News

LAPORAN GEORGE BENSON LIVE IN CONCERT

“Melihat Dua Sisi yang sama-sama sukses”
Hampir penuh suasana penonton di Ball Room Hotel Gran Melia senin 4/12/06 kemarin yang datang khusus untuk menyaksikan artis jazz yang bisa dibilang komplit. Buena Produktama sebagai promotor menggandeng Djarum Super Mezzo sebagai sponsor menghadirkan George Benson, artis yang terampil bermain gitar dan penyanyi yang juga pernah meraih 4 Grammy Awards – penghargaan tertinggi bagi insan musik.

Seperti yang sudah diharapkan oleh banyak penggemarnya, dua versi, sebagai seorang gitaris jazz atau sebagai seorang penyanyi pop yang sama-sama sukses. Seperti sudah diberikan porsi masing-masing.

Walaupun sempat terkejut saat ia menanggalkan gitarnya sewaktu menyanyikan lagu “Nothing’s Gonna Change My Love for You”, “Turn Your Love Around” dan “Lady Love Me (One More Time)” dan menyanyi seperti  lazimnya penyanyi pop dengan applauses penonton yang tiada henti-hentinya.

Tetapi  disamping itu, tidak lupa juga membawakan beberapa repertoar lagu dengan diiringi permainan gitar Ibanez GB seriesnya seperti “Loves X Love” lagu pop dengan intro yang menunjukan improvisasi gitar jazz yang menarik. “Breezin’” dengan permainan gitarnya yang cepat. “Beyond the Sea” dan “My Masquerade” (dilagu ini ia mendapat Grammy for The Record of the Year) yang sangat menunjukan ciri khasnya dalam berscat singing. Juga lagu “Danny Boy” dimana suara gitarnya sempat menirukan suara alat tiup tradisional “bagpipes” dari Irlandia, ia menjelaskan begitulah gitarnya merespon suara bagpipes tsb, lalu selanjutnya ia mainkan dalam versi jazz dengan suara gitar yang terdengar nyaman. Terakhir “On Broadway” (juga mendapat grammy) dengan progresi chord yang diulang-ulang mengalun dengan diiringi tepukan tangan dari penonton tidak lupa diselingi permainan improvisasi dari masing-masing musisi yang mendampingi.

George Benson mengawali karirnya sebagai seorang gitaris jazz pada umur 21, ia terpengaruh oleh gaya gitaris-gitaris jazz legendaris seperti Charlie Christian dan Wes Montgomery. Karirnya sebagai gitaris jazz sudah tidak diragukan lagi melalui berbagai kolaborasi yang sudah ia lakoni dengan beberapa musisi jazz terkenal. Sebut saja Miles Davis, petikan gitarnya terdengar dalam lagu “Miles in the sky”. Juga sebagai seorang gitaris yang pandai berscat singing (dengan improvisasi gitarnya). Tetapi kebanyakan orang mengenalnya sebagai penyanyi pop dan R&B, karena lagunya sering diputar diradio-radio dan menjadi hits sepanjang masa. Seperti yang juga dilakukan oleh Nat King Cole, pianis yang juga lebih terkenal sebagai penyanyi yang mempopulerkan lagu Monalisa. Juga ada Louis Amstrong, pemain trumpet yang juga lebih terkenal sebagai penyanyi lagu “What a Wonderful World”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker