News

FOURPLAY DAN YELLOWJACKETS SIAP HIBUR ’JAZZ LOVERS ’ DI INDONESIA!

Setelah di awal tahun 2006 Dji Sam Soe Super Premium Jazz telah sukses menggelar konser grup jazz international, Earth Wind & Fire featuring Al McKay All Stars di 6 kota besar di Indonesia, kembali Dji Sam Soe Super Premium membawa kabar gembira bagi Jazz Community di Tanah Air. Dalam agenda kegiatan musik internasionalnya di tahun 2006 ini, Dji Sam Soe Super Premium dengan masih menggandeng promotor ternama, Buena Productions akan menghadirkan dua grup Jazz dunia Fourplay dan Yellowjackets untuk konser ke empat kota besar di Indonesia: Surabaya (13 Agustus), Jakarta (14 Agustus), Bandung (15 Agustus) dan Medan (16 Agustus).

Tentunya kedua grup Jazz dunia yang tengah menjalani tour ke negara-negara Asia termasuk Indonesia ini menyatakan telah siap untuk menghibur Jazz Lovers Indonesia dan dipastikan konser mereka nanti akan menjadi salah satu gelaran konser musik Jazz yang sangat penting dan ditunggu-tunggu oleh Jazz Lovers terutama penggemar setia Fourplay dan Yellowjackets.

Di Jakarta nanti, konser grup Jazz Fourplay dan Yellowjackets ini akan bertempat di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta yang juga akan dimeriahkan oleh penampilan musisi Jazz Indonesia antara lain grup musik yang tengah digandrungi Maliq n D’Essentials, Syaharani dan Tompi.

Pihak Dji Sam Soe Super Premium melalui Brand Manager Dji Sam Soe, Veronica Risariyana, sangat antusias menyampaikan kabar gembira ini bagi Jazz Lover di Indonesia. Seperti yang diungkapkannya, “Dji Sam Soe Super Premium sangat bangga dapat kembali menghadirkan konser musik Jazz berskala internasional bagi Jazz Lover di Indonesia. Kehadiran Fourplay dan Yellowjackets ini tentunya sudah dinantikan oleh penggemar setianya. Walaupun tidak mengusung jenis musik Jazz mainstream namun karya musik kedua grup Jazz dunia ini sudah cukup dikenal di telinga Jazz Lovers di Indonesia, terutama bila melihat para personil Fourplay dan Yellowjackets yang telah malang melintang dalam industri musik Jazz dunia”.

Veronica Risariyana masih menambahkan, “Kehadiran dua grup musik Jazz dunia Fourplay dan Yellowjacket juga diharapkan dapat menjadi referensi berharga bagi musisi-musisi Jazz Indonesia untuk menimba ilmu. Dan dapat kami sampaikan pula bahwa penyelenggaraan konser dua grup musik Jazz ini merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi Dji Sam Soe Super Premium untuk menyuguhkan pertunjukan musik Jazz yang eksklusif, berkelas dan berkualitas bagi Jazz Lovers di Indonesia. Terutama bila melihat karakter kedua grup Jazz ini yang memiliki kualitas musikalitas yang bagus dan didukung oleh para piawai-piawai Jazz. Melalui Dji Sam Soe Super Premium Jazz ini pula, kami selalu menghadirkan musisi-musisi Jazz dunia ternama yang sesuai dengan citra Dji Sam Soe Super Premium”.

Fourplay merupakan grup Jazz kuartet beraliran Smooth Jazz berasal dari Amerika Serikat beranggotakan empat musisi handal dan berpengalaman yaitu Bob James (piano/keyboard), Nathan East (bass), Larry Carlton (gitar) dan Harvey Mason (drum). Dalam bermusik, Fourplay seringkali mengusung jenis musik Jazz yang dicampur dengan unsur/jenis musik lain seperti r &b, pop, blues dan klasik. Maka tidak mengherankan jika mereka disebut sebagai Supergroup jazz. Sejak pertama kali membentuk formasi grup, Fourplay pun telah banyak bekerjasama dengan berbagai musisi-musisi kenamaan seperti El Debarge, Chaka Kan, Phil Collins dan masih banyak lainnya.

Tanggal 8 Agustus 2006 ini, Fourplay akan meluncurkan album terbaru mereka berjudul ‘Fourplay X’ yang berisi sembilan lagu dengan single-single yang dihandalkan antara lain: Turnabout, Eastern Sky, My Love’s Leavin’, Twilight Touch dan Be My Lover. Dan dalam rangka memperkenalkan album terbarunya ini, Fourplay telah dan akan melakukan serangkaian promo tour yang ketat di beberapa negara di dunia termasuk Asia antara lain: Jepang (22-23 Juli lalu), Korea Selatan (7 Agustus), Hongkong (9 Agustus), Taiwan (11 Agustus), Indonesia (13-14 Agustus) dan Malaysia (16 Agustus).

Dengan diluncurkannya album Fourplay X ini melengkapi daftar album Fourplay yang hingga saat ini telah terkumpul sebanyak 10 album yaitu:

  1. Fourplay (tahun 1991) – merupakan album pertama Fourplay yang berisi 11 lagu ini diluncurkan pada tahun 1991 dengan formasi lama Bob James (piano/keyboard), Lee Ritenour (gitar), Nathan East (bas) dan Harvey Mason (drum)
  2. Between the Sheets (tahun 1993) – berisi 11 lagu dengan masih formasi lama
  3. Elixir (tahun 1994) – berisi 11 lagu dengan masih formasi lama
  4. Best of Fourplay (tahun 1997) – merupakan album kompilasi pertama Fourplay yang berisi 12 lagu yang diambil dari tiga album sebelumnya
  5. 4 (tahun 1998) – pada album ini gitaris Larry Carlton bergabung dengan Fourplay dan menggantikan posisi Lee Ritenour. Di album ini beberapa musisi dunia seperti El Debarge, Baby Face, Edmonds, Shanice dan Kevin Lettau turut meramaikan.
  6. Snowbound (tahun 1999) – merupakan album Christmas pertama Fourplay yang menampilkan lagu-lagu tradicional dan kontemporer lagu-lagu Christmas.
  7. Yes Please (tahun 2000) – merupakan album yang berisikan lagu-lagu dengan jenis musik yang berbeda seperti midtempo fusion, sentuhan musik blues, dll
  8. Heartfelt (tahun 2002) – berisi 12 lagu antara lainTally Ho dan Heartfelt yang sama seperti judul album Fourplay
  9. Journey (tahun 2004) – berisi 10 lagu antara lain Play Around It, Journey

Sementara grup Jazz Yellowjacket yang pertama kali didirikan tahun 1977 dengan formasi lama yang terdiri dari musisi-musisi veteran yaitu Gitaris Robben Ford, Russel Ferrante (keyboard), Jimmy Haslip (bass) dan Ricky Lawson (drum). Di tahun 1977 ini, Yellowjackets meluncurkan album perdana mereka berjudul The Incide Story yang lebih mengarah ke instrumen ini membuat gelombang serius pada radio Jazz dan mendapat berbagai sambutan publik.

Yellowjackets kemudian merubah formasi mereka dengan bergabungnya pemain perkusi Paulinho Da Costa dan saksofonis, Marc Russo dimana mereka mengikuti Playboy Jazz Festival di tahun 1984. Melalui keikutsertaan Yellowjackets pada konser tersebut merupakan pembuka jalan bagi mereka untuk dikenal oleh kalangan Jazz dunia. Di tahun 1984 ini, Yellowjackets menelurkan album ketiganya yang berjudul Samurai Samba. Pada saat album berjudul Four Corners dikeluarkan, sang drumer Yellowjackets, Ricky Lawson meninggalkan Yellowjackets untuk mengikuti tur band Lionel Richie, yang kemudian posisinya digantikan oleh William Kennedy.

Pada awal tahun 2000, Yellowjackets kembali ditinggalkan drummernya dan kemudian mereka menggunakan Marcus Baylor dan Terri Lynn Carrington.

Album-album berikutnya yang telah diluncurkan oleh Yellowjackets antara lain:

  • Politics – terdengar merdu
  • The Spin – direkan di Oslo, Norwegia oleh ahli terkemuka Jan Eric Kongshaug
  • Greenhouse – menghantarkan Yellowjackets ke sebuah era baru. Pada saat ini Marc Russo yang bergabung sejak album Four Corners meninggalkan Yellowjackets
  • Wires – menggabungkan permainan mereka pada konser dengan Mintzer
  • Like a River – menggambarkan ketertarikan yang tajam pada Jazz akustik
  • Run for Your Live – menggambarkan ketertarikan yang tajam pada Jazz akustik
  • Dreamland – diluncurkan pada tahun 1995
  • Blue Hats – lebih spontan dari album sebelumnya, kaya musik dan menunjukkan bagaimana Yellowjackets telah berperan sejak album pertama mereka
  • Club Nocturne – album studio rekaman terakhir Yellowjackets yang menerima penghargaan untuk penampilanmenarik dengan menghadirkan vokalis tamu Kurt Elling, Jonathan Butler dan Brenda Russel

***

Tentang Dji Sam Soe:

Dji Sam Soe adalah produk sigaret kretek tangan dari PT HM Sampoerna Tbk. Dji Sam Soe pertama kali diproduksi pada tahun 1913 yang merupakan awal dari kiprah bisnis PT HM Sampoerna Tbk. di industri rokok. Dji Sam Soe berhasil menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Nama Dji Sam Soe sangat erat diasosiasikan dengan mutu tinggi yang terjaga dari generasi ke generasi dan dapat dinikmati oleh semua golongan perokok. Hal ini terbukti dengan diterimanya berbagai penghargaan, diantaranya Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) berturut-turut sejak tahun 2001 hingga 2005. Untuk mengembangkan kualitas produknya, Dji Sam Soe telah meluncurkan Dji Sam Soe Super Premium yang mempunyai karakter berkelas, menjunjung tradisi dan bercitra rasa tinggi pada tahun 2004. Pada tanggal 18 Agustus 2005, Dji Sam Soe meluncurkan Dji Sam Soe Super Premium Magnum Filter

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker