News

STALKER – C.I.D


Rawfish Records

Komposisi:
1. Cid
2. Half Moon Street
3. The Secret Pearl
4. India Scarlett Rose
5. Love For Sale
6. Snakes and Ladders
7. Lighthouse
8. Top Hat and Tails
9. The 88th Sense
10. My Favorite Things
11. You Cant Castle in Check
12. Shooting Stars

Musisi :
Saleem Quereshi:
Alto Saxophone
Vinne Parker: Piano
Rikki Borkum: Double Bass
Jed Hone: Cornet

Adalah Saleem Quereshi, pendiri dan mantan band The Cavemen yang hengkang karena kurangnya ambisi dalam band tersebut memaksanya mencari jalan untuk menuangkan aspirasi musiknya dengan bersolo yang pada akhirnya membuahkan hasil sebuah band bernama Stalker.

Album CID ini diilhami atas penderitaannya mendekam dibalik kerangkeng besi atas tuduhan pelecehan terhadap mantan kekasih. Selama 5 tahun tidak dilewatkan sia-sia didalam bui, 10 lagu tercipta di album ini dan diaransemen bersama dengan band. Kematangan dalam bermusik terlihat pada lagu yang tercipta dengan ketenangan emosional dan impresif dalam karyanya.

Satu judul yang cukup menarik, cukup easy listening dibanding komposisi lain adalah “Half Moon Street” dimana Quereshi membawakan intro dengan santai dan melodius kemudian dibawanya dalam suasana groovy seperti mengetengahkan cerita malam tenang bermandikan cahaya bulan yang dilanjutkan dengan keceriaan dan canda tawa. Simak saja permainan masing-masing personil yang turut menyempurnakan alur lagu dengan feel yang mantap bukan dengan adu skill bersahut-sahutan.

Beberapa lagu didalam album ini tersusun dengan gaya kontemporer, expresif dalam masing-masing instrument. Masing-masing personil mengambil peran dengan mengungkapkan cita musik dan menjadikannya satu lagu yang progresif, kontemporer dan sedikit mainstream yang tertuang dalam “India Scarlet Rose”. “Favourit Things” dan “You Can’t Castle In Check”.

Quereshi sebagai lead man di Stalker memamerkan kepiawaiannya dalam meniup Sax Alto baik solo maupun improvisasi dalam satu lagu, namun semuanya tidak akan menjadi satu lagu harmonis tanpa dukungan Vinne Parker di Piano, Rikki Borkum pada Double Bass juga Jed Hone pada Cornet yang saling mengisi pada lagu “Snakes & Ladder”, saling berduet seakan bermain ular tangga bersama atau berbicara dalam nada dalam obrolan santai.

Beberapa situs menamakan jazz ini dengan Jailhouse Jazz karena sejarah Quereshi yang pernah mendekam di penjara. Mengenai kisah dibalik bui, Quereshi berkomentar ” t was a legal and emotional nightmare,” says Sam, “I knew I was innocent, but it took five-years of my life. It could have destroyed me as a man and a musician. Yet it only made me stronger, and out of the experience came these songs…..the best I’ve ever written.” (*/L3X/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker