FestivalJak Jazz FestivalNewsProfile

SALENA JONES



Jak Jazz 2006Vokalis kelahiran Virginia pada tanggal 29 Januari 1944 ini diberkati dengan sebuah suara yang kaya akan getaran dan keindahan. Bakatnya dalam membangun intepretasi sebuah lagu luar biasa. Baik ketika menampilkan tembang-tembang balada, irama swing, gaya bebop yang bertempo cepat atau bahkan musik pop.  Melalui kekuatan karakter suaranya yang khas, dia mampu membantu pendengarnya untuk menambah emosi dalam setiap lagu yang dibawakan.

Sudah menjadi kebiasaan untuk memberikan sebuah label kepada para penyanyi, namun ketika berhadapan dengan Salena Jones sepertinya menjadi lebih sulit dicocokan dengan tipe tertentu. Jones lebih suka bergerak dengan bebas. Bisa jadi disebut sebagai penyanyi jazz, blues, pop, swing, latin atau sekedar easy listening saja. Dia terkenal kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai jenis lagu. Meskipun pada awalnya dia tetap saja menjadikan para penyanyi jazz legendaris seperti Billie Holiday, Ella Fitzgerald, Sarah Vaughan dan Peggy Lee sebagai acuan dan inspiratornya.

Meskipun sudah berada di tempat yang tepat, Amerika Serikat, pada tahun 1966 Salena Jones berkeinginan untuk mengembangkan karier musiknya justru di London, Inggris. Pernah tampil di sebuah klab Spanish meskipun dia belum memiliki ijin bekerja di sana. Namun setelah keluar surat ijin tinggal, dia langsung membuat rumah di sama. Sampai suatu ketika dia dikontrak oleh sebuah klab jazz terkemuka di London, The Ronnie’s Scott, untuk tampil selama tujuh minggu berturut-turut. Dari saat itulah namanya menjadi lebih terkenal.

Berbagai pertunjukan di seluruh benua Eropa pun akhirnya dia datangi. Termasuk juga tampil dalam acara di berbagai televisi dan radio yang sering didukung oleh BBC. Lebih jauh lagi ketika Salena Jones mendapat tawaran untuk tampil dalam berbagai event musik jazz di Australia, Afrika, China, Canada, Hong Kong, Indonesia, Thailand dan Jepang. Sejak tahun 1978, Salena Jones berhasil menjadi salah satu penyanyi jazz yang paling digemari oleh publik Jepang. Di mana dalam waktu-waktu selanjutnya dia lebih sering lagi tampil di negeri sakura tersebut. Termasuk ketika pihak JVC Jepang mengontrak dia untuk beberapa albumnya.

Di awal tahun 2000 yang lalu, dia tampil di negeri asalnya untuk bergabung dengan beberapa musisi jazz terkenal seperti Hank Jones, Russell Malone, Lewis Nash, Roy Hargrove, Dianne Reeves dan Freddie Cole dalam sebuah acara yang bernama The Lionel Hampton Jazz Festival. Dalam perjalanan tersebut, juga menandai untuk pertama kalinya dia bisa tampil di klab jazz terkemuka di New York, Blue Note. Kunjungannya di Amerika Serikat kala itu sangat sukses. Beberapa radio dan televisi menyiarkannya secara langsung.

Pada tahun 2006 ini, dia akan tampil dalam acara “Live On The Park” yang diselenggarakan di Hyde Park London sebelum akan terbang ke China untuk membuka Shanghai Jazz Festival di bulan Mei mendatang. Dalam bulan Desember nanti, dia pun sudah dikontrak untuk tampil di Bangkok Jazz Festival. Di sela-sela kesibukannya tersebut, dia tetap tampil di berbagai ajang festival musik secara regular di Jepang atau di berbagai tempat yang lain.

Sejauh ini, Salena Jones adalah salah satu penyanyi yang paling dihormati dalam menampilkan gaya swing maupun pop yang sekarang masih aktif.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker