News

JAZZAHEAD! 2006, AJANG JUALAN MUSISI JERMAN

Jazzahead 2006. Tempat berkumpulnya musisi, management dan pencari talent.
Jazzahead 2006. Tempat berkumpulnya musisi, management dan pencari talent.

Pada tanggal 23-26 Maret 2006 yang lalu, berlangsung sebuah konferensi bernama JazzAhead!, bertempat di gedung Congress Centrum kota Bremen Jerman. Tercatat 3,524 audiense hadir dalam acara ini.

JazzAhead! yang baru pertama kali diselenggarakan ini mempertemukan seluruh aspek yang terlibat dalam produksi dan distribusi musik jazz dalam beragam bentuk seperti para musisi, produser, jurnalis dari beragam media, agency, asosiasi, pusat pelatihan maupun masyarakat umum yang tertarik” ujar Professor Ulrich Beckerhoff, yang bertindak selaku artistic director dari jazzahead!. “Sekitar 51 orang yang hadir“, tambahnya.

Berusaha menjadi yang unik di eropa, jazzahead! terdiri dari 5 modul kegiatan. Pertama tampilnya 29 bands dalam seksi Festival, enam panel diksusi di dalam Konferensi, lalu Management Symposium brought, Exhibition dan spesial kegiatan untuk Asoasiasi.

Pada saat yang bersamaan, tercetus ide membuat German Jazz Meeting sebagai sarana memperkenalkan musisi jazz jerman kepasar International dalam sebuah kegiatan yang komprehensif. Disponsori oleh Federal Cultural Foundation [Kulturstiftung des Bundes] dan Goethe Institute, German Jazz Meeting menghadirkan 14 kelompok terpilih untuk tampil dihadapan agen konser internasional, direktur festival maupun produser musik.

Dalam konferensinya sendiri, para musisi muda akan mendapat dukungan dalam hal mengembangkan karir mereka. Demikian ujar Lisa Bassenge, yang menjadi pembicara untuk topik “Young Lions – Successful Musicians Report”. Lisa juga ambil bagian dalam German Jazz Meeting.

“Management meets jazz meets science”, adalah motto dari Management Symposium sesi lain dari konferensi ini. Kegiatan ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Wilhelm Friedmann. Para pesertanya diberikan trik bagaimana kebebasan dan improvisasi dalam jazz, dalam hubungannya dengan kegiatan dan struktur dalam management perusahaan belakangan ini.

Tentu saja, sebagaimana kebanyakan konferensi, ada pameran pula di JazzAhead! ini. Bagaimana jazz masuk ke Jerman mulai dari tahun 20an kemudian dilarang selama perang, bergerak ke tahun 60an dan kemudian berkembang hingga tahun 2006 dimana nama seperti Albert Mangelsdorff, Peter Brötzmann dan Till Brönner masuk ke jajaran musisi top jazz internasional.

Panitia juga menyelenggarakan evening concerts yang menampilkan artis kenamaan seperti gitaris John Scofield, penyanyi Maria Jo?o, dan NDR Big Band dibawah pimpinan konduktor Colin Towns.

Kegiatan konferensi ini diselenggarakan oleh MGH Messe- und Ausstellungsgesellschaft Hansa GmbH. Jazzahead! 2007 akan kembali hadir, namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanggal pasti kegiatan ini.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker