News

“BANDUNG JAZZ DEPOT II” SIAP DIGELAR KEMBALI

Meneruskan kerjasama KlabJazz dengan Rumah Musik Harry Roesli dan Harry Roesli Foundation, setelah menyelenggarakan JAZZ DEPOT I, “ririungan” pemusik jazz muda kota Bandung di Rumah Musik Harry Roesli , di Jl. Supratman no. 57, Bandung, pada tanggal 26 Februari yang lalu. Klab Jazz berniat meneruskan tradisi penampilan kelompok musik jazz di Rumah Musik Harry Roesli dengan JAZZ DEPOT II.

Setelah pada penyelenggaraan pertama kami menampilkan 12 kelompok musik jazz muda kota Bandung. Pada kesempatan ini akan hadir pianis-pianis senior seperti Imam Pras dan Bambang Nugroho, dan beberapa kelompok jazz muda pendatang baru. Imam Pras akan hadir di belakang akustik piano mengiringi vokalis Aldhiella dan Tiwi Shakuhachi dalam sebuah “Tribute” dengan membawakan karya-karya almarhum Harry Roesli, tentunya dengan aransemen jazz Imam Pras. Sementara Bambang Nugroho “The Missing Legend” akan tampil bersama kelompok Fantastic Four dengan “pegangan” barunya, yaitu saxopon tenor, walau dalam beberapa lagu ia tetap akan memainkan akustik piano.

Juga akan tampil di antaranya sebuah kelompok yang mayoritas pemusiknya menyandang cacad penglihatan, 9 Tone. Kelompok “light fusion” Sekapur Sirih, yang juga akan didukung oleh Mas Imam Pras pada piano. Baraya, sebuah kelompok non-jazz beraliran “techno-Sunda” akan turut meramaikan Jazz Depot II ini.

Sejumlah performer yang menyatakan siap untuk tampil pada program “BANDUNG JAZZ DEPOT II”, antara lain IMAM PRAS featuring ALDHIELLA & TIWI SHAKUHACHI, FANTASTIC FOUR featuring BAMBANG NUGROHO, GORGA TRIO, 9 TONE, BARAYA (techno Sunda) &
BROTHER’S BEAT (+ d.j.).

Menurut rencana program “BANDUNG JAZZ DEPOT II akan diselenggarakan pada Hari Minggu, 30 April 2006 di Rumah Musik Harry Roesli, Jl. Supratman no. 57, Bandung. Acara berlangsung dari pukul 18.30 hingga selesai dan Gratis/Tidak Dipungut Bayaran.

***

Kata “Depot” diambil dari nama Depot Kreasi Seni Bandung (DKSB), sebuah nama lembaga non pemerintah yang diprakarsai oleh alm. Harry Roesli di pertengahan tahun 70-an, sebagai lembaga yang mewadahi kegiatan berkesenian kaula muda kota Bandung di bawah bimbingan alm. Harry Roesli.

Direncanakan ini merupakan kelanjutan dari kerjasama panjang KlabJazz dengan Rumah Musik Harry Roesli dalam menampilkan musik jazz di lingkungan Rumah Musik Harry Roesli, dan akan diselenggarakan secara berkala.

***

KlabJazz adalah sebuah perkumpulan/klab yang berkecimpung dalam usaha memasyarakatkan musik jazz melalui beragam kegiatan, di antaranya; Pertemuan Mingguan setiap hari Minggu sore untuk apresiasi musik jazz, yang hingga saat ini telah diisi dengan pemutaran video-video jazz, diskusi musik jazz, serta penyelenggaraan berbagai pertunjukan musik jazz.

Serta penyelenggaraan pertunjukan musik jazz berkala yang sifatnya apresiatif, baik yang diselenggarakan sendiri, maupun bekerjasama dengan para mitra. Dari penyelenggaraan ini diharapkan banyak melahirkan bibit-bibit muda yang tampil, sekaligus memberikan suntikan motivasi bagi para musisi jazz yang tergolong senior untuk terus berkiprah di musik jazz.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker