News

PIG (PRA BUDIDARMA, INDRA LESMANA, GILANG RAMADHAN) KEMBALI LAGI

Sebuah permainan musik jazz yang luar biasa ditampilkan PIG didepan jazz lovers Surabaya. PIG yang personilnya musisi jazz kawakan, Pra Budidarma, Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan kemarin malam (10/2) tampil di Vista side walk cafe Garden Hotel Surabaya. Kelompok PIG yang dirasa baru ini sebenarnya sudah terbentuk tahun 86 dan juga mereka adalah salah satu kelompok pelopor munculnya pagelaran Jakarta Jazz Festival pertama tahun 94. Warna musik PIG yang ditampilkan sangat jauh berbeda dengan warna musik Krakatau yang pernah membesarkan nama mereka.

”Musik PIG benar-benar musik jazz yang ber-genre free jazz, explorisasi permainan individu akan nampak di PIG” jelas Pra Budidarma di sela-sela presscon sebelum acara berlangsung. Kelompok PIG yang sempat mengeluarkan album di tahun 96 ini, tampil dengan warna musik yang mengejutkan dan menghipnotis kurang lebih 400 jazz lovers yang hadir di Vista Side Walk Cafe. Acara yang di gelar Dji Sam Soe Premium Jazz ini banyak menyedot jazz lovers Surabaya.

Tepat pukul 21.30 wib Pra Budidarma, Indra Lesmana dan gilang Ramadhan tampil dengan single pertamanya Rithem a ning yang dominan dengan permainan solo vocoder yang dimainkan Indra Lesmana. Irama drum Gilang Ramadhan dan betotan bas Pra Budidarmama terdengar lirih sebagai bacground. Sangat idialis memang musik yang dimainkan PIG, meskipun ber-genree free jazz akan tetapi ada suatu frem yang membatasinya, sehingga dalam berkolaborasi tidak keluar dari batas yang sudah ada. PIG yang lebih dikenal hanya dikalangan musisi jazz ini memainkan sekitar 7 lagu.

Yang menarik dari penampilan PIG saat membawakan lagu Begadang yang sempat dipopulerkan Rhoma Irama. Lagu yang awalnya beraliran dangdut (melayu) ini, di rilis ulang dengan warna mereka sendiri. Dilagu ke 5 Indra Lesmana mengundang sang maestro jazz dari Surabaya Bubi Chen untuk tampil bersama PIG.

Moment yang sangat jarang terjadi ini tidak dilewatkan sedikitpun oleh jazz lovers yang hadir malam itu untuk melihat dan menikmati musisi jazz kawakan dan sang maestro main bersama. Dilagu pertama (duet) Joy, Joy, Joy Bubi Chen saling berbalas melodi antara permainan piano dan vocoder yang dimainkan Indra Lesmana. Penampilan merekapun menjadi luar biasa dilagu ke 2 Indra Lesmana dengan Bubi Chen bermain saling berbagi piano, dan tepuk tangan jazz lovers yang hadir tidak berhenti sampai lagu ke 2 berakhir.

Sebelum penampilan PIG, kelompok jazz asal Surabaya Weekend Project dan Surabaya News Band tampil sebagai band pembuka. Warna-warna soul jazz and funk ditampilkan untuk memuaskan jazz lover yang menunggu PIG bermain.

Rencananya pihak Dji Sam Soe akan mendatangkan kembali musisi-musisi jazz papan atas untuk manggung di Surabaya. Acara yang sudah meng-agenda ini menjadi adalan jazz lovers Surabaya untuk bisa menikmati musik jazz yang belakangan ini mulai bangkit lagi.

Photo & Artikel, Kontributor Surabaya: Donny Lesmana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker