NewsProfile

JEREMY MONTEIRO: Singapore’s King of Swing


Jak Jazz 2006“Singapore’s King of Swing”, begitulah kurang lebih beberapa media di Singapore memberi julukan kepada pianis sekaligus penyanyi kelahiran Singapore pada tanggal 20 Juni 1960. Musisi dari negara tetangga dekat kita ini sudah berhasil membuktikan kalangan pecinta musik jazz internasional akan eksistensinya dengan bermain dan memenangkan beberapa pujian dari segenap penjuru dunia.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 1 September 2006, Monteiro juga ditunjuka sebagai Board Member of the National Arts Council of Singapore, lembaga resmi pemerintah semacam dewan keseniannya Singapore yang berada di bawah Menteri Penerangan dalam bidang seni dan komunikasi.

Tidak lama sebelum itu pada tanggal 29 Mei 2006, Monteiro diangkat juga sebagai Professor & Visiting Chair of Jazz, School of Music. Di fakultas Seni Pertunjukan dan Studi Terpadu LASALLE-SIA College of the Arts. Dia adalah orang Singapore pertama yang diangkat menjadi guru besar di isntitusi pendidikan tersebut sejak didirikan pada tahun 1984.

Juga dalam bulan yang sama, Monteiro mengeluarkan album semua dengan komposisi ciptaannya sendiri. Sebelumnya, sudah pernah menghasilkan sekitar 20 album meskipun didominasi dengan karya standard musik jazz. album baru tersebut berjudul “Homecoming”, yang direkamnya di Los Angeles dan dikeluarkan dalam format HDCD di bawah label Jazznote. Proyek rekaman ini dibiayai oleh pemerintah melalui program Cultural Medallion yang diselenggarakan oleh National Arts Council.

Pada tahun 2003, dia juga pernah memperoleh penghargaan yang bertemakan Lifting Up The World With A Oneness- Heart yang diberikan oleh Sri Chinmoy, seorang pemimpin sebuah organisasi antar agama dan kepercayaan Peace Meditation. Beberapa tokoh yang pernah mendapatkan penghargaan ini antara lain adalah almarhum Paus Johannes II, bunda Teresa, Nelson Mandela, Muhammad Ali, Ravi Shankar sampai Keith Jarrett.

Pianis yang juga pernah menjadi pemilih aktif anggota National Academy Of Recording Arts & Sciences (tim juri Grammy Awards) pada tahun 1991 – 2005 ini disebutkan dalam lebih dari 400 artikel di berbagai penerbitan seluruh dunia, termasuk majalah Billboard dan The Washington Post. Dan pernah tampil dan rekaman bareng bersama para musisi jazz terkenal seperti James Moody, Michael Brecker, Lee Ritenour, Herbie Mann, Toots Thielemans, Jay Anderson, Paulinho DaCosta, Ernie Watts, Adam Nussbaum, Charlie Haden dan bahkan bersama Simon & Garfunkel. Rekaman duet piano bersama pianis jazz legendaris dari Indonesia Bubi Chen pun pernah dilakukan. Sementara dia sendiri juga mempunyai formasi trio bersama Shawn Kelley (drum) dan  Belinda Moody (bass). Band lainnya adalah Asiana yang pernah tampil di Las Vegas.

Sebagai seorang Komposer, Monteiro juga pernah dianugerahi sebuah Silver Medal dari International Radio Festival of New York pada tahun 1991 dan masuk ke dalam daftar finalis London International Advertising Awards dalam kategori pembuatan musik ilustrasi terbaik pada tahun 1990 dan 1991.

Selain sebagai pianis, Monteiro juga seorang vokalis. Dalam berbagai pertunjukannya akhir-akhir ini, dia semakin sering tampil dengan menunjukan kebolehannya sebagai vokalis. Dalam sebuah artikel di Chicago Jazz Magazine, seorang penulis mengungkapkan,”Monteiro mempunyai suara yang ekspresif dan menarik. Anda tidak akan menduga kalau selain kemampuannya sebagai piano improviser yang hebat dia juga intim dengan vokalnya”

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker