagelaran musik jazz dengan penonton yang cukup banyak/. waktu jadwal Tompi tampil di Vista Sidewalk Cafe mengalami hujan deras tapi penggemar musik jazz masih setia melihat penampilan Tompi saat itu bayangkan banyak anak mudanya lho! tapi kenapa tahun ini Surabaya tdk ada event musik jazz lagi . Aq harap C Two Six Surabaya bisa mewujudkannya aq mau berpartisipasi jika event yang berkaitan dgn musik jazz ini diselenggarakan.
    Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker