News

JAZZ MERAH PUTIH 5 DIGELAR DAN TETAP GRATIS!

Jazz Merah Putih 2006Dalam rangka terus mengajak masyarakat berapresiasi dan sebagai tanggung jawab menjalankan konsistensi dan program yang berkelanjutan bagi musik jazz di bali maka seri ke-5 Jazz Merah Putih sebagai agenda tahunan musik jazz di bali akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 September 2006 mendatang mulai pukul 18.00 wita hingga selesai bertempat di Amphi Teatre Mal Bali Galeria, Simpang Dewa Ruci, Kuta-Bali. Seperti biasa, GRATIS!.

Jazz Merah Putih ini diselenggarakan setahun sekali oleh Mal Bali Galeria bekerjasama dengan Matapro dengan didukung oleh Sampoerna Dji Sam Soe Super Premium dan Bali Jazz Forum. Jazz Merah Putih 5 akan diisi oleh grup musik jazz di Bali serta grup jazz tamu. Adapun yang akan tampil tahun ini adalah Eye 2 Eye Jazz Mix, Balawan & Trio, Yuri Mahatma Group, Tropical Transit, Four Free, Widi Noor & Friends, Bonnie Quartet dan banyak lagi.

***

Jazz Merah Putih yang diawali dengan penyelenggaraan  Bali Jazz Parade pada bulan Agustus 2000 yang lalu ini ide dasarnya merupakan festival bagi grup-grup musik jazz yang berbasis di bali untuk tampil dalam satu hari dan dapat ditonton secara cuma-cuma oleh seluruh lapisan masyarakat. Keberhasilan bali jazz parade dengan berlimpahnya penonton dan kualitas penyelenggaraan acara kemudian menjadikan sebuah tanggung jawab untuk mengemas acara menjadi lebih baik sehingga pada tahun 2001 namanya disesuaikan dengan agenda penting di bulan agustus yaitu peringatan kemerdekaan republik indonesia dan namanya berubah menjadi jazz merah putih. Disamping waktu penyelenggaraannya yang selalu jatuh di bulan agustus sebagai bulan peringatan kemerdekaan ri juga diharapkan dapat memberikan motivasi serta menumbuhkan semangat kemerdekaan bagi masyarakat melalui musik jazz.

Seperti halnya bali jazz parade, Jazz Merah Putih 1 mendapat sambutan baik dan antusiasme masyarakat begitu pula Jazz Merah Putih 2 yang acaranya lebih variatif dengan agenda tambahan selain konser musik yaitu adanya kolaborasi musik jazz-seni lukis-dan puisi, bazaar & eksibisi poster, foto dan lukisan jazz di seputar lokasi acara. Demikian seterusnya Jazz Merah Putih 3 dan 4 juga mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dan selalu mencoba mengagendakan sesuatu yang baru sesuai karakter musik jazz yang kreatif dan penuh dengan improvisasi. Hal ini dilakukan untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan apresiasi masyarakat di bali terhadap musik jazz.

Kini penyelenggaraan Jazz Merah Putih 5 membawa tema yang lebih sederhana namun mendalam dengan peningkatan yang utama pada kualitas penyelenggaraan acara yang ditandai dengan mengundang sound engineer dari jakarta serta program yang ideal dengan memasukan komponen grup musik pemula, junior, senior serta musisi tamu.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan hubungi Elis 0816571396 dan Ika 085237530237

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker