Jazz di JogjaKomunitasNews

Mezzo Jogja Gale Jazz Fiesta

Tiga hari ngejazz di Kota Gudeg, 6, 7, 8 Desember 2006 di Galleria Mall, Yogyakarta

Berbagai jenis musik sekarang ini eksis di mana – mana, termasuk musik jazz. Kelahirannya memang di Amerika Serikat dengan segala keunikannya, tetapi tidak lama setelah itu terus menyebar ke seluruh dunia. Di Eropa sudah ada sekitar 1910an dan bahkan konon di Indonesia sudah ada jazz band pada tahun 1922.

Musik jazz juga mampu menarik perhatian segenap masyarakat kota Yogyakarta, sebuah kota di Indonesia yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya. Sejak beberapa tahun terakhir, berbagai pertunjukan musik jazz di Yogyakarta dihadiri oleh banyak kalangan. Baik itu kalangan pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dan professional. Bagi para musisi Yogyakarta sendiri, musik jazz telah banyak memberikan inspirasi secara spontan dan kreatif dalam karya – karya mereka.

Dalam rangka lebih mensosialisasikan kembali musik jazz di Jogja dan seiring dengan peringatan ulang tahun ke-11 Galeria Mall, dengan bangga Djarum Super Mezzo mempersembahkan sebuah rangkaian program pesta musik jazz yang diselenggarakan selama tiga hari berturut – turut dengan nama MEZZO JOGJA GALE JAZZ FIESTA.

Adapun bagian – bagian dari acara ini adalah Jazzbattle (ajang kompetisi band jazz pelajar dan mahasiswa), Jazzcorner (distro jazz merchandise), Jazzclinic (workshop & talk show jazz), Jazzmovie (pemutaran dokumen audio visual musik jazz) Jammjazzonstage (ajang jam sessions) dan Jogjajazzfestival (pertunjukan musik jazz sekaligus momen ini dijadikan sebagai embrio sebuah festival musik jazz di Jogja).

Acara ini dimeriahkan oleh musisi jazz Ibukota yang sudah legendaris Oele Pattiselano dan mewakili band generasi muda yang banyak digemari oleh segenap kalangan anak muda saat ini, Clorophyl. Tidak kalah seru band – band berprestasi dari Jogja juga akan ikut berpatisipasi. Antara lain para nominator ajang kompetisi band jazz nasional Mezzo New Generation Jazz Award 2006 seperti IGD, D.I.Y. dan Herzog. Band pemenang Jazz Goes To Campus 2006 Gudeg Jogja. Selain itu akan hadir pula band – band jazz unggulan dari Jogja seperti Capucino, Five-N, Travel, Milestone dan Impression.

Acara ini terselenggara atas kerja sama dengan Wartajazz Production, Sisi Tiga Production, Galeria Mall dan radio Swaragama. So, jangan lupa saksikanlah Mezzo Jogja Gale Jazz Fiesta pada tanggal 6,7 & 8 desember 2006 di Atrium Galeria Mall pukul 13.00 – 20.00 WIB. Jadwal lengkap kegiatan selama tiga hari dapat anda download disini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?