News

JACOPO JACOPETTI – JAY COPS


Blue Serge BLS-004

JACOPO JACOPETTI - JAY COPSKomposisi:
1. For Triglia
2. Vueltacamero
3. Children’s Play Song
4. Pusaccolo
5. Paris
6. Pamipso
7. La Ballata del gulo
8. Le rive rosse

Musisi :
Jacopo Jacopetti: tenor & soprano saxophone
David Boato: trombone
Sandro Gibellini : gitar
Franco Testa : kontrabass
Stefano Bagnoli : drums
Fausto Beccalossi: harmonika

Jacopetti pada awalnya tidak memainkan Jazz sebagai musik utamanya melainkan Progressif pada era 70-an. Seiring berangkatnya waktu menuju era yang lebih baru, Jacopetti mulai terjun ke dalam dunia penuh improvisasi. Dalam dunia musik, Jacopetti bukanlah orang baru, di Italia sendiri, tanah kelahirannya, Jacopetti telah berkolaborasi dengan banyak musisi seperti POP (Eros Ramazzotti, Fabio Concato Matia Bazaar, Ornella Vanoni, Aldo Tagliapietre), musisi besar Italia (David Roar, Franc Head, Sandro Gibellini dan Mauro Beggio) dan juga pernah bermain di Perancis bersama Dice Moroni, Jimmy Woodie and Alvin Queen. Jacopetti yang memainkan Sax Tenor dan Sopran dalam album kedua ini ditemani oleh David Boato, Sandro Gibellini, Franco Testa dan Stefano Bagnoli dalam format Quintet menghadirkan satu album yang bergaya swing/bop. “Children’s Play Song”, satu nomor yang sangat kaya dengan improvisasi, sangat lembut juga cocok untuk dibawakan dalam sebuah lounge karena gaya musik yang elegan. Tidak hanya nomor ini tapi keseluruhan album mencitrakan satu permainan apik penuh gaya. Inilah yang membuat Jacopetti sebagai salah satu musisi yang memiliki suara saxophone indah dalam dunia jazz Italia. Contoh keindahan permainan bisa disimak di nomor “Paris”, tiupan saxophone soprannya sangat mengagumkan, lembut tapi berenergi.

Walaupun beberapa tembang bercampur dengan gaya lain tapi konsistensi permainan tetap ada, dengarkan saja lagu “Pamipso” yang diperkaya dengan musik latin juga “La ballata del gufo” yang dari judul sudah bisa kita tebak bahwa ini bergaya ballad tapi permainannya tidak terkontaminasi, tetap elegan, mantap menguntai nada. Pria kelahiran Padova tahun 1956 memang telat menelurkan album sendiri, “Jaycops” ini adalah album kedua dari sekian lama menekuni bidang musik tapi karena pengalamannya bermain bersama musisi lain membuatnya bisa menetaskan album yang memiliki kemapanan atau kematangan. Jacopo Jacopetti pantas diperhitungkan di kancah musik dunia, tidak hanya di Italia.(*/Alexander/WartaJazz.com)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker