NewsProfile

SARA GAZAREK

Seiring waktu berjalan, talenta-talenta baru didunia jazz hadir meneruskan sejarah jazz yang tak kan pernah usai. Kini diusianya yang masih 25 tahun, Sara Gazarek telah merilis tiga buah album dibawah perusahaan rekaman Native Language, album tersebut adalah, Return To You (2007), Yours (2005) dan Live At The Jazz Bakery (2006) yang hanya tersedia via iTunes.

Dianugerahi suara jernih dan penuh warna, pitch yang sempurna dan sensitivitas pada tempo mencelupkannya pada tradisi jazz namun tak membuat Sara Gazarek takut mengembangkan musik bagi generasi sebayanya.

Album Return to You dikerjakan bersama team berbakat yang juga turut menggarap Yours (termasuk didalamnya nominator Grammy-award bass master John Clayton sebagai produser, dan tentu saja anggota bandnya dari LA yang terdiri dari, Josh Nelson (piano), Erik Kertes (bass), dan Matt Slocum (drums)). Return to You berisikan komposisi standard dari pencipta lagu Leonard Cohen, Paul McCartney, Joni Mitchell, Harry Connick Jr., dan Gillian Welch. Beberapa materi terbaik, datang dari Josh Nelson, karena ia menciptkan empat lagu dialbum ini.

Lahir dan dibesarkan di Seattle, Gazarek tumbuh tanpa banyak exposure terhadap jazz. ia menyatakan bahwa pendidikan yang diperolehnya lewat big band sekolah dan direktur choir, Scott Brown. Iia menyediakan banyak kesempatan untuk belajar di berbagai festival dan kompetisi” ujar Gazarek mengenang. Sebagai senior disekolahnya, Sara menerima penghargaan Ella Fitzgerald Charitable Foundation Outstanding Jazz Vocalist Award saat penyelenggaraan Essentially Ellington Festival di New York. “Saya rasa anda bisa menyebut bahwa gig pertama saya adalah di Avery Fisher Hall bersama Wynton Marsalis,” Gazarek sambil tersenyum dikulum.

Sara kemudian belajar di Thornton School of Music at USC, dibawah bimbingan John Clayton, Shelly Berg, Tierney Sutton, dan Carmen Bradford. Saat kuliah disana membantu mengembangkan program JazzReach dan hasilnya ia dipercaya sebagai jazz choir directoruntuk sekolah menengah disana selama 2 tahun. “Saya tak kan melupakan pengalaman tersebut. hal tersebut merupakan bagian penting bagi saya untuk mengajari generasi muda dilar sana”. Hingga saat ini Sara masih terus mengkampanyekan pendidikan karena ia juga dipercaya sebagai duta bagi organisasi non-profit dibidang music dan arts education yaitu, Music For All.

Sara dan bandnya kerap memberikan klinik disekolah-sekolah ketika sedang tour. Untuk hal tersebut Gazarek menekankan, “pendidikan adalah bagian penting dari hidup kita, dan band ini bersama saya tahu bahwa kami tidak bisa berdiri disini jika tak ada guru yang mengajari kami. ini saatnya kami melakukan hal yang sama”.

Tahun 2003, Sara dianugerahi penghargaan 2003 Downbeat Student Music Award for Best Collegiate Vocalist. Setelah publikasinya tersebar luas, ia diajak tampil bersama Oleta Adams, Karrin Allyson, dan Diane Schuur sebagai “as yet undiscovered talent” dalam Concord Jazz Festival tour. Disaat yang berbarengan, Gazarek bergabung dengan Stiletto Entertainment sebuah artist management yang kemudian dibooking oleh agen William Morris Agency yang merupakan salah satu perusahaan booking agency ternama.

John Clayton sangat mentor yang setuju memproduseri album perdananya Yours menekankan pada Gazarek untuk mengembangkan sendiri aransemen bersama bandnya. Dan hal ini ternyata bukan pilihan yang keliru, buktinya album tersebut meraih posisi Top 10 di Billboard Traditional Jazz Charts, Top 10 di iTunes Top Jazz Album Downloads (USA, Inggris, Swiss, dan Belgia), #1 di iTunes Top Jazz Album Downloads (Jerman, Perancis), #5 on the Jazz Week Radio Charts, #4 di tangga HMV (Japan). Plus majalah Polling pembaca majalah JazzTimes menempatkannya diposisi #3 Best New Artist.

Update:
Sara Gazarek akan tampil di Dji Sam Soe Super Premium Java Jazz Festival 2008 mendatang. Ia akan tampil Jumat, 7 Maret di Assembly 3 JHCC.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker